MEWUJUDKAN GERAKAN SADAR SEHAT PADA ANAK MELALUI PENYULUHAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT

  • Aprilia Yuanita Anwaristi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Nendika Dyah Ayu Murika Sari Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Cahyani Cahyani Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Morita Sari Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Ikmal Hafizi Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Nur Ariska Nugrahani Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Gusti Dhika Zafira Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: sadar sehat, UKGS, sikat gigi

Abstract

Aspek kesehatan Anak Usia Dini yang perlu diperhatikan salah satunya adalah kesehatan gigi dan mulut. Kegiatan UKGS belum pernah dilakukan di SD Negeri Krikilan Dua, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen. Guru dan siswa belum pernah mendapatkan materi pelatihan tentang cara menyikat gigi yang benar untuk menjaga kesehatan gigi pada saat pandemi covid 19. Tujuan kegiatan ini adalah terciptanya gerakan masyarakat sadar sehat pada anak terutama pada kesehatan gigi selama pandemi covid-19. Metode penyuluhan dilakukan dalam beberapa tahap meliputi persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Kesadaran akan kesehatan gigi pada anak sekolah dasar selama pandemi adalah kurang, dikarenakan program UKGS juga tidak dapat berjalan dengan baik. Penyuluhan cara menyikat gigi yang benar untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut mampu meningkatkan pengetahuan anak-anak sekolah dasar dari yang berpengetahuan kurang menjadi baik dan sangat baik. Upaya lanjutan perlu dilakukan misalnya dengan sikat gigi bersama dan cek kesahatan gigi oleh tim penyuluh.

 

Author Biographies

Nendika Dyah Ayu Murika Sari, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Muhammadiyah Surakarta

 

 

Cahyani Cahyani, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Muhammadiyah Surakarta

 

 

Morita Sari, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Muhammadiyah Surakarta

 

 

Ikmal Hafizi, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Muhammadiyah Surakarta

 

 

Nur Ariska Nugrahani, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Muhammadiyah Surakarta

 

 

Gusti Dhika Zafira, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Muhammadiyah Surakarta

 

 

References

Adil, M. T., Rahman, R., Whitelaw, D., Jain, V., Al-Taan, O., Rashid, F., … Jambulingam, P. (2021). SARS-CoV-2 and the pandemic of COVID-19. Postgraduate Medical Journal, 97(1144), 110–116.

Andriany, P. (2016). Perbandingan Efektivitas Media Penyuluhan Poster Dan Kartun Animasi Terhadap Pengetahuan Kesehatan Gigi Dan Mulut. Journal of Syiah Kuala Dentistry Society, 1(1), 21–28.

Anggraeni, T., & Yuniarti, T. (2019). Hubungan Pengetahuan Ibu Terhadap Status Kesehatan Anak Di Desa Jetiskarangpung, Kalijambe, Sragen. Jurnal Kebidanan, 11(01), 54–65.

Asriawal, Thioritz E, A. (2021). Tingkat anxietas pasien terhadap kunjungan ke pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada masa pandemi COVID-19. Media Kesehatan Gigi, 20(2), 54–59.

BPS Sragen. (2020). Kecamatan Masaran Dalam Angka 2020.

Hanif, F., & Prasko, P. (2018). the Difference of Counseling With Video Media and Hand Puppets To Improving Knowledge of Dental and Oral Health in Elementary School Students. Jurnal Kesehatan Gigi, 5(2), 1. https://doi.org/10.31983/jkg.v5i2.3854

Oktadewi, F. D. (2019). Revitalisasi Program Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (Ukgs) Melalui Pembinaan Dokter Kecil Di Sdn 1 Susukan Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Prosiding, 8(1).

Pan, A. S. (2022). Efektivitas Usaha Kesehatan gigi Sekolah (UKGS) di Masa Pandemi. Jurnal Bagus, 03(01), 402–406.

Prasetyo, A., Sutarno, Mahananto, Supriyadi, T., & Hartoyo, E. (2021). Pengemasan Dan Penjualan Online Produk Hortikultura Guna Menjamin Usaha Pada Saat Pandemi Covid-19. GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(01), 14–19. https://doi.org/10.36728/ganesha.v1i01.1237

Purnamasari, I., & Raharyani, A. E. (2020). Peran Ibu Dan Remaja Dalam Pemeliharaan Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Nasional Peranan Perempuan/Ibu Dalam Pemberdayaan Remaja Di Masa Pandemi COVID-19, Universitas Mahasaraswati Denpasar, 2019, 175–181. Retrieved from http://e-journal.unmas.ac.id/index.php/prosidingwebinarwanita/article/view/1257

Putri Abadi, N. Y. W., & Suparno, S. (2019). Perspektif Orang Tua pada Kesehatan Gigi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 161. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.161

Ratcliffe, R. (2020). First coronavirus cases confirmed in Indonesia amid fears nation is ill-prepared for an outbreak.

Sari, E. K., Ulfiana, E., & Rachmawati, P. D. (2012). Pengaruh pendidikan kesehatan gosok gigi dengan metode permainan simulasi ular tangga terhadap perubahan pengetahuan, sikap, dan aplikasi tindakan gosok gigi anak usia sekolah di SD wilayah Paron Ngawi. Indonesian Journal of Community Health Nursing, 1(1).

Published
2023-07-15
Section
Articles