PELATIHAN PENGOLAHAN PRODUK HASIL PERIKANAN DI DESA TITIGOGOLI, KECAMATAN MOROTAI JAYA

  • Febrina Olivia Akerina Universitas Hein Namotemo
  • Femsy Kour
Keywords: Desa Titigogoli, bakso ikan, ikan layang, Morotai Jaya

Abstract

Desa Titigogoli merupakan salah satu Desa di Kecamatan Morotai yang memiliki potensi sumberdaya alam melimpah. Desa Titigogoli diketahui memiliki potensi perikanan yang sangat melimpah, belum dimanfaatkan dengan baik. Ikan Layang merupakan salah satu jenis ikan yang sering ditangkap oleh nelayan Desa Titigogoli, bahkan juga ditangkap oleh nelayan yang berasal dari Kota Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara. Hasil tangkapan nelayan di jual dalam bentuk mentah tanpa dilakukan penanganan terlebih dahulu, jika hasil tangkapan tidak habis terjual, maka nelayan akan menurunkan harga jual atau ikan akan ditukar dengan barang lain (barter) agar tidak ada ikan yang tersisa, karena keterbatasan fasilitas penyimpanan berupa freezer. Pengetahuan Masryarakat Desa Titigogoli tentang pengolahan ikan hanya sebatas ikan asin dan ikan asap untuk konsumsi rumah tangga, sedangkan ikan dapat diolah menjadi berbagai produk olahan diantaranya abon ikan, nugget ikan dan bakso ikan. Kegiatan dilakukan dalam bentuk penyuluhan yakni masing-masing narasumber menyampaikan materi sesuai dengan bidang keahliannya. Selanjutnya dilakukan pelatihan pembuatan bakso ikan yang bertujuan memberikan bekal ketrampilan bagi peserta tentang cara pengolahan bakso ikan. Kegiatan penyuluhan yang dilakukan terdiri dari pemaparan materi oleh dua orang narasumber diantaranya tentang penanganan ikan dalam mendukung kualitas produk perikanan; dan pengolahan hasil perikanan. kegiatan dihadiri oleh 27 orang peserta yang terdiri dari ibu-ibu PKK, nelayan dan perangkat desa. Kegiatan dilaksanakan di Kantor Desa Titigogoli, Kecamatan Morotai Jaya. Kegiatan pengabdian ini sangat membantu masyarakat dalam memahami pentingnya pengolahan produk hasil perikanan dan meningkatnya pengetahuan masyarakat mengenai cara pengolahan bakso ikan layang.

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Pulau Morotai (2021) Kecamatan Morotai Jaya Dalam Angka. Badan Pusat Statistik.

Liviawaty, E. and Afrianto, E. (2014) ‘Penentuan Waktu Rigor Mortis Ikan Nila Merah ( Oreochromis Niloticus ) Berdasarkan Pola Perubahan Derajat Keasaman Determination of Time Rigor Mortis Red Tilapia ( Oreochromis Niloticus ) Laboratorium Teknologi Industri Hasil Perikanan’, Jurnal Akuatika, 5(1), pp. 40–44.

Monintja, D.. et al. (2002) Pengkajian terhadap pemanfaatan rumpon untuk penangkapan ikan pelagis: Antisipasi terhadap implementasi Code of Conduct for responsible fisheries.

Published
2023-07-15
Section
Articles