PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS NUMERASI DI SEKOLAH DASAR (SD): CONTOH DAN BUKAN CONTOH SOAL NUMERASI

  • Wilda Syam Tonra Universitas Khairun
  • Winda Syam Tonra Universitas Khairun
  • Dahlan Wahyudi Universitas Khairun
  • Muhammad Ikhsan Universitas Khairun
Keywords: pembelajaran matematika SD, soal numerasi, guru SD

Abstract

Guru diharapkan mampu mengajarkan matematika dengan baik, padahal pada saat dibangku perkuliahan, calon guru juga tidak mendapatkan mata kuliah yang banyak terkait bidang pendidikan matematika. Sehingga guru SD masih membutuhkan bimbingan pendalaman materi bidang pendidikan matematika. Pelatihan ini bertujuan untuk pendalaman materi matematika dan pengenalan soal numerasi ke guru SD sekota Ternate. Sebanyak 46 guru terlibat. Metode pelatihan dilakukan dengan menggunakan tiga metode yaitu metode presentasi, metode tanya jawab dan diskusi serta metode demonstrasi. Kesimpulan dari pelatihan yang telah dilakukan adalah 1) Guru disajikan materi tentang contoh dan bukan contoh soal numerasi 2) Guru dan pemateri melakukan sesi tanya jawab dan diskusi 3) Respon peserta terhadap penyelenggaraan pelatihan adalah kategori sangat baik.

Kata kunci: Pembelajaran matematika SD, soal numerasi, Guru SD

 

References

Abdullah, I. H., Tonra, W. S., Ansar, W., Pratiwi, W. D., Sailila, A., Ismadi, Y., & Tonra, W. S. (2023). Penerapan metode VAKT (visual, auditori, kinestetik, taktil) untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak tunagrahita sedang. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(1), 14-24.

Education, A., Onderwys, W. K., & IeNTSHONA, I. I. (2015). What is numeracy.

Geiger, V., Goos, M., & Forgasz, H. (2015). A rich interpretation of numeracy for the 21st century: A survey of the state of the field. ZDM, 47(4), 531-548.

Ikhsan, M., & Tonra, W. S. (2021). Pengenalan Ecobrick di Sekolah Sebagai Upaya Penanggulangan Masalah Sampah. PATIKALA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 32–38.

Irwin, E. L., Baker, S., & Carter, B. (2018). What ‘counts’ as numeracy preparation in enabling education programs? Results of a national audit. Journal of Academic Language and Learning, 12(1), A141-A155.

Mandansari, D., Tonra, W. S., Firman, S., Kasman, A., Wahid, F., Kandacong. (2023). Merancang Pembelajaran Kontekstual pada Materi Pemodelan Matematika Melalui Lesson Study. Jurnal Axioma: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 8(1), 01-09.

Md-Ali, R., Karim, H. B. B. A., & Yusof, F. M. (2016). Experienced Primary School Teachers' Thoughts on Effective Teachers of Literacy and Numeracy. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 13(1), 43-62.

Muhsetyo, G., Krisnadi, E., & Wahyuningrum, E. (2014). Pembelajaran matematika SD.

Raghubar, K. P., & Barnes, M. A. (2017). Early numeracy skills in preschool-aged children: a review of neurocognitive findings and implications for assessment and intervention. The Clinical Neuropsychologist, 31(2), 329-351.

Resti, Y., Zulkarnain, Z., Astuti, A., & Kresnawati, E. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Numerasi Melalui Pelatihan Dalam Bentuk Tes Untuk Asesmen Kompetensi Minimum Bagi Guru SDIT Auladi Sebrang Ulu II Palembang. Applicable Innovation of Engineering and Science Research (AVoER), 670-673.

Tonra, W. S., Abdullah, I. H., Achmad, F., Tonra, W. S., Ikhsan, M., & Umaternate, F. (2022). Pengembangan kemampuan mengenal bilangan 1-10 melalui media pohon angka pada jenjang PAUD. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 11(2), 256-269.

Tonra, W. S., Angkotasan, N., Sari, D. P., Ikhsan, M., & Tonra, W. S. (2023). Menjadi Guru Kreatif Melalui Aplikasi Canva. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 8(1).

Tonra, W. S., Tonra, W. S., Ikhsan, M., & Achmad, F. (2022). Improving Conceptual Understanding Through STEM-Based Mathematics Learning. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 6(3), 789-798.

Turnuklu, E. B., & Yesildere, S. (2007). The Pedagogical Content Knowledge in Mathematics: Pre-Service Primary Mathematics Teachers' Perspectives in Turkey. Issues in the Undergraduate Mathematics Preparation of School Teachers, 1.

Published
2023-07-15
Section
Articles