PELATIHAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SELF REGULATED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA PADA GURU BK SMP SE-KOTA PALU
Abstract
Permasalahan umum artikel pengabdian ini yakni; 1) Belum optimalnya proses pemberian layanan bimbingan pribadi-sosial, dan belajar pada siswa di SMP se-Kota Palu; 2) Guru bimbingan dan konseling SMP se-Kota Palu yang belum terbiasa memberikan layanan bimbingan kelompok teknik self regulated learning untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa. Tujuan pengabdian ini guna meningkatkan keterampilan dan kemampuan guru bimbingan dan konseling SMP di Kota Palu. Subjek pengabdian ini adalah guru BK SMP yang tergabung dalam Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) se-Kota PALU. Tahapan pelaksanaan pengabdian ini mengikuti tahapan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok. Hasil capaian pengabdian ini ialah guru dapat menerapkan proses pemberian layanan bimbingan pribadi-sosial, dan belajar pada siswa dengan memaksimalkan layanan bimbingan kelompok teknik self regulated learning.
References
Adhisa, R. R., Arfian, M., Purnomo, G. C., Virgina, V. F., Azhar, L., Kusumawati, W., Wandira, V. D., Handayanti, T., Hidayanti, E. N., & Handayani, F. T. (2020). Pengembangan bimbingan belajar berbasis lingkungan di MIM Juwiran, Juwiring, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 2(1), 19–23. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i1.10783
Alawiyah, D., Rahmat, H. K. (2020). Menemukenali konsep etika dan sikap konselor profesional dalam bimbingan dan konseling. JURNAL MIMBAR: Media http://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/mimbar/article/view/457
Bhakti, C. P. (2018). Ketersediaan sarana dan prasarana bimbingan dan konseling di sekolah menengah di kabupaten Gunungkidul. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(2), 100. https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p100-104
Blegur, J. (2020). Soft skills untuk prestasi belajar: Disiplin percaya diri konsep diri akademik penetapan tujuan tanggung jawab komitmen kontrol diri. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en%5C&lr=%5C&id=mDvPDwAAQBAJ%5C&oi=fnd%5C&pg=PA81%5C&dq=partisipasi+belajar+prestasi+belajar%5C&ots=vj69fkrxw6%5C&sig=lfDYN1nSa-c1jVUDffHt39qEumY
Fatmala, S., Syahran, R., & Lestari, M. (2021). Identifikasi self regulated learning mahasiwa selama pembelajaran online masa pandemi COVID-19. Skripsi. Universitas Tadulako.
Febrianti, Y. E., & Suhaili, N. (2021). Analisis perilaku off-task siswa. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(1), 1. https://doi.org/10.29210/02650jpgi0005
Harmain, R. (2021). Upaya meningkatkan partisipasi siswa pada materi mengidentifikasi macam-macam limbah melalui metode diskusi. Jurnal Pengabdian Masyarakat: DIKMAS, 01(1), 35–42.
Ismail, S. N. (2020). Penerapan pembelajaran kontekstual tematik untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa kelas X IPS MA. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ekonomi, 5(1), 112–114. https://doi.org/https://doi.org/10.53958/wb.v5i2.61
Ismiyati, I., & Salamah, S. (2020). Peningkatan motivasi, partisipasi, dan prestasi belajar ips melalui media gambar bercerita. Jurnal Sosialita. http://journal.upy.ac.id/index.php/sosialita/article/view/2356
Jefri, J., & Junaidi, J. (2019). Penerapan model talking stick untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa pada pembelajaran sosiologi kelas X IPS 1 SMA Negeri 3 Bukittinggi 2019. Jurnal Perspektif, 2(3), 125. https://doi.org/10.24036/perspektif.v2i3.74
Kurniawan, N. A. (2020). Profesionalitas konselor selama pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling. http://conference.um.ac.id/index.php/bk2/article/view/85
Latipah, E. (2015). Strategi self regulated learning dan prestasi belajar: kajian meta analisis. Jurnal Psikologi, 37(1), 110 – 129–129. https://doi.org/10.22146/jpsi.7696
Mufidah, E. F., Wirstania, A. (2021). Studi kasus: Permasalahan yang sering ditangani guru bimbingan dan konseling di sekolah dasar dan sekolah mengangah pertama. Bimbingan Konseling. https://scholar.archive.org/work/uaco74pv3rfwnmokz3xky4zsli/access/wayback/https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JBKI/article/download/1651/pdf_1
Munifah, M., Lestari, M., Aras, N. F., & Hijrah, H. (2023). Modul bimbingan kelompok teknik self regulated learning untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa. Program Studi Bimbingan dan Konseling.
Mustajab, Maksud, & Fatmaryanti, S. D. (2013). Penerapan metode pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Karanggayam tahun pelajaran 2012 / 2013. Radiasi, 1(1), 37–40.
Mustajab, Mustajab, Baharun, H., & Fawa’iedah, Z. (2020). Adapting to teaching and learning during Covid-19: a case of islamic school’s initiative of self-regulated learning. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 241–264. https://doi.org/10.21580/nw.2020.14.2.6515
Permana, S. A. (2020). Peran guru bk dalam meningkatkan keterampilan belajar dan motivasi belajar siswa. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan Dan. https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/syifaulqulub/article/view/2425
Kemendikbud RI 1. (2014). Bimbingan dan konseling pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Jakarta.
Prayitno, H. J., Wulandari, M. D., Widyasari, C. (2020). Pemberdayaan guru dalam peningkatan layanan bimbingan konseling di SD/MI Muhammadiyah se-Surakata pada era komunikasi global. Buletin KKN. https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/11853
Purwaningsih, H. (2021). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam melayani peserta didik di masa pandemi covid-19. Educational: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran. https://jurnalp4i.com/index.php/educational/article/view/53
Putro, H. E., & Sugiyadi, S. (2018). Peningkatan motivasi belajar melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik self regulated learning. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 3(1), 1. https://doi.org/10.26737/jbki.v3i1.508
Rosadi, H. Y., & Andriyani, D. F. (2021). Tantangan menjadi guru BK dengan kurikulum merdeka belajar di masa pandemi COVID-19. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa UNISSULA (KIMU) Klaster Humaniora. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/kimuhum/article/view/13011
Rusmana, N. (2015). Konsep dasar dinamika kelompok. http://file.upi.edu/Direktori/FIP.
Sadiah, H. H., & Tetep. (2020). Efektifitas pembelajaran PPKN berbasis daring terhadap partisipasi belajar peserta didik di SMAN 11 Garut. Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut, d, 81–94. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/civicos.v4i1.872
Saputra, N. M. A., & Muharammah, N. W. (2020). Peran layanan bimbingan dan konseling sebagai internalisasi kemampuan adaptasi peserta didik pada era new normal. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling. http://conference.um.ac.id/index.php/bk2/article/view/83
Shodiq, J., Saputra, R. R., & Kuswara, H. (2020). Penerapan strategi pembelajaran intelligence mapping presentation untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa. Jurnal Education and Development, 8(1), 65. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v8i1.1500
Sumarni, S., & Amin, M. (2021). Puzzle dan problem solving: Media dan pendekatan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa. Journal of Education and Teaching (JET). https://jet.or.id/index.php/jet/article/view/67
Syahran, R., Lestari, M., & Arifyadi, A. (2023). Identifikasi self regulated learning siswa smp negeri sekota palu pasca pembelajaran online masa pandemi. OnProgres Submited JURKAM.
Utami, S., & Utami, P. (2020). Peningkatan partisipasi belajar dan hasil belajar peserta didik teknik audio video di masa pandemi Covid-19 dengan WhatsApp Group. Elinvo: Electronics, Informatics, and Vocational Education. https://journal.uny.ac.id/index.php/elinvo/article/view/34254
Wahyuni, N. E., Pramono, D. (2022). Meningkatkan partisipasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran think pair share pada siswa kelas 1 sdn 05 buay pemaca. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK). http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5573
Winkel. WS, H. (2006). Bimbingan dan Konseling di Instusi Pendidikan. Media Abadi.
Yasminah, Y., & Sahono, B. (2020). Penerapan model pembelajaran problem-based learning untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar siswa. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan. https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/18142
Yuliastini, N. K. S., Dharma, I. (2020). Penerapan media bimbingan konseling untuk meningkatkan keterampilan guru BK dalam memberikan layanan pendidikan seks terhadap peserta didik. International Journal of Community Service Learning. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL/article/view/25055
Zen, E. F., & Atmoko, A. (2015). Bimbingan Konseling untuk Multikultural di Sekolah. Elang Mas dan Universitas Negeri Malang.
Zimmerman, B. J. (1989). A social cognitive view of self regulated academic learning. Journal of Educational Psychology, 81(3), 329–339.
Zuhara, S. M., Rahmawati, R., & Handoyo, A. W. (2021). Pengaruh teknik token ekonomi terhadap perilaku belajar siswa untuk mengurangi perilaku off task. Sistema: Jurnal Pendidikan, 02(02), 9–14.
Copyright (c) 2024 Ridwan Syahran, , Mardi Lestari, Munifah Munifah, Azam Arifyadi, Dian Fitriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).