ANALISIS HUBUNGAN VOLUME, KECEPATAN DAN KEPADATAN LALU LINTAS RUAS JALAN SOLO-PURWODADI

  • Arif Irfan Syah Fakultas Teknik, Universitas Tunas Pembangunan
  • Sumina Fakultas Teknik, Universitas Tunas Pembangunan
  • Herman Susila Fakultas Teknik, Universitas Tunas Pembangunan
Kata Kunci: Greenshield, Greenberg, Underwood, Volume, Kecepatan, Kepadatan

Abstrak

Jalan Solo - Purwodadi adalah jalan dengan status jalan kolektor dengan menggunakan sistem arus dua arah dua lajur yang menghubungkan antara kota Surakarta dan Purwodadi, Kabupaten Grobogan. Permasalahan di ruas jalan Solo - purwodadi  disebabkan karena tingginya volume lalu lintas yang didominasi kendaraan berat dan roda dua (sepeda motor), oleh karena itu perlu dilakukan Analisis hubungan volume, kecepatan dan kepadatan lalu lintas di ruas jalan Solo - Purwodadi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer & sekunder dari hasil penelitian, kemudian dianalisis dengan menggunakan tiga metode, yaitu metode Greenshield, Greenberg dan Underwood. Hasil penelitian didapat bahwa volume kendaraan pada jalan Solo – Purwodadi termasuk padat, hasil dari perhitungan data pengamatan menunjukan kapasitas jalan sebesar 2300,471 smp/jam. Analisis hubungan lalu lintas di ruas Jalan solo - purwodadi berdasarkan ketiga model diperoleh hubungan yang paling erat antara kecepatan dan kepadatan menggunakan model Greenberg dengan model . Volume tertinggi diperoleh dengan menggunakan model Greenberg yaitu   sebesar 25.826,68 smp/jam. Dengan nilai r2 = 0,986 memiliki arti bahwa kesesuaian model sebesar 98,60 % dengan tingkat kepercayaan atau meyakinkan dalam menggambarkan hubungan antara kecepatan dan kepadatan. Hubungan antara volume dan kecepatan merupakan fungsi logaritmik. Hubungan antara volume dan kepadatan juga merupakan fungsi logaritmik.

Diterbitkan
2023-06-26
Bagian
Articles