PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, PRICE EARING RATIO, DAN LIABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
Abstract
Banking sector is a sector that has a significant role in contributing to state revenues. In the current era of globalization there has been an increase in competitiveness between banks. The purpose of banking besides getting maximum profits is to increase the prosperity of stakeholders so that investors can get maximum returns. The value of a banking company is the main aspect that is seen by investors before deciding to invest funds. Maximizing the value of a banking company also means maximizing the prosperity of shareholders which is the company's main goal. The purpose of this study was to determine the effect of Leverage, Company Size, Price Earning Ratio (PER), Liquidity on Banking Values ??listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) 2019-2021.
The method used in this research is a causality descriptive statistical analysis method. This study uses secondary data types, namely annual financial report data from companies listed on the IDX in the banking sector for 2019-2021. The data source used was obtained through searches from the website www.idx.co.id. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis with the SPSS v.18 program.
The partial test results show that the variable firm size, price earning ratio and profitability have an effect on firm value while the leverage variable has no effect on firm value. Simultaneous test results of 5.134 and significance of 0.01. These results indicate that leverage, firm size, price earning ratio, and liabilities have a simultaneous effect on firm value. The coefficient of determination has a value of 35.9%, the variable leverage, firm size, Vprice earning ratio, liability has an influence on firm value of 35.9% while the remaining 64.1% is influenced by other variables outside the study.
Abstrak
Sektor perbankan merupakan salah satu sektor yang mempunyai peran yang cukup besar dalam berkontribusi terhadap pendapatan negara. Pada era globalisasi saat ini terjadi peningkatan daya saing antar perbankan. Tujuan perbankan selain mendapatkan laba yang maksimal yaitu untuk meningkatkan kemakmuran stakeholder supaya investor bisa mendapatkan return yang maksimal. Nilai perusahaan perbankan adalah aspek utama yang dilihat oleh investor sebelum memutuskan menginvestasikan dana, Memaksimalkan nilai perusahaan perbankan berarti juga memaksimalkan kemakmuran pemegang saham yang merupakan tujuan utama perusahaan sehingga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Price Earning Ratio (PER), Likuiditas terhadap Nilai Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) 2019-2021”.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis statistik deskriptif kasualitas. Penelitian ini menggunakan jenis data sekunder yaitu data laporan keuangan tahunan dari perusahaan yang terdaftar di BEI sektor perbankan tahun 2019-2021. Sumber data yang digunakan ini diperoleh melalui penelusuran dari website www.idx.co.id. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan program SPSS v.18.
Hasil uji secara parsial menujukan bahwa variabel ukuran perusahaan ,price earning ratio dan leabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan sedangkan variabel liverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hasil uji secara simultan sebesar 5,134 dan siknifikasi 0,01 hasiltersebut menujukan bahwa lleverage,ukuran perusahaan ,price earning ratio,liabilitas berpengaruh secara simultan terhadap nilai perusahaan. Koefisiendeterminasi memiliki nilai sebesar 35,9% variabel liverage,ukuran perusahaan,Vprice earning ratio,liabilitas memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan sebesar 35,9% sedangkan sisanya sebesar 64,1% di pengaruhi fariabel lain di luar penelitian.
References
Arifianto, M., & Chabachib, M. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Terdaftar Pada Indeks LQ-45 Periode 2011-2014). Diponegoro Journal Of Management, 5(1), 1–12.
Arifin, M. B., & Prasetyo, A. B. (2018). Factors Influencing in the Fraudulent Financial Reporting. Jurnal Dinamika Akuntansi, 10(2), 99–112. https://doi.org/10.15294/jda.v10i2.15220
Erna, L., & Sutama, D. R. (2018). Pengaruh Leverage dan Ukiuran perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Manufaktur Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Sains Manajemen Dan Akuntansi, 10(1), 21–39.
Furqon, C. (2014). Analisis Manajemen Dan Kinerja Rantai Pasokan. Image, III, 109–126.
Hamka, A. M. . (2011). Pengaruh variabel earning per share (EPS), price earning ratio (PER), dan return on equity (ROE) terhadap harga saham (studi pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di bursa efek indonesia). 1–25.
Intan Bp, A., Kalbuana, N., Indra Cahyadi, C., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2021). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kebijakan Hutang, Ukiuran perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Perusahaan Properti Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020). Jurnal Riset Akuntansi Politala, 4(2), 58–66. http://jra.politala.ac.id/index.php/JRA/index
Fahmi, Irham. 2012. “Analisis Kinerja Keuangan” , Bandung: Alfabeta
Kartika Dewi, N. P. I., & Abundanti, N. (2019). Pengaruh Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukiuran perusahaan Sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(5), 3028. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i05.p16
Mahubessy, V. J. (2021). Good Corporate Governance, Kepailitan dan Nilai Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Akuntansi, 31(1), 142. https://doi.org/10.24843/eja.2021.v31.i01.p11
Mas’ud, M. (2009). Faktor-faktor penentu leverage serta dampaknya terhadap nilai perusahaan. In Jurnal Aplikasi Manajemen (Vol. 7, Issue 1, pp. 151–161).
Muharramah, R., & Hakim, M. Z. (2021). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Ukiuran perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. 5(7), 569–576. https://doi.org/10.32528/psneb.v0i0.5210
Ndruru, M., Silaban, P. B., Sihaloho, J., Manurung, K. M., & Sipahutar, T. T. U. (2020). Pengaruh Likuiditas, Leverage, dan Ukiuran perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Tahun 2015-2017. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(3), 390–405. http://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/403
Nurhayati, M. (2013). Ukiuran perusahaan, likuiditas dan ukuran perusahaan pengaruhnya terhadap kebijkan dividen dan nilai perusahaan sektor non jasa. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 5(2), 144–153.
Ogolmagai, N. (2013). ISSN 2303-1174 Natalia Ogolmagai, Leverage Pengaruhnya Terhadap ... Jurnal EMBA, 1(3), 81–89.
Perusahaan, U., & Agresivitas, T. (2020). Penugasan __________.
Rachmawati, D., & Pinem, D. B. (2015). Pengaruh Ukiuran perusahaan, Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Equity, 18(1), 1. https://doi.org/10.34209/.v18i1.456
Rismayanti, I. A. W., & Putri, I. G. A. M. A. D. (2021). Leverage, Kepemilikan Manajerial, Kinerja Lingkungan dan Nilai Perusahaan: Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia. E-Jurnal Akuntansi, 31(7), 1667. https://doi.org/10.24843/eja.2021.v31.i07.p05
Singapurwoko, A. (2012). Comparative Analysis of Small Medium Enterprise Profitability Based on Its Ownership Form and Ethnicity: Study on Automotive Sector in Yogyakarta. Jurnal Aplikasi Bisnis, 12(9), 1415. https://doi.org/10.20885/jabis.vol12.iss9.art2
Sintyana, I. P. H., & Artini, L. G. S. (2018). Pengaruh Ukiuran perusahaan, Leverage, Ukuran Perusahaan Dan LiabilityTerhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(2), 757. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i02.p07
Sugiyono. (2009). No Title.
Suharsono, ahmasari, G. P. A. (2016). Jurnal 1. In Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Cost of Capital (COC) Dengan Kepemilikan Institusional Sebagai (Vol. 109, Issue 1, pp. 109–119).
Sunardi, N., & Febrianti, F. (2020). Likuiditas dan Kebijakan Hutang Pengaruhnya terhadap Kinerja Perusahaan dan Dampaknya Terhadap Nilai Perusahaan pada Industri Sektor Telekomunikasi di Indonesia. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 3(3), 269–282. https://doi.org/10.32493/frkm.v3i3.6206
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung :
Alfabeta..
Suteja, J., & Pasundan, U. (2020). Buku struktur kepemilikan perusahaan master (Issue June).
Suwardika, I. N. A., & Mustanda, I. K. (2017). Hartono dkk 2016. 6(3), 1248–1277.
SyafiiSuryantini, N. P. S. (2019). Pengaruh Price Earning Ratio, Debt to Equity Ratio dan Dividen Payout Ratio terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Manajemen Unud, 4(11), 3646–3674.
Vernando, J., & Erawati, T. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Leverage Sebagai Variabel Intervening: Studi Empiris Di Bei. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 15(1), 13. https://doi.org/10.21460/jrmb.2020.151.344
Wairisal, R. J. A. I., & Hariyati. (2021). Pengaruh Kualitas Laba Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Variabel Moderasi Corporate Governance Investor mengamati dan menilai suatu perusahaan dari kualitas laba yang ada pada perusahaan , agar calon investor berminat untuk berinvestasi maka perusahaan ha. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 9(1), 71–78. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/38891
Widyasasi, Y. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. Jurnal Paradigma Akuntansi, 2(2), 576. https://doi.org/10.24912/jpa.v2i2.7622
Yulistyawati, N. K. A., Suardikha, I. M. S., & Sudana, I. P. (2019). The analysis of the factor that causes fraudulent financial reporting with fraud diamond. Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia, 23(1), 1–10. https://doi.org/10.20885/jaai.vol23.iss1.art1