PERENCANAAN PENGELOLAAN POTENSI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN UMKM ANGKRINGAN DI WILAYAH KARANGWARU DAN KRICAK YOGYAKARTA

  • Andreas Ronald Setianan Universitas Janabadra Yogyakarta
  • Toto Hariadi Universitas Janabadra Yogyakarta
  • Andi Jasmine Widia Universitas Janabadra Yogyakarta
  • Adila Fitri Annisa Universitas Janabadra Yogyakarta
  • Muthi’ah Zuhrotunnisa Universitas Janabadra Yogyakarta
  • Supriyanto Supriyanto Universitas Janabadra Yogyakarta
  • Dhimas Septian Pratama Universitas Janabadra Yogyakarta
  • Rizqi Hadi Novianto Universitas Janabadra
  • Muhamad Anthar Universitas Janabadra Yogyakarta
Keywords: : pemberdayaan umkm, angkringan, pertumbuhan ekonomi, branding umkm

Abstract

Kegiatan pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dilakukan oleh tim KKN UJB kepada pelaku usaha bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di suatu wilayah. Pedampingan pada pelaku usaha dimaksudkan agar dapat mengikuti perkembangan jaman dalam hal kegiatan usaha. Kegiatan tersebut disosialisasikan langsung pada pelaku usaha agar usaha yang mereka lakoni lebih menarik pembeli, sehingga diharapkan perekonomian semakin meningkat. Hasil menunjukan terdapat beberapa faktor dan penyebab yang ditemukan terkait kegiatan usaha masyarakat di wilayah Kricak dan Karangwaru. Dengan adanya pendampingan kegiatan usaha pada masyarakat menjadi lebih maju sehingga berdampak baik bagi perekonomian masyarakat tersebut.

References

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hafsah, M. Jafar. (2004) Upaya Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (UKM). Diakses pada tanggal 3 April 2013 pukul 22.15 WIB dari www.smecda.com.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

https://e-journal.janabadra.ac.id/index.php/adarma

https://e-journal.citakonsultindo.or.id/index.php/CITAKARYA

Jurnal.mostopo.ac.id

Published
2024-01-21