PENDAMPINGAN SISTEM AKUNTANSI E-BLUD DI PUSKESMAS JENAWI, JATIYOSO DAN JATIPURO KABUPATEN KARANGANYAR

  • Syahriar Abdullah Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Supartini Supartini Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Istinganah Eni Maryanti Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Rahmatya Widyaswati Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Keywords: BLUD Puskesmas, Akuntabilitas Keuangan, Pendampingan Pelaporan Keuangan

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu peningkatan akuntabilitas keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Puskesmas di Kabupaten Karanganyar melalui pendampingan pelaporan keuangan BLUD berbasis akrual. BLUD Puskesmas menghadapi berbagai tuntutan akuntabilitas dari peraturan perundang-undangan yang mengaturnya, salah satunya yang paling krusial adalah terkait pelaporan keuangan. Pada saat yang sama, BLUD Puskesmas memiliki keterbatasan dalam Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya dalam hal pemahaman pengelolaan dan pelaporan keuangan mengingat sebagian besar SDM pengelola keuangan tidak memiliki latar belakang akuntansi dan keuangan. Di sisi lain, terdapat trade-off yang timbul dari sisi pelayanan prima dan akuntabilitas pengelolaan keuangan selama pandemi COVID-19 yang menjadikan topik ini menarik untuk dikaji, terutama mengenai bagaimana BLUD Puskesmas menjaga akuntabilitas keuangannya dengan adanya peningkatan risiko akan terjadinya tindakan fraud yang merugikan negara, terutama mempertimbangkan peningkatan anggaran dan beban kerja. BLUD Puskesmas di Kabupaten Karanganyar sebenarnya telah melakukan pengadaan sistem pelaporan keuangan berupa E-BLUD pada tahun 2021 untuk mencapai tujuan tersebut. Namun, pelaksanaannya tidaklah mudah karena BLUD Puskesmas menghadapi beberapa masalah seperti keterbatasan SDM serta kendala komunikasi dengan institusi vertikalnya yaitu Dinas Kesehatan dan Badan Keuangan Daerah. Keberadaan suatu mekanisme pendampingan menjadi salah satu solusi yang paling relevan bagi BLUD Puskesmas dalam rangka pengelolaan dan pelaporan keuangan. Melalui kegiatan pendampingan ini, permasalahan keterbatasan pemahaman akuntansi dapat diatasi oleh pendamping sehingga BLUD tidak terlalu mengandalkan dan menunggu komunikasi dan asistensi dengan bagian akuntansi dari Dinas Kesehatan dan Badan Keuangan Daerah setiap kali terdapat permasalahan. Pada akhirnya, BLUD Puskesmas mitra pengabdian mampu menyusun laporan keuangan secara lengkap dan tepat waktu serta mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

References

Ariyanto, B. (2020). Pengelolaan Hubungan Pusat dan Daerah dalam Penanganan Pandemi Covid-19. Suloh: Jurnal Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh, 8(2), 37-57.

Hasanah, Y., Dai, R. M., & Sari, D. S. (2020). Implementasi kebijakan fungsi puskesmas selama pandemi COVID 19 di Puskesmas Margahayu Selatan Kabupaten Bandung. Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Kebijakan Publik, 3(4), 223-239.

Juliani, H. (2020). Analisis yuridis kebijakan keuangan negara dalam penanganan pandemi covid-19 melalui peraturan pemerintah pengganti undang-undang nomor 1 tahun 2020. Administrative Law and Governance Journal, 3(2), 329-348.

Kusuma, R. H., & Andayani, S. (2022). Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan menggunakan Sistem Informasi Akuntansi pada Puskesmas BLUD. SENSASI, 2(1), 58-64.

Mawarni, E. A., & Wuryani, E. (2020). Analisis Kinerja Puskesmas Yang Menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD)(Studi pada Puskesmas Krian Kabupaten Sidoarjo). Jurnal Akuntansi AKUNESA, 9(1).

Mike, E. (2022). Analisis Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 Perspektif Siyasah Dusturiyah (Studi Pasal 27 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Penetapan Perpu Nomor 1 Tahun 2020). Al Imarah: Jurnal Pemerintahan dan Politik Islam, 7(1), 65-83.

Radjak, L. I. (2022). Analisis Pengelolaan Keuangan Sesuai Permendagri Nomor 79 Tahun 2018 Tentang Badan Layanan Umum Daerah di Puskesmas Tolangohula. JSAP: Journal Syariah and Accounting Public, 5(2), 103-111.

Rahmiyati, A. L., Irianto, G., Riyanto, A., & Rizkiyanti, H. D. (2020). Evaluasi Pola Pengelolaan Keuangan setelah Penerapan BLUD di Puskesmas Soreang Kabupaten Bandung. PIN-LITAMAS, 2(1), 176-184.

Ramadhani, A. T., & Sulistyowati, E. (2022). Analisis Penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintahan pada Laporan Keuangan Puskesmas Badan Layanan Umum Daerah. Indonesian Journal of Research in Economy, 1(2), 116-124.

Solon, M., Madu, Y. G., Tolidunde, M., & Megawati, M. (2021). Dampak Beban Kerja Terhadap Tingkat Stres Pada Tenaga Kesehatan Selama Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 4(2), 94-101.

Sulistyowati, H., & Sunaningsih, S. N. (2023). Implementasi Pengelolaan Keuangan Puskesmas Setelah Berstatus Menjadi BLUD (Studi Kasus di Puskesmas Magelang Selatan). Jurnal Bina Akuntansi, 10(1), 110-131.

Zainal, A. P., Salmia, L. A., & Septiari, R. (2021). Analisis Beban Kerja Mental Pegawai Dinas Kesehatan Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Dinas Kesehatan Kab. Way Kanan). Jurnal Valtech, 4(2), 14-18.

Published
2023-07-15
Section
Articles