EMPOWERMENT PELAKU UMKM DI KELURAHAN PAKAL MELALUI SOSIALISASI DIGITAL MARKETING

  • Lailil Maqfiroh Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Hery Pudjoprastyono Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
Kata Kunci: Digital Marketing, UMKM, Pemberdayaan

Abstrak

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan hal yang sudah sangat lumrah kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini tidak bisa hanya dipandang sebelah mata saja karena UMKM memberikan kontribusi yang signifikan terhadap banyak aspek di bidang ekonomi, termasuk pertumbuhan ekonomi lokal hingga nasional. Kelurahan Pakal di Surabaya menjadi salah satu daerah yang memiliki berbagai jenis UMKM sedang berjalan. Dalam upaya untuk meningkatkan  daya saing para pelalu UMKM di Kelurahan Pakal, Kelompok Bina Desa Kelurahan Pakal melakukan inisiasi membuat kegiatan “Sosialisasi Digital Marketing” yang bertujuan untuk memberikan pemberdayaan kepada para pelaku UMKM mengenai pentingnya pemasaran berbasis digital di jaman sekarang ini. Selain untuk meningkatkan daya saing, digital marketing juga berguna untuk meningkatkan jangkauan pemasaran yang tentunya sulit dilakukan apabila menggunakan trik pemasaran secara konvensional. Hasil kegiatan ini menunjukkan kecenderungan antusiasme yang lebih tinggi, serta terjadi peningkatan pemahaman pelaku UMKM di Kelurahan Pakal terhadap konsep dan teknik digital marketing, seperti pembuatan konten menarik maupun pemanfaatan media sosial. Kegiatan ini diharapkan memberikan dampak berkelanjutan bagi pengembangan usaha dan kesejahteraan masyarakat di Kelurahan Pakal.

Referensi

Arrizal, N. Z., & Sofyantoro, S. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Kreatif dan UMKM di Masa Pandemi Melalui Digitalisasi. Birokrasi Pancasila : Jurnal Pemerintahan, Pembangunan, dan Inovasi Daerah, 2(1), 39–48. http://jurnal.madiunkab.go.id/ index.php/bp%0Apemberdayaan

Kementerian Koperasi dan UKM. (2021). Laporan Tahunan UMKM.

Mansir, F., & Purnomo, H. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid -19 di UMKM Panggungharjo Sewon Bantul. Abdimas Singkeru, 1(1), 39-50.

Mirfaqo, N. H., Setiawati, A., Agama, I., Negeri, I., & Kediri, I. (2024). Pemberdayaan UMKM Masyarakat Melalui Digital Marketing Di Desa Jajar , Kecamatan Wates , Kabupaten Kediri Community MSME Empowerment Through Digital Marketing in Jajar Village , Wates District , Kediri Regency. 8(1), 52–60.

Sofyan, M. H. P., Maula, K. I., Aliyah, N., Damanhuri, R., Pangestuti, R. S., & Khatimah, H. (2023). Sosialisasi Pentingnya Pengembangan UMKM di Dusun Babakan Banten. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 236–246. https://doi.org/10.32815/jpm.v4i1.1341

Sutinah, S., Suyanto, B., & Prasetyo, R. A. (2020). Pemberdayaan Pelaku Umkm Merespon Pergeseran Karateristik Konsumen di Era Digital. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 4(1), 202. https://doi.org/10.20473/jlm.v4i1.2020.202-207

Suyanto, B., & Prasetyo, R. A. (2020). Pemberdayaan Pelaku Umkm Merespon Pergeseran Karateristik Konsumen di Era Digital. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 4(1), 202. https://doi.org/10.20473/jlm.v4i1.2020.202-207

Turmudhi, A., Ristianawati, Y., Praptitorini, M. D., & Salim, N. (2024). Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi Digital Marketing Sebagai Pengungkit Kinerja UMKM Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi. 3(2), 82–88.

Yusuf, M., Basmar, N. A., Baruch, M. A.-S., Suci, N. A. C. D., & Wulandari, R. (2022). Kegiatan Sosialisasi Digital Marketing Pelaku UMKM Untuk Memberdayakan Ekonomi Masyarakat. Surya Abdimas, 7(1), 34–42. https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i1.220

Diterbitkan
2025-01-02
Bagian
Articles