PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PEMUDA TANI KOMODITAS HORTIKULTURA

  • Suswadi Suswadi Tunas Pembangunan University, Surakarta, Indonesia
  • Norbertus Citra Irawan Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Agung Prasetyo Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Mahananto Mahananto Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Kusriani Prasetyowati Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Daryanti Daryanti Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Tyas Soemarah KD Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Endang Suprapti Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Agus Budiyono Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Teguh Supriyadi Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Wiyono Wiyono Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Keywords: horticulture, knowledge, online marketing, skills, training, youth farmer

Abstract

Permasalahan dalam pengetahuan pemasaran online bagi petani hortikultura mencakup kurangnya pemahaman tentang strategi pemasaran digital yang efektif, keterbatasan aksesibilitas teknologi dan koneksi internet di daerah pedesaan, serta ketidakpahaman tentang analisis data dan tren pasar, yang secara keseluruhan menghambat optimisasi pemasaran online dan meningkatkan pendapatan serta peluang bisnis petani hortikultura. Solusi untuk masalah pengetahuan dan keterampilan pemasaran online bagi petani hortikultura adalah melalui program pelatihan dan pendampingan yang komprehensif. Program ini mencakup pemahaman strategi pemasaran digital, penggunaan platform online, konten menarik, analisis data, dan pemahaman perilaku konsumen. Pelatihan membantu petani hortikultura hadapi tantangan pemasaran online. Materi disajikan dengan bahasa sederhana dan mudah diakses. Workshop kolaboratif memperkuat pengetahuan dan keterampilan petani. Evaluasi dan umpan balik terus meningkatkan kualitas pelatihan. Diharapkan petani dapat sukses dalam pemasaran online dan bisnis mereka di era digital.

References

Bolfe, É. L., Jorge, L. A. de C., Sanches, I. D., Luchiari Júnior, A., da Costa, C. C., Victoria, D. de C., Inamasu, R. Y., Grego, C. R., Ferreira, V. R., & Ramirez, A. R. (2020). Precision and digital agriculture: Adoption of technologies and perception of Brazilian farmers. Agriculture, 10(12), 653. https://doi.org/10.3390/agriculture10120653

Cofré-Bravo, G., Klerkx, L., & Engler, A. (2019). Combinations of bonding, bridging, and linking social capital for farm innovation: How farmers configure different support networks. Journal of Rural Studies, 69(July 2018), 53–64. https://doi.org/10.1016/j.jrurstud.2019.04.004

Dhehibi, B., Rudiger, U., Moyo, H. P., & Dhraief, M. Z. (2020). Agricultural Technology Transfer Preferences of Smallholder Farmers in Tunisia's Arid Regions. Sustainability, 12(1), 421. https://doi.org/10.3390/su12010421

Gosnell, H., Gill, N., & Voyer, M. (2019). Transformational adaptation on the farm: Processes of change and persistence in transitions to `climate-smart' regenerative agriculture. Global Environmental Change, 59, 101965. https://doi.org/10.1016/j.gloenvcha.2019.101965

Lioutas, E. D., & Charatsari, C. (2021). Innovating digitally: The new texture of practices in Agriculture 4.0. Sociologia Ruralis, 62(2), 250–278. https://doi.org/10.1111/soru.12356

Mikkelsen, B. E., & Chapagain, M. R. (2023). Green food transformation systems: Role of young people in engagement and digital literacy. International Journal of Food Design, 8(1), 13–34. https://doi.org/10.1386/ijfd_00049_1

Qin, T., Wang, L., Zhou, Y., Guo, L., Jiang, G., & Zhang, L. (2022). Digital Technology-and-Services-Driven Sustainable Transformation of Agriculture: Cases of China and the EU. Agriculture, 12(2), 297. https://doi.org/10.3390/agriculture12020297

Smidt, H. J., & Jokonya, O. (2021). Factors affecting digital technology adoption by small-scale farmers in agriculture value chains (AVCs) in South Africa. Information Technology for Development, 28(3), 558–584. https://doi.org/10.1080/02681102.2021.1975256

Published
2023-08-02
Section
Articles