PEMBERIAN LAYANAN INFORMASI DENGAN TEKNIK GAME BASE LEARNING (THE MARINA DANCE) UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR PADA SISWA MADRASAH JA-ALHAQ KOTA BENGKULU
Abstract
Pemberian layanan informasi dengan menggunakan permainan the marina dance untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa ini dilakukan karena adanya keluhan dari beberapa guru yang mengatakan bahwa terdapat siswa yang tidak konsentrasi dalam belajar. Bimbingan dan konseling memberikan pelayanan untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa dengan menggunakan game based learning sehingga pelayanan menarik dan materi konsentrasi belajar pun dapat diterima oleh siswa, sehingga diharapkan konsentrasi belajar siswa meningkat. Dengan game based learning, membuat siswa senang dan menikmati, akan tetapi tidak menghilangkan esensi dari materi yang diberikan. Hasil pengabdian membuktikan bahwa sebelum diberi layanan informasi, konsentrasi siswa berada pada tinggat rendah dan setelah diberi pelayanan membuat konsentrasi siswa berada pada kategori tinggi. Hendaknya konsentrasi belajar ini tidak hanya ketika pelaksanaan layanan saja, akan tetapi terus dibawa kepada mata pelajaran lain. Selain itu, ketika disela-sela belajar dapat dilakukan secara mandiri oleh siswa.
References
Andriana, E., Rokmanah, S., & Aprilia, L. (2023). Analisis tingkat konsentrasi belajar peserta didik dalam proses pembelajaran di sd negeri tembong 2. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 7(1), 1-5. DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.7.1.1-5
Caesarridha, D. K. (2021). Hubungan kualitas tidur dengan konsentrasi belajar pada mahasiswa Fakultas Kedokteran di masa pandemi COVID-19. Jurnal Medika Hutama, 2(04 Juli), 1213-1217.
Habibah, I. L. (2024). Telaah Konsep Pembelajar Sepanjang Hayat Dari Sudut Pandang Al-Quran Dan Merdeka Belajar. JIPI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 3(1), 78-87. Doi: https://doi.org/10.58788/jipi.v3i1.4199
Hartini, A. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Konsentrasi Belajar Siswa Kelas V Di SDN Nusa Indah Kabupaten Tanah Laut. EduCurio: Education Curiosity, 1(1), 7-13.
Margiathi, S. A., Lerian, O., Wulandari, R., Putri, N. D., & Musyadad, V. F. (2023). Dampak Konsentrasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Primary Edu, 1(1), 61-68.
Tanjung, N. H. (2023). Peran Layanan Informasi Dalam Mengatasi Stres Akademik Siswa Di Mas Al Asy’Ariyah Medan Krio. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 53-60. DOI: https://doi.org/10.56832/pema.v3i2.353
Copyright (c) 2025 Adif Jawadi Saputra, Rita Sinthia, Arsyadani Misbahuddin, Erwin Aryanto, Liza Qonaah, Firda Dwi Fiola

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).