PELATIHAN PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM SORAMATA DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL DAN WEBSITE

  • Laurentius Kus Savata Reyhan Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana
  • Anisha Kristina Hendratono Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana
  • Jeremia Joel Sigarlaki Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana
  • Imanuel Madea Sakti Universitas Kristen Satya Wacana
Keywords: pemasaran digital, UMKM, Media Sosial, Websita

Abstract

Perkembangan teknologi dan internet memberikan peluang besar bagi bisnis kecil menengah (UMKM) untuk dapat memanfaatkan pemasaran digital untuk meningkatkan pertumbuhan dan keberlangsungan usahanya. Namun saat ini masih terdapat banyak UMKM yang belum memahami dan mengoptimalkan saluran pemasaran digital, seperti media sosial dan website. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada UMKM Soramata di Kota Salatiga yang merupakan UMKM bidang produk kesenian, event organizer pentas seni dan budaya. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan UMKM Soramata dalam mengoptimalkan digital marketing melalui pengelolaan media sosial dan pembuatan website. Kegiatannya antara lain pelatihan tentang digital marketing dan media sosial Instagram, membuat desain konten menggunakan aplikasi Canva, membuat konten video menggunakan aplikasi CapCut, dan membuat website menggunakan aplikasi Google Sites. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test, kegiatan pelatihan dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan kru UMKM Soramata dalam pemasaran digital. Penerapan digital marketing diharapkan terus dilakukan agar UMKM Soramata memperoleh hasil yang maksimal.

References

Anwar, K., Yunus, M., & Alfin, R. (2023). Digital Marketing Solusi Pemasaran di Era Digital untuk Meningkatkan Omset Penjualan UMKM. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 6(2), 404–414. https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i2.19149

Ardiansah, I., & Maharani, A. (2021). Optimalisasi Instagram Sebagai Media Marketing: Potret Penggunaan Instagram sebagai Media Pemasaran Online pada Industri UKM. CV. Cendekia Press.

Astina, C. (2022). Peningkatan UMKM Bidang Pemasaran dan Perekonomian melalui Pemanfataan Aplikasi Canva. SOROT?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–6. https://doi.org/10.32699/sorot.v1i2.2626

Erlianalistiani, E., Rahmawati, R., & Marginingsih, R. (2023). Implementasi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Pendapatan Pelaku UMKM Desa Pantai Mekar. An-Nizam: Jurnal Bakti Bagi Bangsa, 2(1), 10–16. https://doi.org/10.33558/an-nizam.v2i1.6966

Febrian, A., Lina, L. F., Safitri, V. A. D., & Mulyanto, A. (2021). Pemasaran Digital dengan Memanfaatkan Landing Page pada Perusahaan Start-up. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(3), 313–320. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i3.10103

Febriana, R., Wijaya, R. S., & Taufiq, M. (2023). Pelatihan Pengembangan Konten Pemasaran Melalui Media Sosial Untuk Membantu Perkembangan UMKM Di Kelurahan Keputih. Jurnal ABDIMAS Indonesia, 1(2), 22–30. https://doi.org/10.59841/jurai.v1i2.96

Hakim, L. N. (2022). Pelatihan Membuat Website Digital Marketing dengan Google Site untuk Meningkatkan Kompetensi Keahlian di Kalangan Mahasiswa. KOMUNITA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 69–73. https://doi.org/10.60004/komunita.v1i2.23

Haryono, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Website terhadap Penjualan Produk Pengusaha UMKM pada Asosiasi Industri Kreatif Depok. Sosio E-Kons, 10(1), 39–46. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2324

kelaskita.com. (2023). Apa Itu Pre Test dan Post Test? Definisi, Tujuan dan Contoh Soal. Kelaskita.Com. https://www.kelaskita.com/artikel/pre-test-dan-post-test-definisi-tujuan-dan-contoh-soal

Kencana, W. H., Budilaksono, S., Thantawi, A. M., Suwartane, I. G. A., & Sentosa, E. (2022). Pengembangan Website Tanpa Coding Dan Hosting Gratis. Jurnal IKRAITH-ABDIMAS, 5(2), 151–155.

Priambada, S. (2015). Manfaat Penggunan Media Sosial Pada Usaha Kecil Menengah (UKM). SESINDO: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 41–46.

Riyantoko, P. A., Fahrudin, T. M., Sa’diyah, I., Varqa Ansori, N. A., Atnanda, P. A., & Alamsyah, R. B. (2022). Pemanfataan Aplikasi Canva Sebagai Media Pemasaran di Kampung Kue Surabaya. Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 198–203. https://doi.org/10.32722/mapnj.v5i1.4529

Sakti, I. M., Pratiwi, D. C., & Jati, S. C. (2022). Pelatihan Fotografi dan Editing untuk Meningkatkan Promosi Produk Kerajinan Rajut. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 451–464.

Sendi, M., Carolin, I. G., Silvia, Ramadani, R., Nurasmi, Fahri, M., & Wardana, E. D. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Digitalisasi dalam Pemanfaatan Platform Digital pada Pelaku Usaha UMKM di Desa Salo Palai. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(2), 878–882.

Setiawan, S. R. D. (2019). Mengapa Masih Banyak UMKM Indonesia yang Belum “Go Digital”? Ekonomi.Kompas.Com. https://ekonomi.kompas.com/read/2019/02/12/152246426/mengapa-masih-banyak-umkm-indonesia-yang-belum-go-digital

Solihah, S., & Zakiah, N. E. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva untuk Mengembangkan Kreativitas dalam Pemasaran Produk UMKM Makanan Khas Daerah Ciamis. Abdimas Galuh, 4(2), 1041–1050. https://doi.org/10.25157/ag.v4i2.8099

Sulastri. (2022). Peran Penting UMKM dalam Ancaman Isu Resesi. Djkn.Kemenkeu.Go.Id/. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-balikpapan/baca-artikel/15677/Peran-Penting-UMKM-dalam-Ancaman-Isu-Resesi.html

Published
2024-01-21