PENINGKATAN PRESTASI PERKULIAHAN LOMPAT JAUH MELALUI METODE TGT PADA MAHASISWA UTP SURAKARTA

  • BAGUS KUNCORO

Abstract

Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan prestasi perkuliahan lompat jauh pada mahasiswa utp smester satu melalui metode TGT.

Penelitian ini menggunakan peneilitian tindakan kelas, dimana dalam penelitian menggunakan sistem penilaian trianggulasi.

Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi tindakan untuk tiap siklus. Subyek penelitian adalah mahasiswa Utp smester satu yang berjumlah 30mahasiswa. Sumber data untuk penelitian ini berasal dari data presensi yang diperoleh dari Kaprodi PKO FKIP UTP. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran kemampuan lompat jauh dan pengamatan dari proses berlatih. teknik analisis deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dan kuantitatif pada pengolahan data secara akurat.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa metode peningkatan prestasi melalui TGT dapat meningkatkan prestasi lompat jauh mahasiswa dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Dari analisis data diperoleh hasil pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar lompat jauh pada mahasiswa yang tuntas sebanyak 22mahasiswa. Sedangkan pada siklus II peningkatan prestasi lompat jauh sebesar 27mahasiswa yang tuntas. Simpulan penelitian tindakan kelas ini adalah melalui penerapan metode TGT dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada mahasiswa PKO FKIP UTP Surakarta.

Author Biography

BAGUS KUNCORO
FKIP UTP SKA
Published
2018-01-01
How to Cite
KUNCORO, B. (2018). PENINGKATAN PRESTASI PERKULIAHAN LOMPAT JAUH MELALUI METODE TGT PADA MAHASISWA UTP SURAKARTA. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 4(1). Retrieved from https://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/684

Most read articles by the same author(s)

> >>