EVALUASI KERUSAKAN JALAN DAN SOLUSI PENANGANAN DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX PADA JALAN GEMOLONG-ANDONG

  • Ade Artianto Putri Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas TunasPembangunan Surakarta
  • Teguh Yuono Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Sumina Sumina Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Ade Sandhy Atmaja Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Kata Kunci: Kerusakan Jalan, PCI solusi, RAB

Abstrak

Pada perkembangan zaman saat ini, pertumbuhan penduduk yang sangat pesat menyebabkan semakin meningkatnya kegiatan dan kebutuhan manusia termasuk prasarana jalan. Sehingga pembangunan jalan sebagai prasarana memudahkan mobilitas dan aksesibilitas kegiatan ekonomi, sosial budaya, dan pariwisata bagi masyarakat. Jalan Raya Gemolong-Andong, Jawa Tengah merupakan jalan Provinsi yang menghubungkan antara Kabupaten Sragen dengan Kabupaten Semarang. Jalan Gemolong- Andong yaitu jalan yang banyak dilalui oleh kendaran berat seperti truk angkutan sembako, truk pasir, dan bus pariwisata termasuk kendaraan muatan yang bisa dilewati satu lajur dan dua arah. Jalan ini memiliki lebar 6 m. Aktivitas kendaraan yang berkapasitas berat dan berukuran besar juga memicu pengaruh terhadap kondisi jalan raya, sehingga aktivitas perhubungan yang ada dijalan antar Kabupaten menunjukan perkembangan yang tidak seimbang, antara kondisi struktur jalan dan kapasitas pemakaian jalan yang menyebabkan jalan tersebut mudah rusak. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan dapat diidentifikasi kerusakan apa saja yang terjadi di jalan Gemolong-Andong STA 26+600-28+600. Permasalahan yang terjadi pada Jalan Gemolong-Andong diperlukan adanya penelitian, karena banyak ditemui kerusakan seperti berlubang, retak tepi, retak buaya dan kerusakan lainnya. Beban kendaraan dan faktor cuaca menyebabkan jalan Gemolong-Andong mengganggu kegiatan aktivitas pengguna jalan, sehingga mempengaruhi waktu tempuh kendaraan menjadi lebih pelan. Sesuai perhitungan volume kepadatan lalu lintas dan daya dukung tanah dilakukan. Kemudian dari seluruh pekerjaan diperoleh total biaya yang diperlukan sebesar Rp.222.633.843 (Dua ratus dua puluh dua juta enam ratus tiga puluh tiga ribu delapan ratus empat puluh tiga rupiah).

Diterbitkan
2025-12-27
Bagian
Articles