Saluran dan Bauran Pemasaran Produk Agribisnis di Peternakan Donba Enggar Kecamatan Pare Kabupaten Kediri
Saluran dan Bauran Pemasaran Produk Agribisnis di Peternakan Donba Enggar Kecamatan Pare Kabupaten Kediri
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan di Donba Enggar Farm yang berlokasi di Kecamatan Pare pada bulan November sampai dengan Desember 2024 dengan tujuan untuk mengidentifikasi saluran pemasaran dan margin produk agribisnis di Donba Enggar Farm serta menganalisis bauran pemasaran 4P (product, place, price, promotion) dengan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi saluran pemasaran dan margin produk agribisnis yang dilaksanakan di Donba Enggar Farm Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. (2) Menganalisis bauran pemasaran produk agribisnis di Donba Enggar Farm Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Seluruh saluran produk agribisnis di Donba Enggar Farm baik domba maupun produk pakan dapat dikatakan efisien karena memiliki nilai farmer's share lebih dari 40%. Bauran pemasaran produk peternakan Donba Enggar, yaitu domba dan pakan, meliputi penggunaan kandang bertingkat dan pengelolaan kandang modern. Hal ini didukung oleh lokasi yang strategis dengan ketersediaan bahan pakan yang baik. Harga yang ditetapkan Donba Enggar untuk setiap produk pada umumnya mengikuti harga pasar, kecuali untuk produk pakan yang diproduksi sendiri oleh peternakan.