STOP BULLYING UNTUK MENCIPTAKAN RUANG TUMBUH YANG POSITIF DI SDN PARIGI 1, 3 DAN 4
Abstract
Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama masa studi. Program KKN ini difokuskan pada sosialisasi mengenai "Stop Bullying" dengan tujuan menciptakan ruang tumbuh yang positif dan bebas bullying di SDN Parigi 1, 3, dan 4. Melalui pendekatan holistik dan partisipatif, sosialisasi ini mencakup pemahaman tentang definisi bullying, identifikasi lokasi terjadinya, serta bentuk-bentuk bullying yang sering terjadi di lingkungan sekolah dasar. Selain itu, program ini juga menekankan pada pentingnya penanganan bullying yang efektif serta implementasi strategi sosialisasi yang melibatkan seluruh komponen sekolah, termasuk siswa, guru, dan orang tua. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat membangun kesadaran dan komitmen bersama dalam mencegah dan menangani bullying, sehingga tercipta lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan mendukung perkembangan positif bagi semua siswa.
References
Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. Prentice-Hall.
Capra, F. (1997). The Web of Life: A New Scientific Understanding of Living Systems. Anchor Books.
Cornwall, A., & Jewkes, R. (1995). What is Participatory Research? Social Science & Medicine, 41(12), 1667-1676.
Eisenberg, N., & Lennon, R. (1983). Sex Differences in Empathy and Related Capacities. Psychological Bulletin, 94(1), 100-131
Epstein,J.L.(1995).School/Family/CommunyPartnerships: Caring for the Children We Share. Phi Delta Kappan, 76(9), 701-712.
Olweus, D. (1993). Bullying at school: What we know and what we can do. Blackwell Publishing.
Pretty, J. N. (1995). Participatory Learning for Sustainable Agriculture. World Development, 23(8), 1247-1263.
Pretty, J. N. (1995). Participatory Learning for Sustainable Agriculture. World Development, 23(8), 1247-1263.
Prochaska, J. O., & DiClemente, C. C. (1983). Stages and Processes of Self-Change of Smoking: Toward an Integrative Model of Change. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 51(3), 390-395.
Rigby, K. (2007). Bullying in Schools: And What to Do About It. ACER Press.Scriven, M. (1991). Evaluation Thesaurus (4th ed.). Sage Publications.
Smith, P. K., & Brain, P. (2000). Bullying in schools: Lessons from two decades of research. Aggressive Behavior, 26(1), 1-9.
Copyright (c) 2025 Nina Chairina, Siti Nur' Aisha, Novia Azzahra, Firda Aulia, Adam Syah Malik, Dede Mulyadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).