Analisis Faktor Motivasi Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Pergaulan Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Dalam Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB UTP Surakarta)

  • Ridwan Hanafi Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Trio Handoko Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Rini Adiyani Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Keywords: Motivasi, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Pergaulan Minat Berwirausaha

Abstract

ABSTRAK

 Penelitian ini mempunyai tujuan sebagai berikut: 1) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh secara parsial motivasi, lingkungan keluarga, dan lingkungan pergaulan terhadap minat mahasiswa dalam berwirausaha. 2) Untuk mengetahui faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap minat mahasiswa dalam berwirausaha.Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Umiversitas Tunas Pembangunan Surakarta. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah para mahasiswa yang telah menempuh mata kuliah kewirausahaan. Kemudian diambil sebagai sebanyak 60 mahasiswa dengan cara convinience sampling.Hasil penelitian ditemukan bahwa secara parsial motivasi, lingkungan keluarga dan lingkungan pergaulan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa. Diketahui juga bahwa variabel lingkungan pergaulan paling dominan pengaruhnya tehadap minat berwirausaha. Minat berwira usaha mahsiswa dipengaruhi bersama oleh motivasi, lingkungan keluarga dan lingkungan pergaulan sebesar 80,20 % sisanya 19,80 dipengaruhi oleh variabel lain di lua penelitian ini.

 

Kata Kunci: Motivasi, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Pergaulan Minat Berwirausaha

 

ABSTRACT

This study has the following objectives: 1) To examine and partially analyze the effect of motivation, family environment, and social environment on student interest in entrepreneurship, and 2)To find out the factors that have the most dominant influence on student interest in entrepreneurship.This research was conducted on students of the Faculty of Economics and Business, Tunas Pembangunan Surakarta University. The population in this study were students who had taken entrepreneurship courses. Then taken as many as 60 students by means of convenience sampling. The results of the study found that partially motivation, family environment and social environment had a positive and significant effect on student interest in entrepreneurship. It is also known that the social environment variable has the most dominant influence on the interest in entrepreneurship. Students' interest in entrepreneurship is influenced by motivation, family environment and social environment by 80.20%, the remaining 19.80 is influenced by other variables outside of this study.

 

Keywords: Motivation, Family Environment, Social Environment of Interest Entrepreneurship


Published
2022-12-31