PELATIHAN SOLUTION-FOCUSED GROUP COUNSELING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KARAKTER “WELAS ASIH” SISWA

  • Mulawarman Mulawarman
  • Dwi Yuwono Puji Sugiharto Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Semarang
  • Eni Rindi Antika Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Semarang
  • Abdul Kholiq Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Semarang
  • Pradipta Christy Pratiwi Program Studi Psikologi, Universitas Negeri Semarang
  • Thrisia Febrianti Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Semarang
  • Galuh Nadhita Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Semarang
  • Alvia Ainil Lathifah Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Semarang
Keywords: Solution-Focused Group Counseling, Karakter Welas Asih, Siswa

Abstract

Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, terkadang tidak disadari muncul dampak risiko di tengah  kemudahan  yang  diperoleh. Data dari studi penelitian menunjukkan bahwa para remaja di sekolah mengalami berbagai masalah kesehatan mental yang tidak dapat diremehkan. Masalah kesehatan mental yang dialami perlu diatasi, salah satunya mengembangkan sikap welas asih siswa terhadap dirinya sendiri. Sejauh ini guru BK di sekolah sudah memberikan layanan untuk membantu siswa dalam mengatasi masalahnya, namun masih memerlukan pengembangan. Sementara itu, layanan konseling kelompok masih sangat jarang diimplementasikan di lingkungan sekolah. Oleh karena itu, tim pengabdian bermaksud untuk membantu meningkatkan karakter welas asih siswa melalui kegiatan pelatihan konseling kelompok kepada guru BK agar semakin terampil dalam menggunakan Solution-Focused Group Counseling (SFGC). Metode pengabdian yang digunakan yaitu komprehensif mencakup refleksi, group discussion, simulasi, dan praktik tersupervisi pada 37 guru BK SMK di kota Semarang. Berdasarkan analisis pada data pre-test dan post-test, diperoleh hasil bahwa rata-rata kemampuan peserta pengabdian dalam melaksanakan konseling kelompok meningkat pasca pelatihan. Target berkelanjutan dari pengabdian ini adalah guru-guru BK menerapkan konseling kelompok berfokus solusi di sekolah sebagai upaya untuk meningkatkan karakter welas asih siswa

References

Ardi, Z., Daharnis, Neviyarni, & Ifdil. (2021). The Analysis of Solution Focused Brief Counseling Contribution in Reducing First-Year Students Academic Stress Symptoms. Proceedings of the 2nd Progress in Social Science, Humanities and Education Research Symposium (PSSHERS 2020), 563, 382–386. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210618.071.

Bergen-Cico, D., & Cheon, S. (2014). The Mediating Effects of Mindfulness and Self-Compassion on Trait Anxiety. Mindfulness, 5(5), 505–519.

Bill O, Palmer S, (2003). Handbook of solution-focused therapy. Sage.

Breines, J. G., & Chen, S. (2012). SelfCompassion Increases Self-Improvement Motivation. Personality and Social Psychology Bulletin, 38(9), 1133–1143. https://doi.org/10.1177/014616721244559 9

Chang, B. (2019). Reflection in learning. Online Learning, 23(1), 95-110. doi:10.24059/olj.v23i1.1447

Claretta, D., Rachmawati, F., & Sukaesih, A. (2022). Communication pattern family and adolescent mental health for strawberry generation. International Journal of Science and Society, 4(3), 73-93.

Corey, G. (2016). Theory and Practice of Counseling & Psychotherapy 10th Edition. Belmont, CA : Brooks/Cole.

Forsyth, D. R. (2019). Group dynamics (7th ed.). Cengage Learning.

Gidron, Y. (2013). Group therapy/intervention. In M. D. Gellman & J. R. Turner (Eds.), Encyclopedia of Behavioral Medicine (pp. 880). Springer.

Hadi, M. J. dan Junaidi, M. (2020). Changes and Challenges of Participating in Focus Group Discussion. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 539. Proceedings of the Ninth International Conference on Language and Arts (ICLA 2020).

Hidayati, S. (2012). Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Madrasah Aliyah Pontianak. Penelitian Individu: tidak diterbitkan.

Lines, D. (2006). Brief Counseling in School: Working with Young People from 11-18 (2nd Edition). London : Sage Publication.

Kim, J. S., Brook, J., & Akin, B. A. (2018). Solution-Focused Brief Therapy With Substance-Using Individuals: A Randomized Controlled Trial Study. Research on Social Work Practice, 28(4), 452–462. https://doi.org/10.1177/1049731516650517

Kristyaningrum, W., & Said, H. (2019). Keefektifan Solution Focused Brief Counseling (SFBC) untuk menurunkan perilaku prokrastinasi akademik siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2).

Long, N. (2007). Special Section: Learning from Experience: Shifting from Clinical Parent Training to Broader Parent Education, Clinical Child Psychology and Psychiatry, 12(3), 385– 392.

McLeod, J. (2020). How students use deliberate practice during the first stage of counselor training. Couns Psychother Res. 2022; 22:207–218.

Mulawarman, dkk. Konseling Kelompok Pendekatan Realita : Pilihan dan Tanggungjawab. Jakarta : Kencana. 2020.

Mulawarman. (2010). Penerapan Solution-Focused Brief Counseling (SFBC) untuk Meningkatkan Harga Diri (Self-Esteem) Siswa SMA : Suatu Embedded Experimental Design. Tesis tidak Diterbitkan. Malang : Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Naraswari, I. A. M. D., Suranata, K., Suarni, N. K., & Gading, I. K. (2021). Solution-focused brief counseling in educational setting: A systematic literature review. Konselor, 10(3), pp 86-91. DOI: https://doi.org/10.24036/02021103120291-0-00

Neff K. (2011). Self-compassion: Stop beating yourself up and leave insecurity behind. United States America: Kristin Neff

Neff, K. D. (2003) The Development and Validation of Scale to Measure Self-Compassion. Self and Identit.; 223-250.

Neff, K., & Germer, C. (2018). The mindful self-compassion workbook: A proven way to accept yourself, build inner strength, and thrive. New York, The Guilford Press

Neff, K. D., Kirkpatrick, K. L., & Rude, S. S. (2007). Self-compassion and adaptive psychological functioning. Journal of Research in Personality, 41(1), 139–154. https://doi.org/10.1016/j.jrp.2006.03.004

Neff, K. D., & McGehee, P. (2010). Self-Compassion and Psychological Resilience Among Adolescents and Young Adults. Self and Identity, 9(3), 225–240. https://doi.org/10.1080/152988609029793 07

Nugroho, A. R., Guswantoro, T., Gunawan, R., Lumbantobing, S. S., & Murniarti, E. (2021). Developing Junior High School Self-Esteem through the Solution Focused Brief Counseling Approach during the Covid-19 Pandemic. Degres Article, 1–10.

Nurrahmi, H. (2015). Kompetensi Profesional Guru Bimbingan dan Konseling. Al-hikmah: Jurnal Dakwah.; 9 (1): 45-55.

Pratiwi, P. C., Mahanani, F. K., Budiningsih, T. E., & Halim, J. A. (2022). We are in the same boat: Group therapy as a treatment for psychological distress in dating violence survivors. Journal of Educational, Health, Community Psychology, 11(1), pp 33-55.

Sugianto, D., Suwartono, C., & Sutanto, S. H. (2020). Reliabilitas dan validitas self-compassion scale versi Bahasa Indonesia. Jurnal Psikologi Ulayat, 7(2), pp 177-191.

Supriatna, U. S. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Komprehensif dalam Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 2(1), 319–333. https://doi.org/10.22219/jinop.v2i1.2627

Suranata, K., & Prakoso, B. B. (2020). Program web-based SFBC untuk mereduksi kecemasan akademik siswa saat pandemi COVID-19; sebuah pilot studi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 6(2), 47–52. https://doi.org/10.29210/02020609

Taathadi, M. S.. (2014). Application of Solution-Focused Brief Counseling (SFBC) to Enhance High School Students Self-Esteem : an Embedded Experimental Design. International Journal of Psychological Studies 6.; (3) : 96-105.

Wahyuni, Eka., & Titun, Arsita. (2019). Gambaran Self-Compassion Siswa di SMA Negeri Se-Jakarta Pusat. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(2).

Published
2023-07-25
Section
Articles