SUMBANGAN FASILITAS BELAJAR DAN PENDAKIAN BUKIT JABAL, DUSUN SUMBERBENDO, MALANG

  • Aulia Rahman Polinema
  • Ayisya Cindy Harifa
  • Anisah Nur Fajarwati
  • Indah Ria Riskiyah
  • Rif’atul Khusniah
  • Yehezkiel Septian Yoganata
Keywords: sumbangan, alat-alat pendakian, fasilitas belajar

Abstract

Dusun Sumberbendo terletak di Desa Kucur, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Dusun ini terletak tepat di kaki Bukit Jabal (1470 Mdpl) atau yang puncaknya juga dikenal sebagai Gunung Malang (1718 Mdpl). Mayoritas warganya berprofesi sebagai tani dan menggarap perkebunan yang membentang sampai lereng Bukit Jabal, yang masih termasuk gugusan pegunungan Putri Tidur, diantaranya Gunung Kawi, Buthak, sampai Panderman. Semenjak pandemi Covid 19, dusun ini mulai ramai dikunjungi para pendaki dan pencinta alam untuk mencoba tracking di Bukit Jabal, dikarenakan pendakian gunung-gunung lainnya di Malang masih ditutup. Mulai saat itulah fasilitas pendakian mulai dibenahi, namun masih sangat minim dari standart keamanan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bermaksud menyumbang alat-alat pendakian yang sesuai standar keamanan, seperti tenda, tracking pole, nasting makan, dan headlamp untuk pendakian malam. Tidak hanya pendakian, di Dusun Sumberbendo juga aktif diadakan sanggar belajar dan TPQ oleh pemuda-pemuda setempat untuk membina anak-anak usia Sekolah Dasar. Pengabdian ini juga bertujuan menyumbang alat-alat belajar untuk mereka agar kegiatan belajar dan TPQ semakin kondusif.

References

Adiyuwono, N.S. (2002). Survival, Teknik Bertahan Hidup Di Alam Bebas. Bandung: Penerbit Angkasa.

Atlas Medical Pioneer & Wanadri. (2000). Penanganan Kegawatdaruratan Pada Kegiatan Alam Terbuka; Simposium Nasional, Bandung.

Badan Pendidikan Dan Latihan Mapaligi. (2003). Materi Dasar Perencanaan Perjalanan. Bandung: Mapaligi.

Badan Pendidikan Dan Latihan Wanadri. (1993). Diktat Manajemen Ekspedisi. Bandung: Wanadri.

Puriadi, Joko Glemboh. & Shigeru, Kodama. Prayitno (Ed). (2003). Panduan Pendakian Gunung Di Jawa. Malang: CV. Trijaya Abadi.

Wijaya, Harry & Wijaya, Christian. (2005). Jejak Sang Petualang. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Published
2024-01-21