SOSIALISASI PEDULI LINGKUNGAN DENGAN PELATIHAN ECO PRINTING DI RUMAH PINTAR PUNGGUR CERDAS
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengtahui Manusia perlu berinteraksi dengan alam dan menjaga serta melestarikan lingkungan. Anak usia sekolah (7-12 tahun) berada pada tahap perkembangan penting dalam hubungan dengan lingkungan sekolah. Sikap peduli lingkungan perlu dikembangkan sejak dini, terutama pada anak-anak usia 7-12 tahun. Eco printing adalah salah satu cara untuk peduli lingkungan dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti daun-daunan. Eco printing dapat menjadi alternatif untuk melindungi lingkungan dari dampak negatif industri tekstil. Ada beberapa Kegiatan yang dapat dilakukan yang pertama Sosialisasi. Sosialisasi mengenai pentingnya peduli lingkungan melalui eco printing dilakukan untuk memperkenalkan anak-anak pada konsep tersebut. Yang kedua Praktik Lapangan, Tahap ini meliputi pemilihan bahan alami, persiapan media, pengaturan desain dengan bahan alami, proses pencetakan menggunakan teknik pounding. Yang ketiga Pameran dan Pertunjukan, Hasil karya eco printing dipamerkan untuk memperlihatkan keindahan dari produk hasil dari eco printing. Kegiatan dilaksanakan di Rumah Pintar Punggur Cerdas. Teknik pounding digunakan dalam pembuatan eco printing dengan memukul bahan alami pada media kain menggunakan palu dan plastik. Kegiatan sosialisasi eco printing di Rumah Pintar Punggur Cerdas berhasil dilaksanakan dengan melibatkan anak-anak sebagai peserta. Eco printing dapat menjadi cara yang efektif untuk mengajarkan anak-anak tentang pentingnya peduli lingkungan dan penggunaan bahan alami. Selain itu, eco printing juga dapat memberikan peluang ekonomi dan mempengaruhi aspek sosial budaya anak.
References
Aini, N., SI, A. H., Hapsari, K., & Nafsiah, A. (2022). Pelatihan Pembuatan Ecoprint pada Tote Bag di Perumahan Bulan Terang Utama Malang. Jurnal Graha Pengabdian, 4(2), 110–118.
Ayu, M., Sari, F. M., & Muhaqiqin, M. (2021). Pelatihan guru dalam penggunaan website grammar sebagai media pembelajaran selama pandemi. Al-Mu’awanah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 49–55.
Burga, M. A. (2019). Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Pedagogik. Al-Musannif, 1(1), 19–31.
Dewi, D. N. Y. (2021). Penerapan teknik eco print menggunakan buah dan sayur. BHUMIDEVI: Journal of Fashion Design, 1(1), 152–158.
Hardiansyah, M. A., Ramadhan, I., Suriyanisa, S., Pratiwi, B., Kusumayanti, N., & Yeni, Y. (2021). Analisis perubahan sistem pelaksanaan pembelajaran daring ke luring pada masa pandemi COVID-19 di SMP. Jurnal Basicedu, 5(6), 5840-5852.
Ikhsan, A., Sulaiman, S., & Ruslan, R. (2017). Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar di SD Negeri 2 Teunom Aceh Jaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1).
Imran, I., Okianna, O., Ramadhan, I., Al Hidayah, R., Ismiyani, N., Prancisca, S., ... & Solidah, S. N. (2022). Penerapan Literasi Berbasis IT dalam Pembelajaran Melalui Media E-Book di SMPN 7 Sungai Raya. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 5018–5020.
Mardiyanti, L. R., Imran, I., & ... (2023). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Model Blended Learning Berbasis Media Google Classroom. Jurnal ….
Ramadhan, I., & Imran, I. (2022). Kontruksi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program" Aku Belajar" Dalam Meningkatkan Literasi Anak Pemulung. Jurnal Pipsi (Jurnal Pendidikan Ips Indonesia), 7(1), 57–70.
Rosidah, K. K., Utomo, S. H., & Wahyono, H. (2019). Pembelajaran Ekonomi Berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila Dan Pasal 33 Uud’45 Melalui Pembelajaran Proyek. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(9), 1190–1201.
Sawindu, F. K., Imran, I., Ramadhan, I., Ulfah, M., & Al Hidayah, R. (2023). Pelaksanaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Aplikasi Good Edu Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal Education And Development, 11(1), 67–72.
Shanty, A. D., Handayani, A., & Saputro, B. A. (2022). Pengembangan Metode Membatik Ecoprint Untuk Menumbuhkan Motorik Halus Anak Tk. Jp3 (Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik), 8(1).
Suriyanisa, S., Imran, I., Ramadhan, I., Sikwan, A., Al Hidayah, R., & Hardiansyah, M. A. (2023). The Efforts Of Melayu Berbudaya Community In Promoting Mechanical Solidarity Among Its Members. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 20(1).
Wijayaningputri, A. R., Regina, B. D., & Wardoyo, Y. P. (2021). Pelatihan Batik Teknik Ecoprint Dalam Pembuatan Aksesori Fashion Khas Kabupaten Malang. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 159–163.
Copyright (c) 2023 Indra Gunawan, Rany Riandhani Putri , Shuffah Nur Aisyah, Dwi Puspitasari, Adnan Permana Salim, F. Sri Dewi Wulandari, Nurul Azmisyah, Januarti, Utin Mutiara Fadillah, Ahmad Rifai, Husni Syahrudin, Iwan Ramadhan
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).