UPAYA PENCEGAHAN PENYAKIT TIDAK MENULAR MELALUI PENDIDIKAN KESEHATAN DAN SCREENING TEST KOLESTEROL BAGI MASYARAKAT DESA PEDIWANG, KECAMATAN KAO UTARA

  • Olivia Asih Blandina Universitas Hein Namotemo
  • Yurensi Felni Tjingaisa Universitas Hein Namotemo
Keywords: pendidikan kesehatan, penyakit tidak menular, screening test

Abstract

Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan selama 1 hari pada masyarakat Desa Pediwang Kecamatan Kao yang bertujuan untuk upaya pencegahan penyakit tidak menular melalui Screening Test dan Penyuluhan di Desa Pediwang Kecamatan Kao. Kegiatan ini dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Keperawatan, Universitas Hein Namotemo. Metode yang digunakan adalah penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan. Tahapan pelaksanaan diawali dengan penyuluhan tentang penyakit tidak menular  yang disampaikan oleh mahasiswa program studi Keperawatan Universitas Hein Namotemo, yang dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksanaan kesehatan kolesterol  kepada 25 orang. Hasil pemeriksaan kesehatan menunjukkan bahwa masyarakat Desa Pediwang, Kecamatan Kao memiliki kadar kolesterol tinggi sebanyak 7 orang.  Hasil dari kegiatan penyuluhan masyarakat mengalami peningkatan pengetahuan atau mampu memahami tentang pengertian, penyebab, penanganan, serta pencegahan dari penyakit tidak menular.

References

Balitbangkes. 2013. Hasil Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI

Balitbangkes. 2018. Hasil Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI

Handayani, Vini, Kriswiastiny, Rina, & Triswanti, Nia. 2014. Hubungan Kadar Kolesterol Total dengan Kejadian Hipertensi di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung Tahun 2014 Jurnal Medika Malahayati, 1(2), 54-58.

Kusuma, Ira Mutiara, Haffidudin, M, Prabowo, Anis, 2015. Hubungan pola makan dengan peningkatan Kadar Kolesterol pada Lansia di Jebres Surakarta. Jurnal Keperawatan, 2(2).

Kementerian Kesehatan. 2017. Profil Penyakit Tidak Menular Tahun 2016. Jakarta Kementerian Kesehatan RI.

Lestari, W. A., & Utari, D. M. (2017). Faktor dominan hiperkolesterolemia pada pra-Lansia di wilayah kerja Puskesmas Rangkapanjaya kota Depok. Journal of Community Medicine and Public Health, 33.

Mumpuni, dr yekti, & Ari, W. (2011). Cara Jitu Mengatasi Kolesterol (A. Maria, Ed.). C.V ANDI OFFSET.

Najid, Moh., Bachrudin, M. 2016. Keperawatan Medikal Bedah I. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Purwanto, Hadi. 2016. Keperawatan Medikal Bedah II. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI

Utama, F., Anita, R., Alamsari, H., & Lihwana, M. A. (2018). Gambaran Penyakit Tidak Menular Di Universitas Sriwijaya. 11(2), 1–6.

Yoeantafara A, Martini S. 2017. Pengaruh pola makan Terhadap Kadar Kolesterol Total. Jurnal MKMI. 2017;13(4):304-309.

Yuliana, Ema, Siti Zulaekah, A, & Dwi Sarbini, SST. 2016. Hubungan Indeks Massa Tubuh dengan Kadar Kolesterol Total pada Lansia di Posyandu Lansia "Ngudi Waras" Desa Blulukan Kecamatan Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Published
2023-07-15
Section
Articles