MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK PADA SISWA KELAS III UPT SD NEGERI 222 GRESIK

English

  • Reza Abrillian Firdaus Universitas Negeri Surabaya
  • Atmojo Prayogo Widodo Universitas Negeri Yogyakarta
  • Vega Chandra Dinata Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Problem Based Learning, Hasil Belajar, PJOK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III UPT SD Negeri 222 Gresik pada PJOK semester genap tahun ajaran 2023/2024. Subyek penelitian ini adalah 30 siswa kelas III UPT SD Negeri 222 Gresik, 19 laki-laki dan 11 perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang meliputi: merencanakan, mengambil tindakan, mengamati, mengevaluasi dan merefleksi. Data yang berkaitan dengan hasil belajar siswa dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa dan asesmen mata pelajaran PJOK. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan jenis analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Base Learning dalam pembelajaran PJOK dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian tindakan kelas ini adalah: 1). Hasil belajar siklus I ketuntasan belajar yang dicapai siswa = 57%, 2). Hasil belajar siklus ke-2 ditinjau dari ketuntasan akademik siswa = 77%. Berdasarkan data penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model problem based learning dalam pembelajaran PJOK dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III UPT SD Negeri 222 Gresik. Umpan balik siswa sangat positif untuk mengadopsi model pembelajaran Problem Base Learning, karena siswa dapat terlibat aktif dan adanya suasana belajar yang sangat menyenangkan.

References

Arifin, S. (2017). Internalisasi Sportivitas pada Pendidikan Jasmani. Zifatama Jawara.

Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta, 173.

Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Bumi aksara.

Dupri, D., Nazirun, N., & SM, N. R. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pendidikan Jasmani. Journal Sport Area, 4(2), 318.

Fauzi, M. (2015). Pengaruh Penerapan Media..., Muhammad Fauzi Fattabiq Al-Khoir, Fakultas Agama Islam UMP, 2018. 8–37.

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1–17.

Hadi, S. (2000). Metode Research Jilid I. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Hakim, A. R., Asmaidah, S., Siregar, D. A., & Nasution, F. H. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Suhu Dan Kalor. JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION), 5(2), 1–6. https://doi.org/10.37081/physedu.v5i2.4624

Hanifah, H., Susanti, S., & Adji, A. S. (2020). Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran. Manazhim, 2(1), 105–117. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.638

Heni Susanti, Mulyawan, H., Nanang Purnama, R., Aulia, M., & Kartika, I. (2024). Pengembangan Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(4), 13404–13408. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i4.1339

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599

Irianto, S. (2010). Pedoman Pelaksanaan Pengembangan Tes Kecakapan “David Lee” untuk Sekolah Sepakbola (SSB) Kelompok Umur 14-15 Tahun. Yogyakarta: FIK UNY.

Mairani, U., Enawaty, E., Sartika, R. P., & ... (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-Lkpd) Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Education and Development, 10(3), 117–121.

Marwati, S. (2024). Pengembangan Pembelajaran Problem Based Learning. 09(September).

Mustafa, P. S. (2022). Peran pendidikan jasmani untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 68–80. https://doi.org/10.5281/zenodo.6629984

Nika, S. S., & Rahayu, N. (2024). Pengembangan Profesionalitas Guru Melalui Pendidikan Profesi Guru (Ppg) Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Indonesia. Nizhamiyah, 14(1), 81. https://doi.org/10.30821/niz.v14i1.1630

Nursalma, A., & Pujiastuti, H. (2023). Pengaruh Waktu Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(3), 135–141. https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i3.479

Pangga, D., & Kuntjoro, B. F. T. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas III UPT SDN 223 Gresik. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 4(1), 1–13.

Parasamya, C. E., & Wahyuni, A. (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2(1), 42–49.

PRADESA, K. (2016). Analisis Peran Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Dan Keterampilan Sumber Daya Manusia di Indonesia. 4(1), 1–23.

Setyadi, A. (2016). Pengaruh Latihan Small Sided Games Terhadap Keterampilan Passing Siswa Peserta Ekstrakurikuler Futsal di SMP Muhammadiyah 2 Depok Sleman Tahun 2016. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 5(8).

Sholeh, A. R. (2021). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Kearifan Lokal Sadranan di Boyolali. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1), 1–10. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1602

Sugiyono, D. (2010). Memahami penelitian kualitatif. Alfabeta.

Wardana, D. F. (2015). Pengaruh latihan pendekatan taktik terhadap kemampuan passing dan dribbling pada peserta ekstrakurikuler futsal di sman 1 maospati. Skripsi. FIK UNY.

Published
2025-01-10
How to Cite
Reza Abrillian Firdaus, Atmojo Prayogo Widodo, & Vega Chandra Dinata. (2025). MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK PADA SISWA KELAS III UPT SD NEGERI 222 GRESIK: English. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 11(1), 196-213. https://doi.org/10.36728/jip.v11i1.4135