OPTIMASI VIDEO PROMOSI DAN MEDIA BRANDING GUNA MENINGKATKAN VISIBILITAS UMKM “AZ CATERING”

  • Ega Rifa Ristiana Universitas Pembangunan "Veteran" Jawa Timur
  • Hery Pudjoprastyono Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
Keywords: Keywords: MSME, Branding, Promotional Videos, Banners, Google Maps, Sales Strategies.

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan visibilitas melalui video promosi dan media branding untuk usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) “AZ Catering” yang berada di Kelurahan Pakal, Surabaya, Jawa Timur. Penggunaan video promosi dan media branding menjadi poin penting untuk membangun branding yang kuat bagi sebuah UMKM untuk bersaing pada era digitalisasi. Namun bagi pelaku UMKM, digital branding memiliki tantangan tersendiri, karena kurangnya pemahaman dan kemampuan yang memadai terkait penggunaan teknologi digital. Sehingga penelitian ini dilakukan dengan metode melalui wawancara langsung, tahap observasi, dan tahap pendampingan langsung kepada pelaku usaha yang bersangkutan. Dengan metode tersebut, memperoleh capaian hasil bahwa pelaku UMKM “AZ Catering” memerlukan adanya perkembangan usaha melalui video promosi, pembuatan banner, dan google maps untuk memperluas jangkauan pasar penjualan produk.

 

 

 

References

Sari, Wulan Purnama, Zhafirah Sholihah, and Felicia Masali. "Digital Branding UMKM Melalui Komunikasi Visual." Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat 8.2 (2023): 129-134.

Barus, Dariz Radyananda, et al. "Tantangan dan Strategi Pemasaran UMKM di Era Teknologi dan Digitalisasi." Journal of Creative Student Research 1.6 (2023): 357-365.

Timothy, Yerrica Betrin Varian, and Rizky Dermawan. "Penggunaan Banner untuk Peningkatan Kesadaran Merek Pada UMKM Bakoel Kue Medokan Ayu Kota Surabaya." Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara 5.2 (2024): 1893-1897.

Afrizal Aziz, S. E., et al. "Analisis Pendapatan UMKM Pada Kebab Blastfood Dengan Adanya Pandemi Covid 19 di Daerah Tajur." (2023).

Fitriani, Vina Nur. "ANALISIS PENDAPATAN UMKM PADA KEBAB BLASTFOOD DENGAN ADANYA PANDEMI COVID 19 DI DAERAH TAJUR." (2022).

(Hartanto, Persaingan Usaha di Sektor UMKM dengan Dukungan Ekonomi Digital Menjadi Penopang Pertumbuhan Ekonomi Nasional” )

Published
2025-01-02