MENGGAGAS MASA DEPAN DIGITAL: SOSIALISASI WORDPRESS DAN PEMBANGUNAN APLIKASI UNTUK TK
Abstract
Website sangat penting bagi Taman Kanak-Kanak karena memudahkan akses informasi, hingga akuntabilitas sekolah. Metode penelitian ini melibatkan survei untuk mengumpulkan kebutuhan digital, desain dan pembangunan website dengan WordPress yang ramah pengguna, pelatihan untuk staff dan orang tua, serta monitoring dan evaluasi untuk menilai efektivitas. Proses sosialisasi manusia menurut George Herbert Mead dihubungkan dengan pengembangan website, menunjukkan bagaimana teknologi mempengaruhi proses sosialisasi dalam era digital. Hasil pengabdian menunjukan bahwa dalam konteks sosial dan budaya, website mendukung tahapan sosialisasi anak-anak TK dari persiapan, peniruan, siap bertindak, hingga penerimaan norma kolektif. Ini menunjukkan peran penting website dalam pendidikan dan sosialisasi anak usia dini, menggambarkan transisi dari yang fisik ke dunia digital, sesuai dengan dinamika zaman. Website TK-IT Al Binaa menjadi alat penting dalam mendukung proses belajar dan sosialisasi anak, menegaskan nilai-nilai pendidikan dan interaksi sosial yang positif. Website TK-IT Al Binaa telah memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan akses informasi dan komunikasi dalam komunitas sekolah. Website ini menerima ulasan positif pada Oktober 2024 untuk antarmuka, akses, dan konten yang relevan, menghadapi saran untuk menyempurnakan tata letak dan fitur, namun diharapkan peningkatan fungsi akan lebih meningkatkan efektivitasnya sebagai sarana komunikasi. Partisipasi mahasiswa dalam pengembangan dihargai, mencerminkan peluang pengembangan keterampilan dan pengguna menunjukkan respon sangat positif.
References
Adhillah, A., Sadiyah, N., & Zaky, R. (2023). Impact Of The Development Of The Internet On Students’ Learning Achievement (Case Study At SMA Muhammadiyah Sawangan). Educate: Journal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 1(3), 309–318. https://doi.org/10.56114/edu.v1i3.415
Alim, M. R. (2023). The Development of Online Learning Website Based On CMS JCOW As A History Learning Media. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 17(2), 205–214. https://doi.org/10.52048/inovasi.v17i2.445
Arif Fadlullah, Amelia Manda Sari, Wahdana, Farhan Muhammad Nabil, Devi Sarmilah Chomariah, Widya Ambarwati, & Muhammad Irfan. (2024). Edukasi Teknologi dan Literasi Digital kepada Siswa SMP Negeri 12 Tarakan. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 509–523. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i2.1574
Fahrina, D. Y., Syafaruddin, S., Iyakrus, I., Usra, M., Bayu, W. I., & Yusfi, H. (2023). Analysis of the Need for Development of Website-Based Physical Education Learning Media for Elementary Schools. COMPETITOR: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 15(3), 599. https://doi.org/10.26858/cjpko.v15i3.53363
Hammad, R., Anas, A. S., Irfan, P., Amrullah, A. Z., Zulfikri, M., Primajati, G., & Lestari, R. U. A. (2022). Pembuatan Website Sekolah Sebagai Media Informasi dan Promosi. Bakti Sekawan?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 22–26. https://doi.org/10.35746/bakwan.v2i1.216
Haryono, W., Thoyyibah, T., Puspitasari, T., Maulida, R., & Hardi, T. (2021). Pelatihan Pembuatan Dan Pengelolaan Website Sebagai Sarana InformasiPada Madrasah Tsanawiyah Al Fatah Mandiri Jakarta. JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat, 2(1), 126–134. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JAMAIKA/article/download/9365/6770
Kholidi, A. K., Irwan, & Faizun, A. (2022). Interaksionisme Simbolik George Herbert Mead di Era New Normal Pasca Covid 19 di Indonesia. At-Ta’Lim, 2(1), 1–12.
Laugi, S. (2020). Use of Websites in School Management: An Effort to Build School Readiness in the Era of 4.0. Shautut Tarbiyah, 26(2), 174. https://doi.org/10.31332/str.v26i2.2360
Losada-Puente, L., Fraguela-Vale, R., & Facal, A. (2024). Measuring School Well-Being in Primary Education: A Systematic Review. International Electronic Journal of Elementary Education , 16(5), 545–559. https://doi.org/10.26822/iejee.2024.352
Phumeechanya, N., & Soonthara, S. (2023). The Development of Engineering Design Process on Web Application Learning Model to Enhance Web Programming Skills for Computer Education Students. International Journal of Information and Education Technology, 13(10), 1573–1581. https://doi.org/10.18178/ijiet.2023.13.10.1964
Rizal, A., Khoirur Roziqin, M., Abdul Jalil, W., Septia Firdaus, T., Laila Mufidah, M., & A Wahab Hasbullah, U. K. (2024). Pembuatan Dan Pengelolaan Website Desa Sebagai Media Informasi di Era Digital di Desa Tejo. 5(1), 2774–7921.
Rizky, D., Karnati, N., & Supadi, S. (2022). Management of Educational Facilities and Infrastructure in Islamic Junior High School. Journal of Education Research and Evaluation, 6(1), 26–35. https://doi.org/10.23887/jere.v6i1.37070
Sari, S. N., Muhfidin, R., Prastowo, R., Puspitasari, S. P., & Kurniawan, T. (2023). Pelatihan Pembuatan Website Untuk Peningkatan Aspek Pemasaran Pada Guwosari Training Center. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(4), 1517–1525. https://doi.org/10.33379/icom.v3i4.3203
Wahyudin, Maulana, F. R., Faisol, M., Yolanda, & Zuraidah, E. (2021). Aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat Rukun Tetangga 02 Kelurahan Kalibaruberbasis Website. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 14–21. https://djournals.com/jpm/article/download/207/138
Copyright (c) 2025 Cindy Amelia Prameswari, Nur Salamah Azzahrah, Putri Fisichella Chasannove, Rizky Afriza Rosal Fino, Garno Garno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).