PENDAMPINGAN ANGGOTA PPK DALAM UPAYA MENURUNKAN TINGKAT STUNTING DI DESA PUNTUKREJO KECAMATAN NGARGOYOSO KABUPATEN KARANGANYAR

  • Winarti Winarti Universitas Slamet Riyadi
  • Aris Triharyanto Universitas Slamet Riyadi
  • Budiman Widodo Universitas Slamet Riyadi
Keywords: -

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat dengan judul: Pendampingan Anggota PKK dalam Upaya menurunkan tingkat stunting di DesaPuntuk Rejo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar.  Stunting adalah masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak. Stunting merupakan ancaman utama terhadap kualitas manusia di Indonesia, juga merupakan ancaman terhadap kemampuan daya saing bangsa. Hal ini dikarenakan anak stunted, bukan hanya terganggu pertumbuhan fisiknya (bertubuh pendek/kerdil) saja, melainkan juga terganggu perkembangan otaknya, yang mana tentu akan sangat mempengaruhi kemampuan dan prestasi di sekolah, produktivitas dan kreativitas di usia-usia produktif. Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah tercatat ada 1.603 kasus stunting pada sekitar bulan Oktober tahun 2022, atau 3,33 persen dari 42.203 balita. Dan untuk wilayah Kabupaten Karanganyar terutama di beberapa Kecamatan, menjadi prioritas penanganan karena dinilai tingkat stuntingnya tinggi. bahkan menunjukkan adanya peningkatan.   Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Slamet Riyadi ini, melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat dengan tiga kegiatan yaitu : Penyuluhan, Pelatihan terhadap Ibu-ibu PKK tentang makanan dan lingkungan sehat dan Pendampingan kepada ibu hamil dan pasca melahirkan  desa Puntuk Rejo.Dengan kegiatan  Pengabdian kepada Masyarakat ini, dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang asupan gizi, makanan dan lingkungan yang sehat, khususnya bagi ibu hamil dan pasca ibu melahirkan sampai bayi berumur 2 tahun. Sehingga ibu-ibu anggota PKK dapat ikut mengurangi tingkat angka stunting di desa Puntukrejo, Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar.

References

KemenKes. 2018. Buletin stunting. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Anwar, F., Khomsan, A., & Mauludyani, A. 2014. Masalah dan solusi stunting akibat kurang gizi di wilayah pedesaan. Bogor: PT Penerbit IPB Press.
Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan. 2017. 100 kabupaten/kota prioritas untuk intervensi anak kerdil (stunting). Jakarta: Sekertariat Wakil Presiden RI.
Charles, W., dan Schmidt. 2014. Beyond malnutrition, the role of sanitation in stunted growth. Environmental Health Perspectives, 122(11), 298-303.
Hasdianah, H, S, Siyoto, & Peristyowati. 2014. Gizi pemanfaatan gizi, diet dan obesitas. Yogyakarta: Nuha Medika.
Berita Kominfo https://www.kominfo.go.id Tanggal 06 – 07- 2023 diakses tanggal 9 Januari 2024 pkl.20.13.
Published
2024-01-21