PENDAMPINGAN PENYUSUNAN RENSTRA PEMASARAN HASIL PERTANIAN ORGANIK

  • Suswadi Universitas Tunas Pembangunan
  • Setie Harieni Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Endang Suprapti Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Kusriani Prasetyowati Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Keywords: Strategi Pemasaran, Beras Organik, Kelompok Tani, Pertanian Organik

Abstract

Pemasaran merupakan ujung tombak dari dunia usaha untuk mengembangkan usaha dan memperoleh keuntungan. Tetapi kenyataannya banyak kelompok atau individu dalam mengembangkan usahanya masih disulitkan dengan beberapa kendala yang menghambat berjalannya sistem pemasaran produk. Pengabdian dengan pendampingan petani ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan membuat perencanaan strategi pemasaran yang sesuai untuk peningkatan pemasaran hasil pertanian organik dengan metode menganalisa faktor internal dan eksternal apa saja yang dapat menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pemasaran beras organik di Kelompok Tani Pangudi Bogo Desa Dlingo, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali dan untuk merumuskan prioritas strategi pemasaran di Kelompok Tani Pangudi Bogo, Desa Dlingo, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali. Pengabdian ini menggunakan metode FGD dalam melakukan penggalian informasi, pendampingan analisa informasi menggunakan matrik IFE, matrik EFE, matrik IE, matrik SWOT, dan matrik QSPM. Berdasarkan hasil pendampingan petani mampu menggali informasi tentang kekuatan, kelemahan kondisi kelompok tani dan mampu menganalisa hambatan dan peluang dalam pemasaran produk organik. Petani mampu menyusun strategi kelompok untuk memperbaiki pemasaran produk organic melalui beberapa kegiatan: (1) memperbaiki kualitas SDM dengan pelatihan pemasaran, (2) pemanfaatan teknologi komunikasi (social media) untuk pemasaran, dan (3) pelibatan pemuda dalam pemasaran dan promosi.

Published
2021-01-14