PERAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN DAN AKUNTANSI SOSIAL DALAM BISNIS (STUDI KASUS PADA INDUSTRI LOGAM DI CEPER KABUPATEN KLATEN)

  • Radita Anggi Budi Kartika Mahasiswa
  • Hariyono Dosen
  • Syahriar Abdullah Dosen

Abstract

 

Tujuan yang ingin dicapai penelitian ini yaitu: Untuk menguji secara parsial pengaruh regulasi pemerintah, tekanan masyarakat, tekanan organisasi lingkungan, tekanan media massa, tekanan pelanggan, dan informasi lingkungan pada tanggung jawab sosial perusahaan. Untuk menguji pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan terhadap akuntansi sosial perusahaan. Penelitiani nidi laksanakan pada perusahaanIndustri Pengecoran Logam Baja di Kabupaten Klaten. Populasi dalam penelitian ini ialah anggota koperasi Pengecoran Logam Baja “Batur Jaya” sebanyak 36 perusahaan. Adapun sampel diambil sebanyak 36 perusahaan dengan metode sampling jenuh.

Hasil penelitian ditemukan bahwa secara parsial terdapat pengaruh regulasi pemerintah, tekanan masyarakat, tekanan organisasi lingkungan, tekanan media massa, dan informasi lingkungan pada tanggung jawab sosial perusahaan. Sedangkan tekanan pelanggan secara individual ada pengaruh pada tanggungjawab sosial perusahaan. Diketahui pula bahwa tanggung jawab sosial perusahaan memengaruhi akuntansi sosial perusahaan. Variabel tanggung jawab sosial perusahaan dapat dijelaskan oleh variabel regulasi pemerintah, tekanan masyarakat, tekanan organisasi lingkungan, tekanan media massa , tekanan pelanggan, dan informasi lingkungan sebesar 97,80%. Sedangkan sumbangan pengaruh dari variable pentingnya tanggung jawab social terhadap akuntansi sosial sebesar 77,20%.

Kata kunci: Faktor-faktor tanggungjawab sosial perusahaan, akuntansi sosial perusahaan, regresi linier berganda

Published
2021-02-25
How to Cite
Budi Kartika, R. A., Hariyono, & Abdullah, S. (2021). PERAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN DAN AKUNTANSI SOSIAL DALAM BISNIS (STUDI KASUS PADA INDUSTRI LOGAM DI CEPER KABUPATEN KLATEN) . JURNAL WIDYA GANECWARA, 11(1). https://doi.org/10.36728/jwg.v11i1.1411