Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah menggunakan Microsoft Word dan Manajer Referensi Mendeley Menggunakan Media Pembelajaran Online (Zoom dan Live Streaming Youtube)

  • RA Dinasty Purnomoasri Universitas Tunas Pembangunan
  • Kukuh Kurniawan DS Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
  • Rasyiid Latiif Amhudo Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
  • Reki Arbianto Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
  • Suryo Handoyo Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
  • Erni Mulyandari Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
  • Herman Susila Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
Keywords: Penulisan, Microsoft Word, Mendeley, Karya Ilmiah

Abstract

Penulisan karya tulis ilmiah adalah keterampilan yang sangat penting untuk dimiliki sivitas akademika dalam menyampaikan gagasan secara ilmiah dan bertanggung jawab. Microsoft Word memilik banyak fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan dalam penulisan karya ilmiah penelitian akan tetapi tidak semua sivitas akademika di UTP Surakarta dapat menggunakan fitur-fitur yng tersedia yang dikarenakan ketidaktahuan akan informasi penggunaan fitur pada Microsoft Word. Kehadiran Mendeley sebagai open source of reference and citation manager yang dapat menonjolkan kutipan kalimat atau paragraf dan mencantumkan referensi otomatis di halaman akhir tulisan mahasiswa diharapkan dapat mengarahkan mahasiswa untuk meningkatkan tulisan akademiknya. Metode pelaksanaan dilakukan dengan cara daring/ Online menggunakan media Zoom dan Youtube. Pelaksanaan pelatihan penulisan karya ilmiah ini diikuti oleh mahasiswa dan dosen UTP Surakarta, melalui daring pada Zoom dan Youtube. Kegiatan ini cukup membantu dan keberadaan e-book panduan yang sudah dibuat oleh tim diminati sehingga kedepannya diharapkan dapat dimanfaatkan dan meningkatkan mutu penulisan sivitas akademika UTP.

References

Anwar, Rosyida Nurul, Syauzan Sabrina, dan Arin Nur Cahyani. 2021. “Pelatihan Penggunaan Software Mendeley Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa.” AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(1): 1–6.
Basri, Muhammad, dan Andi Anto Patak. 2016. “Exploring Indonesian students’ perception on Mendeley Reference Management Software in academic writing.” ICITACEE 2015 - 2nd International Conference on Information Technology, Computer, and Electrical Engineering: Green Technology Strengthening in Information Technology, Electrical and Computer Engineering Implementation, Proceedings: 8–13.
Faizal, Mochammad. 2016. “Trik Praktis Ms Word untuk Menyusun Laporan Penelitian.”
Firmansyah, Amrie, Resi Ariyasa Qadri, dan Amardianto Arham. 2020. “Pelatihan melalui web seminar tentang kiat dan motivasi penulisan artikel hasil penelitian pada jurnal ilmiah.” INTERVENSI KOMUNITAS Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(1): 21–27.
Hantono, Hantono, Evan Afri, dan Intan Maulina. 2021. “Asistensi Penulisan Karya Tulis Ilmiah Terakreditasi Sinta.” Dedikasi Sains dan Teknologi 1(2): 106–11.
Nursalam, 2016, metode penelitian. 2013. 53 Journal of Chemical Information and Modeling Cara Mudah Penulisan Karya Ilmiah dengan MS.Word 2010.
Prasetyo, Kristian Agung & Febrian. 2019. Panduan Karya Tulis Ilmia dengan Microsoft Word 365 dan 2019. Indonesia: PT Elex Media Komputindo.
Suryani, Ani Wilujeng dkk. 2021. “Penguatan Pemanfaatan Software Penulisan Untuk Meningkatkan Soft Skills Mahasiswa.” Sinergi: Jurnal Pengabdian 3(1): 1–7.
Zaugg, Holt, Richard E. West, Isaku Tateishi, dan Daniel L. Randall. 2011. “Mendeley: Creating communities of scholarly inquiry through research collaboration.” TechTrends 55(1): 32–36.
Published
2022-01-28