PEMBERDAYAAN ANAK MARJINAL DI LEMBAGA PPAP SEROJA SURAKARTA MELALUI PELATIHAN COPYWITER DAN DESAIN GRAFIS

  • Dian Wahyuni Universitas Slamet Riyadi
  • Wulan Ayu Azhari Universitas Slamet Riyadi
  • Arina Khifata A ' yun Universitas Slamet Riyadi
  • Zahra Audi Rachmawati Universitas Slamet Riyadi
  • Marwan Fuad Hidayat Universitas Slamet Riyadi
  • Oktiana Handini Universitas Slamet Riyadi
Keywords: pemberdayaan, anak marjinal, pelatihan

Abstract

Anak marjinal yang ada di Lembaga Pemberdayaan Perempuan dan Anak Pinggiran ( PPAP ) Seroja Surakarta dilatarbelakangi oleh berbagai macam faktor, diantaranya adalah kemiskinan, sulitnya mendapat pekerjaan, sudah tidak mempunyai orang tua atau duafa, tidak mempunyai tempat tinggal, dan rendahnya pendidikan. Melihat permasalahan tersebut, maka yang dibutuhkan oleh anak anak marjinal adalah bagaimana mereka dapat mendapatkan kesejahteraan hidup dimasa sekarang dan masa yang akan datang terutama pada aspek ekonomi. Oleh karena itu Tim PKM Universitas Slamet Riyadi megadakan kegiatan pelatihan pemanfaatan copywriter dan desain grafis bertujuan untuk membantu anak anak marjinal tersebut agar dapat mendapatkan keterampilan baru yang tentunya akan sangat berguna bagi persiapan mereka mencari pekerjaan dimasa yang akan datang. Anak anak marjinal akan diberikan pengetahuan dan dibimbing untuk belajar mengenai copywriter dan desain grafis. Dimana, keterampilan ini sangat dibutuhkan sekarang untuk mencari pekerjaan. Melihat bahwa kita hidup dizaman yang sudah modern, maka sudah seharusnya anak anak marjinal di Lembaga PPAP Seroja Surakarta ini mendapatkan pelatihan keterampilan baru yang memanfaatkan kemajuan digitalisasi dimana keterampilan ini akan dibutuhkam dimasa sekarang dan masa yang akan datang. Diharapkan dengan adanya keterampilan baru ini mereka dapat lebih produktif, dan mendapatkan jaminan peningkatan perekonomian dimasa mendatang.

 

References

Akbar. R. 2022. Pemberdayaan Anak Penyandang Disabilitas Dalam Meningkatkan Life Skill Melalui Penerapan Sistem Akuaponik. Surakarta : ADI WIDYA Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Slamet Riyadi. 40-43

Handini, O. 2017. Pelatihan Model Pembelajaran Quantum Di Sekolah Dasar Pada Guru SD Muhammadiyah 3 Surakarta Training On Quantum Learning Model For The Theachers Of Muhammadiyah 3 Surakarta Elementary Scholl. Surakarta : ADI WIDYA Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Slamet Riyadi. 61

Lilis, O. 2020. Pemberdayaan Anak Marjinal Berbasis Komunitas. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang. 9-11

Nugroho, C. 2021. Pemberdayaan Kelompok Perempuan Marjinal Dalam Pemenuhan Hak Ekonomi Di Masa Pandemi COVID-19. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Hak Asasi Manusia ( Balitbangkumham ) Press

Patty, Z. 2023. Pelatihan Perbanyakan Tanaman Pala Secara Generatif Di Desa Soatabaru, Galela Barat. Surakarta : GANESHA Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Tunas Pembangunan. 113-118

Puspita, S. Handini, O. 2020. Pemberdayaan Perempuan Melalui Pembuatan dan Pemasaran Tas Anyaman Plastik di Dukuh Bawang, Kelurahan Poleng, Kecamatan. Gesi, Kabupaten. Sragen. Surakarta : Adi Widya Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Slamet riyadi. 3-4

Wahyuni, D. 2023. Implementasi “ Digitalization Exploration Program ” Dalam Kesejahteraan Anak Marjinal Lembaga PPAP Seroja Surakarta Melalui Pemanfaatan IPTEK Dan Pelatihan Kerja Digital. Surakarta : Laporan PKM-PM Universitas Slamet Riyadi Surakarta. 1-7

Published
2024-01-21