PEMBERDAYAAN ANAK MARJINAL DI LEMBAGA PPAP SEROJA SURAKARTA MELALUI PELATIHAN COPYWITER DAN DESAIN GRAFIS
Abstract
Anak marjinal yang ada di Lembaga Pemberdayaan Perempuan dan Anak Pinggiran ( PPAP ) Seroja Surakarta dilatarbelakangi oleh berbagai macam faktor, diantaranya adalah kemiskinan, sulitnya mendapat pekerjaan, sudah tidak mempunyai orang tua atau duafa, tidak mempunyai tempat tinggal, dan rendahnya pendidikan. Melihat permasalahan tersebut, maka yang dibutuhkan oleh anak anak marjinal adalah bagaimana mereka dapat mendapatkan kesejahteraan hidup dimasa sekarang dan masa yang akan datang terutama pada aspek ekonomi. Oleh karena itu Tim PKM Universitas Slamet Riyadi megadakan kegiatan pelatihan pemanfaatan copywriter dan desain grafis bertujuan untuk membantu anak anak marjinal tersebut agar dapat mendapatkan keterampilan baru yang tentunya akan sangat berguna bagi persiapan mereka mencari pekerjaan dimasa yang akan datang. Anak anak marjinal akan diberikan pengetahuan dan dibimbing untuk belajar mengenai copywriter dan desain grafis. Dimana, keterampilan ini sangat dibutuhkan sekarang untuk mencari pekerjaan. Melihat bahwa kita hidup dizaman yang sudah modern, maka sudah seharusnya anak anak marjinal di Lembaga PPAP Seroja Surakarta ini mendapatkan pelatihan keterampilan baru yang memanfaatkan kemajuan digitalisasi dimana keterampilan ini akan dibutuhkam dimasa sekarang dan masa yang akan datang. Diharapkan dengan adanya keterampilan baru ini mereka dapat lebih produktif, dan mendapatkan jaminan peningkatan perekonomian dimasa mendatang.
References
Akbar. R. 2022. Pemberdayaan Anak Penyandang Disabilitas Dalam Meningkatkan Life Skill Melalui Penerapan Sistem Akuaponik. Surakarta : ADI WIDYA Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Slamet Riyadi. 40-43
Handini, O. 2017. Pelatihan Model Pembelajaran Quantum Di Sekolah Dasar Pada Guru SD Muhammadiyah 3 Surakarta Training On Quantum Learning Model For The Theachers Of Muhammadiyah 3 Surakarta Elementary Scholl. Surakarta : ADI WIDYA Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Slamet Riyadi. 61
Lilis, O. 2020. Pemberdayaan Anak Marjinal Berbasis Komunitas. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang. 9-11
Nugroho, C. 2021. Pemberdayaan Kelompok Perempuan Marjinal Dalam Pemenuhan Hak Ekonomi Di Masa Pandemi COVID-19. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Hak Asasi Manusia ( Balitbangkumham ) Press
Patty, Z. 2023. Pelatihan Perbanyakan Tanaman Pala Secara Generatif Di Desa Soatabaru, Galela Barat. Surakarta : GANESHA Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Tunas Pembangunan. 113-118
Puspita, S. Handini, O. 2020. Pemberdayaan Perempuan Melalui Pembuatan dan Pemasaran Tas Anyaman Plastik di Dukuh Bawang, Kelurahan Poleng, Kecamatan. Gesi, Kabupaten. Sragen. Surakarta : Adi Widya Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Slamet riyadi. 3-4
Wahyuni, D. 2023. Implementasi “ Digitalization Exploration Program ” Dalam Kesejahteraan Anak Marjinal Lembaga PPAP Seroja Surakarta Melalui Pemanfaatan IPTEK Dan Pelatihan Kerja Digital. Surakarta : Laporan PKM-PM Universitas Slamet Riyadi Surakarta. 1-7
Copyright (c) 2024 Dian Wahyuni, Wulan Ayu Azhari, Wulan Ayu Azhari, Arina Khifata A ' yun, Arina Khifata A ' yun, Zahra Audi Rachmawati, Marwan Fuad Hidayat, Marwan Fuad Hidayat, Oktiana Handini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).