PELATIHAN RAGAM KOMUNIKASI DI SMK SANTA THERESIA PENJURUSAN PARIWISATA DAN PERANGKAT LUNAK
Abstract
Siswa-siswi yang sedang belajar di Sekolah Menengah Kejuruan memerlukan pembelajaran teoretis ataupun praktis di sekolah. Hal ini diperlukan untuk mendukung sekolah dalam mempersiapkan bibit muda yang percaya diri untuk terjun ke industri. Program pendampingan pelatihan komunikasi dilaksanakan di SMK Santa Theresia selama 58 hari dan diberikan kepada siswa-siswi sejumlah 18 orang sebagai peserta program pendampingan. Pendampingan dilakukan dengan memberikan pelatihan ragam komunikasi berupa komunikasi publik untuk membentuk citra diri, lobi negosiasi, dan kemampuan pemanduan wisata. Hal tersebut selaras dengan latar belakang siswa-siswi sebagai murid dengan penjurusan usaha perjalanan wisata dan perangkat lunak & gim. Pelatihan diberikan melalui pemaparan materi, yang turut disempurnakan dengan simulasi atau kegiatan praktik bagi para peserta. Sebagai evaluasi para peserta turut mengisi kuesioner untuk mengukur tingkat kepercayaan diri masing-masing individu dalam menerapkan komunikasi yang efektif. Hasil kuesioner menunjukan tingkat kepuasan yang tinggi dari peserta terhadap materi, pemateri, maupun metode pelaksanaan kegiatan. Program pendampingan memberikan kontribusi signifikan dalam mempersiapkan peserta pelatihan untuk berkarir di industri pariwisata dan perangkat lunak.
References
Beebe, S. A., & Beebe, S. J. (2021). Public speaking: An audience-centered approach (11th ed.). Pearson.
Fensi, F. (2023). Pengabdian kepada Masyarakat: Penyuluhan tentang “Citizen Journalism” sebagai Ekspresi Sikap Demokrasi Kaum Muda. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 7(2).
Fitria, R. A. (2022). Pelatihan public speaking untuk menciptakan komunikasi efektif pada siswa SMKN 49 Jakarta Utara. IKRA-ITH ABDIMAS, 5(1), 74-78.
Frendika, R., Gaus, N., & Budiarti, I. (2022). Bridging Gender Equality in The Workplace: The Role of Personal Branding and Self-Confidence. MIMBAR: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 38(1).
Girsang, L.R. M. (2018). “Public Speaking” Sebagai Bagian dari Komunikasi Efektif (Kegiatan PKM di SMA Kristoforus 2 Jakarta Barat. Jurnal Pengabdian kepada dan Kewirausahaan, 2(2).
Iffah, F., & Yasni, Y. F. (2022). Manusia sebagai makhluk sosial. Lathaif: Literasi Tafsir, Hadis Dan Filologi, 1(1), 38-47.
Hyang, O.S. (2024). Bicara itu Ada Seninya. Puteh Press
Listiyandini, R. A., Karimulloh, K., & Kumalasari, D. (2021). Pengembangan Pengenalan Diri dan Karakter bagi Remaja melalui Program SADARI (Sadar dan Kenali Diri). E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 12(4), 634-639.
Novita, K. (2019). Strategi Membangun Keterampilan Komunikasi Dan Kepercayaan Diri Dalam Pembelajaran Public Speaking Melalui Metode Presentasi Dan Role Playing Miss Universe Asean (Studi Kasus Materi Interaksi Keruangan Dalam Kehidupan Di Negara-Negara Asean Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 9(02), 23-30.
Nurhayati, N., & Bissalam, U. (2020). Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas XII Madrasah Aliyah Negeri (Man) 1 Majene Melalui Pelatihan Public Speaking. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 106-116.
Oktavianti, R., & Rusdi, F. (2019). Belajar public speaking sebagai komunikasi yang efektif. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1).
Panjaitan, T. N., Zulkarnain, I., & Kholil, S. (2023). Crucial Crisis Communication Strategies in Addressing Land Conflict: A Case Study in Developing Toba Caldera Resort in Indonesia. Journal of Law and Sustainable Development, 11(12), e2123-e2123.
Panjaitan, T. N., Zulkarnain, I., & Kholil, S. (2024). The role of cultural element “Dalihan Natolu” in Batak community as the resource of conflict resolution.
Putri, I. G. A. V. W., Santika, I. D. A. D. M., & Candra, K. D. P. (2019). Pelatihan Public Speaking Bagi Pemandu Wisata di Bali. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(1), 105-111.
Surianto, S., & Iswanto, C. R. (2024). Pengaruh Host Attractiveness dan Program TV terhadap Minat Menonton: Studi komparatif Vincent dan Desta sebagai Host Program TV" Tonight Show". Jurnal sosial dan sains, 4(6), 471-485.
Surianto, S., & Khang, F. D. (2024). The Influence of Host Attractiveness and TV Programs on Interest in Watching Net. Tv (Case Study of Desta in the Main Hakim Sendiri). Jurnal Syntax Admiration, 5(6), 2250-2260.
Surianto, A., & Subandi, Z.E. (2021). Pelatihan Komunikasi Publik dalam Konteks Psikologi (Kegiatan PKM di SMA Cinta Kasih Tzu Chi). Jurnal Pendidikan Indonesia,2(7)
Tinambunan, T. M., & Siahaan, C. (2022). Implementasi teknik lobi dan negosiasi yang efektif dalam melakukan bisnis. Massive: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 55-67.
Wijayanto, P. W., & Qana'a, M. (2024). Pelatihan Public speaking Sebagai Sarana Komunikasi Efektif Bagi Siswa SMK Plus Al Aitaam Bandung. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 4(2).
Wuryaningrum, R., Muti'ah, A., & Rijadi, A. (2021). Pemanfaatan Kajian Tuturan Pemanduan Wisata Kopi-Kakao dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(1).
Copyright (c) 2025 Surianto Surianto, Tetti Nauli Panjaitan, Zera Edenzwo Subandi, Shannen Cleverin Janeardie

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).