PENDAMPINGAN DIGITAL UNTUK UMKM WISATA PANTAI DI DESA BOLIHUTUO KABUPATEN BOALEMO

  • Irawaty Abdul Universitas Negeri Gorontalo
  • Andi Yusniar Mendo Universitas Negeri Gorontalo
  • Boby Rantow Payu Universitas Negeri Gorontalo
  • Selvi Selvi Universitas Negeri Gorontalo
Kata Kunci: Pendampingan Digital, Wisata Pantai, Desa Bolihutuo, Pemasaran Digital, UMKM

Abstrak

Pengembangan pariwisata berbasis masyarakat di desa-desa pesisir menjadi salah satu upaya meningkatkan perekonomian masyarakat. Desa Bolihutuo, dengan potensi wisata pantainya yang menarik, memiliki peluang besar untuk dikembangkan. Namun, UMKM wisata di desa ini masih menghadapi tantangan dalam pengelolaan bisnis, terutama dalam hal pemasaran dan pemanfaatan teknologi digital.Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mendampingi UMKM wisata pantai di Desa Bolihutuo dalam meningkatkan kapasitas digital mereka sehingga mampu bersaing di pasar yang semakin kompetitif. Manfaat yang diharapkan dari kegiatan pendampingan ini adalah peningkatan pendapatan UMKM, perluasan jangkauan pasar, serta peningkatan kualitas layanan wisata. Kebaharuan dari pengabdian ini terletak pada penerapan pendekatan yang terintegrasi antara pelatihan digital, pendampingan teknis, dan pengembangan produk wisata berbasis kearifan lokal. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian ini adalah melalui serangkaian kegiatan pelatihan dan pendampingan yang meliputi pertama, melakukan identifikasi terhadap UMKM wisata. Kedua pelatihan digital marketing. Ketiga pendampingan pembuatan konten media sosial. Keempat pengembangan website atau aplikasi sederhana desa. Kegiatan pendampingan dilakukan secara partisipatif dengan melibatkan aktif para pelaku UMKM.Hasil yang diperoleh dari perogram pengabdian di desa Bolihutuo Kecamatan Botumoito Kabupaten Boalemo adalah menunjukkan bahwa melalui pelatihan dan pendampingan teknologi digital, UMKM wisata pantai di Desa Bolihutuo mengalami peningkatan dalam hal pengetahuan dan keterampilan digital, peningkatan jumlah pelanggan, serta peningkatan pendapatan. Selain itu, kegiatan pendampingan juga berhasil membangun jejaring kerjasama antara UMKM dengan berbagai pihak terkait, seperti pemerintah desa, pelaku wisata lainnya, dan perguruan tinggi.

Referensi

Ahluwalia, L., Nani, D., & Sari, T. (2022). Peningkatan produktivitas umkm melalui pelatihan merk produk dan penyusunan laporan keuangan di pekon panggungrejo, kabupaten pringsewu. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (Jsstcs), 3(1), 38. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i1.1739

Antony, A. (2023). Meningkatkan pemahaman dan keterampilan umkm desa wisata melalui pelatihan penyusunan laporan keuangan sederhana. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(6), 5981. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.19399

Anggraini, R. (2023). Strategi pengembangan potensi wisata sebagai upaya peningkatan eksistensi ekowisata dan meningkatkan ekonomi masyarakat pada desa wisata kampung terih. Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Dan Akuntansi (Jebma), 3(3), 1040-1051. https://doi.org/10.47709/jebma.v3i3.3277

Choirunnisa, I. and Karmilah, M. (2022). Strategi pengembangan pariwisata budaya. Jurnal Kajian Ruang, 2(1), 89. https://doi.org/10.30659/jkr.v2i1.20446

Dewi, S., Dienaputra, R., & Rakhman, C. (2022). Strategi pengembangan pariwisata berkelanjutan di desa lambangjaya. Barista Jurnal Kajian Bahasa Dan Pariwisata, 9(1), 61-71. https://doi.org/10.34013/barista.v9i01.394

Djaro, M., Aprianto, R., Fani, O., Asmarini, S., Rinaryanto, I., & Syukur, A. (2021). Optimalisasi pariwisata dengan memperbaharui lingkungan fisik serta meningkatkan kunjungan wisatawan melalui media promosi guna mengembangkan ekonomi desa ketapang raya, kecamatan keruak, lombok timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan Ipa, 4(3). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i3.897

Handajani, L., Furkan, L., & Rifai, A. (2019). Penggunaan pemasaran digital pada usaha home industry kopi lombok di desa sigerongan kabupaten lombok barat. Abdi Insani, 6(3), 409-421. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v6i3.267.

Hisyam, M. (2023). Pemanfaatan media pemasaran digital: upaya meningkatkan pemasaran produk umkm di pulau panjang, kelurahan sijantung, kecamatan galang, kota batam. Minda Baharu, 7(2), 351-364. https://doi.org/10.33373/jmb.v7i2.5818

Khaerul, (2023). Revitalisasi dan pengelolaan pemasaran wisata pantai nyiur melambai desa lalang sebagai upaya peningkatan wisatawan. semnas-pkm, 1(1), 299-305. https://doi.org/10.35438/semnas-pkm.v1i1.90.

Mumtaz, A. and Karmilah, M. (2022). Digitalisasi wisata di desa wisata. Jurnal Kajian Ruang, 1(1), 1. https://doi.org/10.30659/jkr.v1i1.19790

Nursalam, N., Adang, D., Neolaka, M., Djani, W., & Mau, A. (2022). Kolaborasi pengembangan destinasi wisata pedesaan di kelurahan buraen kecamatan amarasi selatan kabupaten kupang. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 181-188. https://doi.org/10.29303/rengganis.v2i2.238

Rusyidi, B. and Fedryansah, M. (2019). Pengembangan pariwisata berbasis masyarakat. Focus Jurnal Pekerjaan Sosial, 1(3), 155. https://doi.org/10.24198/focus.v1i3.20490

Safitri, A., Salahudin, S., & Sihidi, I. (2021). Tata kelola pengembangan pariwisata: sebuah kajian pustaka terstruktur. Jurnal Ilmu Administrasi Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 18(2), 166-175. https://doi.org/10.31113/jia.v18i2.689

Sofia, L., Hidayat, A., & Zain, M. (2020). Optimalisasi media sosial sebagai sarana promosi wisata pantai asmara. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 5(2). https://doi.org/10.31602/jpaiuniska.v5i2.2814

Tamrin, I., Tahir, R., & Suryadana, M. (2021). Strategi daya tarik wisata alam curug leuwi bumi dalam implementasi sistem reservasi digital. Pusaka Journal of Tourism Hospitality Travel and Business Event, 145-151. https://doi.org/10.33649/pusaka.v3i2.99

Wulandari, D. (2023). Implementasi chatbot menggunakan framework rasa untuk layanan informasi wisata di kota pati. Intecoms Journal of Information Technology and Computer Science, 6(2), 794-801. https://doi.org/10.31539/intecoms.v6i2.7107

Diterbitkan
2025-01-01
Bagian
Articles