OPTIMASI VIDEO PROMOSI DAN MEDIA BRANDING GUNA MENINGKATKAN VISIBILITAS UMKM “AZ CATERING”
Abstract
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan visibilitas melalui video promosi dan media branding untuk usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) “AZ Catering” yang berada di Kelurahan Pakal, Surabaya, Jawa Timur. Penggunaan video promosi dan media branding menjadi poin penting untuk membangun branding yang kuat bagi sebuah UMKM untuk bersaing pada era digitalisasi. Namun bagi pelaku UMKM, digital branding memiliki tantangan tersendiri, karena kurangnya pemahaman dan kemampuan yang memadai terkait penggunaan teknologi digital. Sehingga penelitian ini dilakukan dengan metode melalui wawancara langsung, tahap observasi, dan tahap pendampingan langsung kepada pelaku usaha yang bersangkutan. Dengan metode tersebut, memperoleh capaian hasil bahwa pelaku UMKM “AZ Catering” memerlukan adanya perkembangan usaha melalui video promosi, pembuatan banner, dan google maps untuk memperluas jangkauan pasar penjualan produk.
References
Sari, Wulan Purnama, Zhafirah Sholihah, and Felicia Masali. "Digital Branding UMKM Melalui Komunikasi Visual." Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat 8.2 (2023): 129-134.
Barus, Dariz Radyananda, et al. "Tantangan dan Strategi Pemasaran UMKM di Era Teknologi dan Digitalisasi." Journal of Creative Student Research 1.6 (2023): 357-365.
Timothy, Yerrica Betrin Varian, and Rizky Dermawan. "Penggunaan Banner untuk Peningkatan Kesadaran Merek Pada UMKM Bakoel Kue Medokan Ayu Kota Surabaya." Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara 5.2 (2024): 1893-1897.
Afrizal Aziz, S. E., et al. "Analisis Pendapatan UMKM Pada Kebab Blastfood Dengan Adanya Pandemi Covid 19 di Daerah Tajur." (2023).
Fitriani, Vina Nur. "ANALISIS PENDAPATAN UMKM PADA KEBAB BLASTFOOD DENGAN ADANYA PANDEMI COVID 19 DI DAERAH TAJUR." (2022).
(Hartanto, Persaingan Usaha di Sektor UMKM dengan Dukungan Ekonomi Digital Menjadi Penopang Pertumbuhan Ekonomi Nasional” )
Copyright (c) 2025 Ega Rifa Ristiana, Hery Pudjoprastyono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).