Evaluasi SOP Piutang Wesel Pada CV. Lentera AdiJaya
Abstrak
Dibentukanya Standar Operasional Prosedur (SOP) memberikan peran sebagai acuan dalam melaksanakan pekerjaan. Acuan tersebut tentunya sebagai alat atau standar penilaian kinerja pada suatu lembaga. Tanpa adanya SOP, suatu lembaga baik dalam oeganisasi laba maupun nirlaba akan susah untuk diukur efektif dan efisiennya. Pengabdian ini dilakukan di CV. Lentera AdiJaya. Metode yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian ini adalah (1) Melakukan diskusi dengan pemilik, (2) Melakukan observasi ke bagian terkait, (3) Melakukan diskusi dengan tim pengabdian, (4) Mengelompokan permasalahan sesuai dengan bidang tim pengabdian, (5) Menyampaikan hasil diskusi tim kepada Perusahaan. Kesimpulan dalam kegiatan pengabdian ini adalah Cara atau solusi yang dapat dilakukan penulis antara lain memberikan SOP Piutang Wesel adalah: (1) Syarat-syarat piutang tempo pabrik, (2) Ketentuan tempo pabrik, (3) Survai history perusahaan PT, (4) Permohonan Pengajuan id pelanggan baru, (5) Pengimputan sesuai barang permintaan ke dalam sistem informasi, (6) Cetak invoice, (7) Memasukan ke dalam kartu angsuran piutang yang dinai dengan nama pabrik, (8) Apabila tanggal jatuh tempo admin akan mengatur tanda terima sementara ke pabrik, (9) Piutang setelah di lunaskan dianggap terbayar dan limit kembali normal.