PELATIHAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DI SMA NEGERI 2 LUMAJANG
Abstract
Kurikulum merdeka didesain lebih adaptif berfokus pada materi yang esensial berbasis pada pengembangan karakter dan kemampuan peserta didik. Pembelajaran berbasis proyek atau lebih dikenal sebagai project-based learning (PjBL) menjadi sistem pembelajaran utama pada kurikulum merdeka ini. Penerapan pembelajaran berbasis PjBL tentu memerlukan beberapa kesiapan terutama dari pihak guru sebagai fasilitator utama dalam pembelajaran. Perangkat pembelajaran merupakan hal utama yang perlu dipersiapkan oleh guru. Berdasarkan hasil wawancara dengan pihak sekolah, guru di SMA Negeri 2 Lumajang mengalami kesulitan dalam menyusun perangkat pembelajaran berbasis PjBL. Dengan demikian, pengabdian dilaksanakan bagi guru di SMA Negeri 2 yang belum pernah memperoleh pelatihan berkaitan dengan penyusunan instrumen pembelajaran berbasis PjBL. Kegiatan pengabdian terlaksana dengan baik dan menghasilkan luaran perangkat pembelajaran berbasis PjBL.
References
Alawi, D., Sumpena, A., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. EDUKATIF?: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3531
Ariga, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 2(2). https://doi.org/10.56832/edu.v2i2.225
Brundiers, K., & Wiek, A. (2013). Do we teach what we preach? An international comparison of problem- and project-based learning courses in sustainability. Sustainability (Switzerland), 5(4). https://doi.org/10.3390/su5041725
Chaniago, S., Yeni, D. F., & Setiawati, M. (2022). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Geografi di MAN I Koto Baru. Sultra Educational Journal, 2(3). https://doi.org/10.54297/seduj.v2i3.400
Krajcik, Joseph S. and Blumenfeld, P. C. (2005). PBL_Article.pdf (pp. 317–334). https://doi.org/10.1017/CBO9780511816833.020
Kubiatko, M., & Vaculová, I. (2011). Project-based learning: Characteristic and the experiences with application in the science subjects. Energy Education Science and Technology Part B Social and Educational Studies, 3, 65–74.
Muna, I., & Fathurrahman, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Matematika di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9(1).
Ria Sitorus, F., Kristina Waruwu, K., & Febry, A. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Tingkat Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan West Science, 01(06).
Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Juanda. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1).
Copyright (c) 2025 Arif Hidayatul Khusna, Baiduri Baiduri, Alfiani Athma Putri Rosyadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).