PSIKOEDUKASI LITERASI KESEHATAN MENTAL PADA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI KOTA PALU

  • Ikhlas Rasido Universitas Tadulako Palu
  • Hasan Hasan Universitas Tadulako
  • Nurwahyuni Nurwahyuni Universitas Tadulako Palu
  • Micha Felayati Silalahi Universitas Tadulako Palu
  • Nur Eka Wahyuningsih Riyadi Universitas Tadulako Palu
Keywords: Psikoedukasi, Literasi Kesehatan Mental, Guru Bimbingan dan Konseling

Abstract

Siswa disekolah tidak lepas dari masalah Kesehatan mental sedangkan guru bimbingan dan konseling merupakan penentu bagi perkembangan kepribadian dan Kesehatan mental siswa. Permasalahannya adalah Guru Bimbingan dan Konseling memiliki sumber daya yang belum optimal dalam memberikan program literasi kesehatan mental bagi siswa. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah mengembangkan literasi kesehatan melalui psikoedukasi pada Guru Bimbingan dan Konseling yang berada dalam wadah Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling di Kota Palu. tahapan Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat meliputi tahapan; 1) Persiapan, 2) Penyebaran kuesioner, 3) Pelaksanaan Psikoedukasi Literasi Kesehatan Mental, 4) Care and Support, dan 5) Monitoring dan Evaluasi. Adapun Hasil dari pengabdian kepada Masyarakat adalah Meningkatnya pengetahuan, kesadaran, keterampilan komunikasi, dan pengurangan stigma negatif tentang kesehatan mental pada guru bimbingan dan konseling di kota palu.

References

Aisyaroh, N., Hudaya, I., & Supradewi, R. (2022). Trend penelitian kesehatan mental remaja di indonesia dan faktor yang mempengaruhi: literature review. Scientific Proceedings of Islamic and Complementary Medicine, 1(1), 41–51. https://doi.org/10.55116/spicm.v1i1.6

Beukema, L., Tullius, J. M., Korevaar, L., Hofstra, J., Reijneveld, S. A., & de Winter, A. F. (2022). Promoting mental health help-seeking behaviors by mental health literacy interventions in secondary education? Needs and perspectives of adolescents and educational professionals. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(19). https://doi.org/10.3390/ijerph191911889

Bishop, D. C., Giles, S. M., & Bryant, K. S. (2005). Teacher receptiveness toward web-based training and support. Teaching and Teacher Education. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0742051X04001155

Dewanto, A. C., Khasanah, K., Isrofah, I. (2023). Edukasi peningkatan kesehatan mental pada remaja karang taruna bina karya remaja desa Sumurjomblangbogo kabupaten Pekalongan. Madaniya. https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/554

Dhyah Yulianti, P., R.Surjaningrum, E., & Sugiharto, D. (2022). The challenges faced by guidance and counseling teachers in developing mental health literacy. KnE Social Sciences, 2022, 362–373. https://doi.org/10.18502/kss.v7i14.11986

Franklin, C. G. S., Kim, J. S., Ryan, T. N., Kelly, M. S., & Montgomery, K. L. (2012). Teacher involvement in school mental health interventions: A systematic review. Children and Youth Services Review, 34(5), 973–982. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2012.01.027

Gladding, S. T. (2012). Konseling: Profesi yang Menyeluruh, edisi Keenam. Jakarta: Indeks. 2012.

Gloriabarus. (2022). Hasil Survei I-NAMHS: Satu dari Tiga Remaja Indonesia Memiliki Masalah Kesehatan Mental. https://ugm.ac.id/id/berita/23086-hasil-survei-i-namhs-satu-dari-tiga-remaja-indonesia-memiliki-masalah-kesehatan-mental/

Hasan, Sugiharto, D. Y. P., & Sunawan. (2019). Group counseling with self instruction technique to enhance self efficacy and reduce academic burnout. Jurnal Bimbingan Konseling, 8(1), 91–96. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/27663 Group

Jorm, A. F. (2000). Mental health literacy: Public knowledge and beliefs about mental disorders. The British Journal of Psychiatry, 177(5), 396–401. https://doi.org/10.1192/bjp.177.5.396

Jorm, A. F. (2012). Mental health literacy: Empowering the community to take action for better mental health. American Psychologist, 67(3), 231–243. https://doi.org/10.1037/a0025957

Kemenkes RI. (2018). Hasil riset kesehatan dasar tahun 2018. Kementerian Kesehatan RI, 53(9), 1689–1699.

Kutcher, S., Wei, Y., & Morgan, C. (2016). Mental health literacy in post-secondary students. Health Education Journal. https://doi.org/10.1177/0017896915610144

Mahmudah, I. (2023). Pendampingan penyusunan kurikulum operasional madrasah di MIS Nahdlatul Ulama. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(8), 873–879.

Neukrug, E. S. (2015). The world of the counselor: An introduction to the counseling profession. Cengage Learning.

Paksi, A. K., Badruzaman, I., Ilham, M., & Iswari, R. D. (2022). Pengembangan wisata Sendang Pengilon di desa Hargomulyo, Kokap, Kulon Progo. Abdimas Galuh, 4(2), 779–788.

Prayitno, E. A. (2009). Dasar-dasar dan bimbingan konseling. In Jakarta: PT Rineka Cipta.

Prayitno, E., Tarigan, N., Sukmawaty, W., & Mauidzoh, U. (2022). Kebangkitan UMKM pasca pandemi Covid-19. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 4787–4794. https://www.bajangjournal.com/index.php/J-ABDI/article/view/3641/2684

Semchuk, J. C., McCullough, S. L., Lever, N. A., Gotham, H. J., Gonzalez, J. E., & Hoover, S. A. (2023). Educator-informed development of a mental health literacy course for school staff: Classroom well-being information and strategies for educators (Classroom WISE). International Journal of Environmental Research and Public Health, 20(1). https://doi.org/10.3390/ijerph20010035

Silalahi, M., Munifah, M., Fitriani, D., & Hasan, H. (2023). Students’ academic burnout during limited face-to-face learning process in Sigi Regency. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 10(1), 53–58. https://doi.org/10.24042/kons.v10i1.13967

Sumaningrum, N. D., Km, S., & Kkk, M. (2022). Edukasi Kesehatan Mental Remaja Pada Guru BK SMK Kabupaten Mojokerto ( Stres Belajar ). 36–42.

Suryanti, H. H. S., & Kusumaningtyas, L. E. (2023). Pelatihan Keterampilan Menjaga Kesehatan Mental Melalui Strategi Psiko-Edukatif Remaja Panti Asuhan Putri Aisyiah II Kadipiro, Banjarsari, Surakarta. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 118-130. https://pbsi-upr.id/index.php/Faedah/article/view/284

Yulianti, P. D., Surjaningrum, E. R., Sugiharto, D. Y. P., & Hartini, N. (2021). Mental healthy literacy of teachers: a systematic literature review. Journal of Educational, Health and Community Psychology, 10(2), 339. https://doi.org/10.12928/jehcp.v10i2.20512

Published
2024-01-21