PENJAMINAN MUTU PENGELOLAAN SAMPAH ORGANIK DI TPS SINGOPURAN YANG BERORIENTASI PADA GOOD GARBAGE PRACTICES

  • Sapto Priyadi Priyadi Agroteknologi
  • R Soelistijono Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Achmad Fatkhul Aziez Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Haryuni Haryuni Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Keywords: penglolaan sampah, produk unggul dan zero waste

Abstract

Pengelolaan sampah organik di TPS Singopuran – Kartasura, dilaksanakan dengan konsep optimalisasi proses secara bertahap dan penjaminan mutu produk luaran yang brorientasi pada nilai kemanfaatan dan zero waste. Optimalisasi proses secara bertahap yang sekarang dilaksanakan dengan menggunakan mesin pemilah plastik dan seresah sampah organik. Seresah sampah organik yang keluar dari mesin berupa cacahan atau potongan-potongan kecil dengan ukuran ± 2 cm. Proses peningkatan nilai manfaat potongan bahan organik direncanakan menjadi media tanam dalam pot yang disebut bio-star media, pupuk bokhasi bio-star, pupuk bio-star pellet dan pestisida organik. Proses pembuatan sarana produksi pertanian tersebut berorientasi pada mutu produk dan mengikuti standar operasional prosedur yang telah ditetapkan. Pengelolaan sampah di TPS Singopuran – Kartasura mengikuti alur prosedur penjaminan mutu secara lengkap, yang dimulai dari visi, misi dan tujuan serta berbagai standar operasional prosedur yang telah ditetapkan. Visi pengelolaan TPS desa Singopuran – Kartasura bernarasi “Menjadi Perusahaan Pengolahan Sampah Mapan dan Unggul"; ungkapan kata “mapan” pada visi berarti maju terdepan, karena proses pengolahan sampah berbasis teknologi mekanisasi ramah lingkungan dan luarannya berupa produk unggul (siap bersanding dan bersaing dengan produk serupa), serta mengolah limbah sampah menjadi produk bernilai guna tanpa limbah.  Program pengelolaan limbah sampah dari rumah tangga tersebut dilaksanakan secara bertahap terkait dengan penerapan teknologi mekanisasi pengolahan sampah, perihal tersebut dilakukan karena keterbatasan anggaran. Ungkapan kata unggul dalam visi tersebut karena pengelolaan sampah berorientasi pada good garbage practices dan zero waste, serta produk luaran berupa: 1) media tanam dalam pot (bio-star media), 2) pupuk bokhasi bio-star, 3) pupuk organik bio-star pellet, 4) pembuatan kultur mikroba (konsorsium mikroba dekomposer) bahan organik, 5) pestisida organik format liquid smoke, dan 6) liquid aggregate beton dan/atau bahan bakar reaktor pirolisis, serta 7) pembuatan briket dari arang limbah reaktor pirolisis sebagai dukungan bahan bakar secara mandiri.

References

Agustina, F., Zahri, I., Yazid, M., dan Yunita, 2017. Strategi Pengembangan Good Agricultural Practices (GAP) di Kabupaten Bangka. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia.

Amekawa, Y., 2009. Reflections on the Growing Influence of Good Agricultural Practices in the Global South.

Anonim, 2016. Sistem Pertanian Organik. Badan Standarisasi Nasional SNI 6729:2016.

Cruza., A.G., Cencib, S.A., and Maria C.A., 2006. Quality assurance requirements in produce processing. Trends in Food Science & Technology.

Dewi, P.S, Reni Fatmasari Syafruddin, S.F., dan Kadir, M., 2016. Penerapan Prinsip-Prinsip Good Agricultural Practice (GAP) untuk Pertanian Berkelanjutan di Kecamatan Tinggi Moncong Kabupaten Gowa. Jurnal Galung Tropika, 5 (3).

Hayat, Hasan, Z., 2018. Model Inovasi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga. Jurnal Ketahanan Pangan – Universitas Islam Malang.

Muhammad, A.Q., Juita, R.M., Nana, T.M.Br.K., 2019. Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Dalam Peningkatan Pendapatan Pada Kelompok Ibu-Ibu Asyiyah. Prodikmas – Jurnal hasil pengabdian kepada masyarakat – UMSU.

N. Komang., A.A., Sudharto, P.H., dan Safrudin, 2018. Peran Serta Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga. Jurnal Ilmiah UNTAG – Semarang.

Priyadi, S., 2008. Teknik Bio-Fertilizer Faeses Melalui Dekomposisi Destilasi Bertingkat Dan Pirolisis Menjadi Saprotan Organik Cair Bebas Coli dan Salmonella. Laporan Penelitian Kolaborasi – PDAM Surakarta.

------------, 2008. Kajian Produksi Asap Cair (Bio-Oil) dari Sampah Kota Melalui Teknologi Pirolisis dengan Produk Samping Bio-Pestisida dalam Upaya Zero Waste. Laporan Penelitian Hibah Bersaing – DRPM-DIKTI.

-------------, 2010. Inovasi Teknologi Daur Ulang Untuk Membuka Peluang Nafkah Ganda Masyarakat Sekitar T.P.A. Sampah Menjadi Pestisida dan Pupuk Organik dalam Format Asap Cair Study Kasus Di Jumantono – Karanganyar – Jateng. Laporan Penelitian STRANAS – DRPM-DIKTI.

Rafi, A., 2021. Peran BUMDES dalam Pengelolaan Sampah dengan Incinerator dan Komposter di Sumbergondo – Batu. Jurnal Ekologi, Masyarakat & Sains, vol. 2 (1).

Sri, S., 2010. Pengelolaan Sampah Rumah Tangga 3R Berbasis Masyarakat. Prosiding seminar nasional. Fakultas Teknik – Universitas Wahid Hasyim – Semarang.

Published
2023-07-15
Section
Articles