EMPOWERMENT PELAKU UMKM DI KELURAHAN PAKAL MELALUI SOSIALISASI DIGITAL MARKETING
Abstrak
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan hal yang sudah sangat lumrah kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini tidak bisa hanya dipandang sebelah mata saja karena UMKM memberikan kontribusi yang signifikan terhadap banyak aspek di bidang ekonomi, termasuk pertumbuhan ekonomi lokal hingga nasional. Kelurahan Pakal di Surabaya menjadi salah satu daerah yang memiliki berbagai jenis UMKM sedang berjalan. Dalam upaya untuk meningkatkan daya saing para pelalu UMKM di Kelurahan Pakal, Kelompok Bina Desa Kelurahan Pakal melakukan inisiasi membuat kegiatan “Sosialisasi Digital Marketing” yang bertujuan untuk memberikan pemberdayaan kepada para pelaku UMKM mengenai pentingnya pemasaran berbasis digital di jaman sekarang ini. Selain untuk meningkatkan daya saing, digital marketing juga berguna untuk meningkatkan jangkauan pemasaran yang tentunya sulit dilakukan apabila menggunakan trik pemasaran secara konvensional. Hasil kegiatan ini menunjukkan kecenderungan antusiasme yang lebih tinggi, serta terjadi peningkatan pemahaman pelaku UMKM di Kelurahan Pakal terhadap konsep dan teknik digital marketing, seperti pembuatan konten menarik maupun pemanfaatan media sosial. Kegiatan ini diharapkan memberikan dampak berkelanjutan bagi pengembangan usaha dan kesejahteraan masyarakat di Kelurahan Pakal.
Referensi
Arrizal, N. Z., & Sofyantoro, S. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Kreatif dan UMKM di Masa Pandemi Melalui Digitalisasi. Birokrasi Pancasila : Jurnal Pemerintahan, Pembangunan, dan Inovasi Daerah, 2(1), 39–48. http://jurnal.madiunkab.go.id/ index.php/bp%0Apemberdayaan
Kementerian Koperasi dan UKM. (2021). Laporan Tahunan UMKM.
Mansir, F., & Purnomo, H. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid -19 di UMKM Panggungharjo Sewon Bantul. Abdimas Singkeru, 1(1), 39-50.
Mirfaqo, N. H., Setiawati, A., Agama, I., Negeri, I., & Kediri, I. (2024). Pemberdayaan UMKM Masyarakat Melalui Digital Marketing Di Desa Jajar , Kecamatan Wates , Kabupaten Kediri Community MSME Empowerment Through Digital Marketing in Jajar Village , Wates District , Kediri Regency. 8(1), 52–60.
Sofyan, M. H. P., Maula, K. I., Aliyah, N., Damanhuri, R., Pangestuti, R. S., & Khatimah, H. (2023). Sosialisasi Pentingnya Pengembangan UMKM di Dusun Babakan Banten. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 236–246. https://doi.org/10.32815/jpm.v4i1.1341
Sutinah, S., Suyanto, B., & Prasetyo, R. A. (2020). Pemberdayaan Pelaku Umkm Merespon Pergeseran Karateristik Konsumen di Era Digital. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 4(1), 202. https://doi.org/10.20473/jlm.v4i1.2020.202-207
Suyanto, B., & Prasetyo, R. A. (2020). Pemberdayaan Pelaku Umkm Merespon Pergeseran Karateristik Konsumen di Era Digital. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 4(1), 202. https://doi.org/10.20473/jlm.v4i1.2020.202-207
Turmudhi, A., Ristianawati, Y., Praptitorini, M. D., & Salim, N. (2024). Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi Digital Marketing Sebagai Pengungkit Kinerja UMKM Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi. 3(2), 82–88.
Yusuf, M., Basmar, N. A., Baruch, M. A.-S., Suci, N. A. C. D., & Wulandari, R. (2022). Kegiatan Sosialisasi Digital Marketing Pelaku UMKM Untuk Memberdayakan Ekonomi Masyarakat. Surya Abdimas, 7(1), 34–42. https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i1.220
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).