PELATIHAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DI SMA NEGERI 2 LUMAJANG

  • Arif Hidayatul Khusna Universitas Muhammadiyah Malang
  • Baiduri Baiduri Universitas Muhammadiyah Malang
  • Alfiani Athma Putri Rosyadi Universitas Muhammadiyah Malang

Abstract

Kurikulum merdeka didesain lebih adaptif berfokus pada materi yang esensial berbasis pada pengembangan karakter dan kemampuan peserta didik. Pembelajaran berbasis proyek atau lebih dikenal sebagai project-based learning (PjBL) menjadi sistem pembelajaran utama pada kurikulum merdeka ini. Penerapan pembelajaran berbasis PjBL tentu memerlukan beberapa kesiapan terutama dari pihak guru sebagai fasilitator utama dalam pembelajaran. Perangkat pembelajaran merupakan hal utama yang perlu dipersiapkan oleh guru. Berdasarkan hasil wawancara dengan pihak sekolah, guru di SMA Negeri 2 Lumajang mengalami kesulitan dalam menyusun perangkat pembelajaran berbasis PjBL. Dengan demikian, pengabdian dilaksanakan bagi guru di SMA Negeri 2 yang belum pernah memperoleh pelatihan berkaitan dengan penyusunan instrumen pembelajaran berbasis PjBL. Kegiatan pengabdian terlaksana dengan baik dan menghasilkan luaran perangkat pembelajaran berbasis PjBL.

References

Alawi, D., Sumpena, A., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. EDUKATIF?: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3531

Ariga, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 2(2). https://doi.org/10.56832/edu.v2i2.225

Brundiers, K., & Wiek, A. (2013). Do we teach what we preach? An international comparison of problem- and project-based learning courses in sustainability. Sustainability (Switzerland), 5(4). https://doi.org/10.3390/su5041725

Chaniago, S., Yeni, D. F., & Setiawati, M. (2022). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Geografi di MAN I Koto Baru. Sultra Educational Journal, 2(3). https://doi.org/10.54297/seduj.v2i3.400

Krajcik, Joseph S. and Blumenfeld, P. C. (2005). PBL_Article.pdf (pp. 317–334). https://doi.org/10.1017/CBO9780511816833.020

Kubiatko, M., & Vaculová, I. (2011). Project-based learning: Characteristic and the experiences with application in the science subjects. Energy Education Science and Technology Part B Social and Educational Studies, 3, 65–74.

Muna, I., & Fathurrahman, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Matematika di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9(1).

Ria Sitorus, F., Kristina Waruwu, K., & Febry, A. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Tingkat Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan West Science, 01(06).

Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Juanda. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1).

Published
2025-01-02