SOSIALISASI PENGUATAN DIGITAL MARKETING : PELUANG DIGITALISASI DISEKTOR UMKM PADA DESA PETE, KECAMATAN TIGARAKSA
Abstract
Program Sosialisasi Penguatan Pemasaran Digital Marketing (UMKM) di Desa Pete, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kapasitas pelaku UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing produk. Program ini memberikan pelatihan teknis mengenai penggunaan media sosial (Instagram, Facebook) dan platform marketplace (Tokopedia, Shopee) untuk pemasaran produk, serta merancang strategi pemasaran digital yang efektif sesuai dengan karakteristik produk dan pasar sasaran. Sasaran dari program ini adalah pelaku UMKM yang terlibat dalam sektor kuliner, kerajinan tangan, dan produk pertanian yang belum mengoptimalkan pemasaran digital. Hasil dari program ini diukur melalui peningkatan pemanfaatan digital marketing, peningkatan penjualan produk, dan kepuasan pelaku UMKM. Selain itu, program ini juga memastikan keberlanjutan pemanfaatan digital marketing melalui pendampingan pasca-pelatihan. Program ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan UMKM di Desa Pete melalui pemanfaatan teknologi digital dalam pemasaran.
References
BPS (Badan Pusat Statistik). (2023). Statistik UMKM Indonesia 2023. Badan Pusat Statistik Indonesia.
Brito, M. E., & Oliveira, S. M. (2021). Digital marketing strategies for small businesses: A systematic review. International Journal of Business and Technology, 8(4), 275-286.
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2022). Digital marketing: Strategy, implementation, and practice (8th ed.). Pearson Education.
Indrawati, F. A., & Widodo, A. (2022). Digital transformation and the role of e-commerce for SMEs: Opportunities and challenges. Journal of Digital Marketing, 15(2), 45-57.
Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. (2023). Laporan tahunan tentang perkembangan UMKM di Indonesia. Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Marketing management (16th ed.). Pearson Education.
Pratama, R. D., & Nurhadi, I. (2022). Pengaruh penggunaan media sosial terhadap peningkatan penjualan UMKM di Indonesia. Jurnal Pemasaran Indonesia, 12(3), 112-120.
Ratten, V. (2020). The role of digital marketing for small businesses during the COVID-19 pandemic: A literature review. Journal of Business Research, 121, 1-8.
Suhartini, I., & Prabowo, H. (2021). Strategi pemasaran digital untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di era digital. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(1), 55-68.
Wahyuni, N., & Nugroho, Y. (2023). Peran pemasaran digital dalam pengembangan UMKM di Indonesia: Studi kasus di Jawa Barat. Jurnal Pemasaran dan Bisnis, 19(2), 134-146.
Copyright (c) 2025 Febri Sari Siahaan, Yudhi Esa Saputra, Ahmad Rasyiddin, Muhammad Yusuf, Diksi Metris

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).