PERANAN PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK DALAM MENINGKATAN MUTU BELAJAR PADA ANAK-ANAK SB KUBU GAJAH
Abstrak
Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bermitra dengan PTMA bertempat di Dekat Kampung Kubu Gajah, Shah Alam, Selanggor, Malaysia. Terdapat beberapa siswa Sanggar Belajar Kubu Gajah kegiatan yang dilaksanakan bersama dengan mitra adalah perkenalan permainan tradisional engklek untuk meningkatkan mutu belajar Metode aplikasi kegiatan ini yaitu dilaksanakan atas kesepakatan bersama pihak pengelola Sanggar Belajar Kubu Gajah yang didasari oleh permintaan kami dari para mahasiswa untuk melaksanakan pengabdian. Kegiatan pengenalan ini dilaksanakan . Di sekitar Sanggar Belajar Kubu Gajah yaitu Aman Putri PlaygroundMetode introduksi tersebut berbentuk praktek mengenai permainan tradisional Engklek Adapun hasil yang dicapai dalam kegiatan permainan tradisional engklek tersebut yaitu;(1) memberikan pembelajaran yang menyenangkan sehingga anak- anak mendapat motivasi melakukan pembelajaran anak-anak Sanggar Belajar Kubu Gajah memiliki kebugaran jasmani yang lebih bugar. (2) pembelajaran anak-anak Sanggar Belajar Kubu Gajah memiliki kebugaran jasmani yang lebih bugar.. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah agar para anak-anak mendapatkan pendidikan yang bisa menunjang kehidupan anak dimasa depan.
Referensi
Andi, A. S., Jumain, J., Kamarudin, K., & Kandupi, A. D. K. (2022). Pelatihan, Kebugaran Jasmani, Atlet dan Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 10(1), 37-42
Anggrayni, R., Lenny, L., Risman, V., & Watini, S. (2023). Implementasi Model Atik Dalam Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Permainan Engklek di TKIT Bunga Mufiidah. Aksara: Jurnal Ilmu …, 09(January), 761–768.
Cahyati Ngaisah, N., Iftaqul Janah, A., Nur Azizah, S., Fitriyani, F., Fajarrini, A., Munawarah, M., & Maulida, N. (2023). Permainan Tradisional Engklek sebagai Upaya Mengembangkan Motorik Kasar Anak Tunagrahita. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 74-85
Darmawan, I. (2017). Upaya meningkatkan kebugaran jasmani siswa melalui penjas. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 7(2), 143-154.
Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida journal, 5(2), 172-182.
Indarto, P. (2014). Modifikasi fasilitas sport court multi fungsi dalam pembelajaran pendidikan jasmani untuk sekolah dasar di Kota Surakarta. Indonesian Journal of Sports Science, 1(1), 218333.
Indarto, P., Subekti, N., & Sudarmanto, E. (2018). Pengukuran Tingkat Minat dengan Bakat Mahasiswa Pendidikan Olahraga Universitas Muhammadiyah Surakarta. JSES : Journal of Sport and Exercise Science.
Indriyani, D., Muslihin, H. Y., & Mulyadi, S. (2021). Manfaat Permainan Tradisional Engklek dalam Aspek Motorik Kasar Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 349.
Kamilah, I., & Yenita, R. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Gerak Lokomotor Melompat di Taman Kanak-Kanak Islam Nurul Hikmah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 21439-21446.
Kusumadinata, A. A., Adelia, A., Trihidayani, F., Islmaniati, D. R., Laila, H. N. A., Yusuf, I. M., … Salafy, R. R. T. (2023). Permainan Tradisional Anak Dalam Mengisi Kegiatan KKN Tematik. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(4), 333–339.
Nurhayati, M., & Susanto, A. (2021). MENURUNKAN BERAT BADAN PADA WANITA USIA SUBUR (WUS) MELALUI SENAM AEROBIK DI DESA CIKONENG KECAMATAN SUKAHAJI KABUPATEN MAJALENGKA. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 720–723.
Prawira, A. Y., Prabowo, E., & Febrianto, F. (2021). Model Pembelajaran Olahraga Renang Anak Usia Dini: Literature Review. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 300-308.
Pujiriyanto, P. (2021). Pembelajaran menyenangkan sebagai upaya menanggulangi pandemi Covid-19. Epistema, 2(1), 1-10.
Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Rasyidi, A. H., Dassucik, D., Agusti, A., & Bahri, S. (2023). Upaya peningkatan kesehatan dan kebugaran jasmani melalui olahraga di balai desa kedungdowo kecamatan arjasa situbondo. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(11), 6979-6986.
Risnawati, R. (2022). Sosialisasi Kebugaran Jasmani Di Smp Lab. Shool Stkip Muhammadiyah Arar Kabupaten Sorong: Jurnal Pengabdian. Jurnal Pengabdian Olahraga Singaperbangsa, 2(02), 39-42
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).