PENDAMPINGAN PERENCANAAN KEUANGAN BAGI IBU RUMAH TANGGA DI KECAMATAN GROGOL SUKOHARJO

  • Ari Susanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
  • Era Trianita Saputra Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
  • Astuning Saharsini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
  • Dewi Ika Octavia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
  • Arif Farida Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
  • Nimas Vian Ayu Pratama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
Keywords: keuangan rumah tangga, pengelolaan keuangan, perencanaan keuangan, pengalokasian dana

Abstract

Ibu rumah tangga memiliki banyak hal yang harus dipersiapkan dan dipertimbangkan dalam mengelola keuangan rumah tangga. Keinginan serta gaya hidup menjadi salah satu faktor seseorang salah dalam mengelola pemasukan dan pengeluaran dana, terutama bagi yang sudah berkeluarga sering kali kesalahan dalam menentukan skala prioritas pengeluaran rumah tangga. Permasalahan tersebut membutuhkan strategi berupa pendampingan pengelolaan keuangan bagi ibu rumah tangga yang memiliki usaha sendiri, sehingga permasalahan dalam mengelola keuangan dapat teratasi dengan baik. Metode yang dilakukan menggunakan Action Research dengan memberikan pemahaman dan pelatihan pengelolaan keuangan rumah tangga dan keuangan usaha. Tahapan-tahapan yang dilakukan, antara lain 1) Tahap persiapan ; 2) Identifikasi Masalah ; 3)  Pelaksanaan kegiatan pengabdian yang diikuti oleh 5 orang peserta ibu-ibu rumah tangga di kecamatan Grogol Sukoharjo ; 4) Tahap evaluasi dan penutup ; 5) Umpan balik. Hasil dari pengabdian ini adalah 1) Peserta pendampingan dapat menerapkan secara konsisten perencanaan keuangan, pengalokasian dana masuk dan keluar sesuai persentase tertentu, pengelolaan dana usaha ; 2) Peserta pendampingan sangat antusias dan merasa terbantu terhadap pelatihan pengelolaan keuangan yang telah diberikan tim pengabdian ; 3) Terciptanya pengelolaan keuangan rumah tangga yang sehat dan jelas karena tercatat dan terbukukan dengan baik.

References

Badrunsyah, B., & Cahyono, S. (2019). Penyuluhan tentang manajemen keuangan keluarga di RW 06 kelurahan Cipayung Jakarta Timur. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat (Pamas), 3(1), 1–9. https://doi.org/10.52643/pamas.v3i1.372

Farida, A., Pamikatsih, T. R., & Atik, L. (2022). Pelatihan perhitungan persediaan dan pembukuan sederhana untuk UMKM di pokdarwis Manua Tirta Ponggok Polanharjo Klaten. Jurnal Pengabdian Masyarakat DIMASETA, 1(01), 14–20.

Hariani, S., Yustikasari, Y., & Akbar, T. (2019). Pelatihan pengelolaan keuangan rumah tangga bagi ibu-ibu rumah tangga di Cengkareng Barat wilayah Jakarta Barat. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 15–22. https://doi.org/10.36407/berdaya.v1i1.100

Hendriyani, I. G. A. D. (2023). Menparekraf dorong pelaku UMKM kembangkan usahanya hingga level korporasi. Siaran Pers Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif. https://www.kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-menparekraf-dorong-pelaku-umkm-kembangkan-usahanya-hingga-level-korporasi

Hidayat, W. W., & Winarso, W. (2022). Pendampingan perencanaan keuangan dengan IFPE, menuju kesejahteraan. JAMEB: Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis, 2(2), 34–40.

Ismunawan, I. (2022). Apa penting pembukuan di UKM? Study kasus pada unit usaha / UKM PPS Adh-Dhuhaa Gentan, Baki , Sukoharjo. Jurnal Pengabdian Masyarakat STIE Surakarta, 1(1), 28–33. https://doi.org/10.56456/dimaseta.v1i1.5

Ratnasari, S. L., Susanti, E. N., Nasrul, H. W., Tanjung, R., & Sutjahjo, G. (2021). Pkm mengelola keuangan rumah tangga pada ibu-ibu di Kecamatan Sagulung kota Batam untuk menuju keluarga sejahtera. Jurnal KeDayMas: Kemitraan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 35–40.

Saharsini, A., Ari, S., Saputra, E. T., Istiyanto, B., Liliyan, A., & Tania, S. R. (2023). Peningkatan akuntabilitas dan transparansi informasi keuangan sebagai upaya peningkatan sustainability di Batik Kedung Gudel Sukoharjo. Minda Baharu: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 65–76.

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. ALFABETA.

Widodo, Z. D., Zaelani, A., Wijastuti, S., Adiyani, R., Alhusin, S., Choiri, D. U., Tunas, U., Surakarta, P., Kreatif, I., Saring, C., & Manual, S. (2023). Pelatihan manajemen sumber daya manusia (SDM) dalam meningkatkan kualitas (SDM) pada industri kreatif cetak saring sablon manual. Ganesha: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 137–142.

Published
2024-01-21