Optimalisasi Kualitas dan Kuantitas Produksi Keripik dengan Menggunakan Alat Pemotong Semi-Otomatis di Desa Pacalan

  • Riza Arif Pratama Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
  • Indra Permana Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
  • Muhammad Ikhsan Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
  • Sahid Bayu Setiajit Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
Keywords: pengabdian masyarakat, keripik pisang, desa, produksi

Abstract

Kelompok PKK merupakan kegiatan yang memberdayakan ibu – ibu dalam berpartisipasi untuk menunjang kemajuan desa. Permasalahan yang didapatkan dari kelompok PKK desa Pacalan karena hanya memakai peralatan manual untuk produksi keripik pisang. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengoptimalkan kualitas dan kuantitas keripik pisang. Kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan dengan memberikan pendampingan pengoperasian dan perawatan alat pemotong pisang dengan benar. Alat pemotong pisang sudah dimodifikasi menggunakan bahan food grade. Kualitas dan kuantitas dalam memproduksi keripik pisang menjadi lebih optimal. Alat pemotong pisang semi-otomatis diharapkan bisa membantu kelompok PKK desa Pacalan untuk meningkatkan produksi keripik pisang.

References

Bangun, I. Harnadi., Rahman, Arif., & Darmawan, Zefry. (2018). Perencanaan Pemeliharaan Mesin Produksi Dengan Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) II Pada Mesin Blowing OM (Studi Kasus?: PT Industri Sandang Nusantara Unit Patal Lawang). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Industri (JRMSI), 2(5), 997–1008.

Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172. https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP/article/view/39

Jasasila. (2017). Peningkatan Mutu Pemeliharaan Mesin Pengaruhnya Terhadap Proses Produksi Pada Pt. Aneka Bumi Pratama (Abp) Di Kabupaten Batanghari. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3), 96–102.

Nurdewanto, B., Yuniriyanti, E., & Sudarwati, R. (2015). Pemberdayaan Perempuan Melalui Kelompok Dasa Wiswa PKK. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 99–102. https://journal.trunojoyo.ac.id/jsmb/article/view/1506

Widyarto, W. O., & Triana, D. (2015). Penugasan Operator Mesin Produksi dengan Menggunakan Metode Hungarian dan Algoritma Generate and Test. Jurnal Intech Teknik Industri, 1(1), 1–9.
Published
2022-01-28