PERENCANAAN PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) PADA RUAS JALAN NGRANCAH KULON – MUSUK KABUPATEN BOYOLALI DENGAN METODE AASHTO 1993

  • Yoga Adhim Nurrohim Fakultas Teknik, Universitas Tunas Pembangunan
  • Teguh Yuono Fakultas Teknik, Universitas Tunas Pembangunan
  • Erni Mulyandari Fakultas Teknik, Universitas Tunas Pembangunan
Kata Kunci: Rigid Pavement, Tebal Struktur Perkerasan, Penulangan, RAB

Abstrak

Perkerasan adalah bagian dari jalur dan bagian struktural jalan bagian melintang dari struktur jalan yang paling sentral. Struktur perkerasan dapat dibagi menjadi beberapa perkerasan seperti perkerasan lentur, perkerasan kaku, dan perkerasan komposit. Penelitian data perencanaan diambil dari ruas jalan Ngrancah Kulon – Musuk Kabupaten Boyolali, diantaranya Lalu lintas Harian Rata-rata (LHR) berisi perhitungan lalu lintas yang melewati jalan Ngrancah Kulon – Musuk. Uji Dynamic Cone Penetrometer (DCP) untuk mengetahui nilai (CBR) California Bearing Ratio dilakukan sebanyak 10 titik jarak uji 200meter dari STA 0+000 – 2+000 pada ruas jalan Ngrancah Kulon - Musuk. Data curah hujan diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Boyolali.  Berdasarkan analisis data yang didapat, diambil kesimpulan bahwa perencanaan struktur jalan Ngrancah Kulon – Musuk menggunakan perkerasan kaku (rigid pavement), untuk metode perencanaan ini menggunakan metode AASHTO 1993. Setelah dilakukan perhitungan didapat tebal rigid pavement 200 mm dengan lapis pondasi bawah (lean concrete) 70 mm, kebutuhan tulangan memanjang dan melintang Ø10 – 250 mm, dowel Ø25 - 300 mm panjang 450 mm, tie bar D 16 mm - 1200 mm (ulir) panjang 800 mm, gambar perencanaan di aplikasikan menggunakan autocad berdasarkan perhitungan yang didapat. Hasil Rencana Anggaran Biaya (RAB) didapat biaya dibutuhkan sebesar Rp. 5.650.761.000,00 (Lima milyar enam ratus lima puluh juta tujuh ratus enam puluh satu ribu rupiah).

Diterbitkan
2023-07-12
Bagian
Articles