MANAJEMEN PENGELOLAAN KOLAM RENANG GRAND MAYASARI ESTATE

  • Chintya Ayu Nur Lathifah Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Tasikmalaya
  • Muhammad Rizel Alfikri Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Tasikmalaya
  • Natanael Eka Putra Kaluti Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Tasikmalaya
  • Heri Yusuf Muslihin Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Tasikmalaya
  • Wulan Nurlaela Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Tasikmalaya
Kata Kunci: Manajemen, Pengelolaan, Swimming Pool, Grand Mayasari Estate

Abstrak

Banyak orang yang memanfaatkan kolam renang untuk berolahraga, hiburan, bahkan kolam renang juga mempunyai nilai bisnis yang cukup menjanjikan. Kolam renang banyak ditemukan di hotel, obyek wisata, bahkan di masa modern ini tak jarang rumah penduduk juga sudah dilengkapi dengan fasilitas kolam renang. Kolam Renang  Grand Mayasari Estate juga termasuk salah satu kolam renang di Tasikmalaya yang diminati oleh pengunjung. Kolam ini dimiliki oleh pihak swasta. Pengelola kolam renang menyediakan kolam  yang nyaman untuk dijadikan tempat berolahraga maupun rekreasi. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui manajemen pengelolaan Kolam Renang Grand Mayasari Estate dengan fokus pada perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, tindak lanjut, kesulitan pemilik dan anggota, serta perkembangan anggota. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan (observation), wawancara (interview). Dari data yang diperoleh  terdapat Manajemen yang efektif ini terbukti adanya keterlibatan perencanaan yang matang terkait sumber daya manusia, fasilitas, dan program pelatihan. Evaluasi tekanan digitalisasi dan keterlibatan pelanggan sebagai langkah adaptasi terhadap tren industri. Tindak lanjut manajemen menggambarkan kesadaran terhadap pentingnya kehadiran di era digital. Tantangan seperti ulasan pelanggan dan kendala identifikasi area anggota yang dapat diperbaiki melalui kolaborasi antara manajemen, pelanggan, dan anggota.

Referensi

Abdillah, R., & Khamidi, A. (2015). Perbandingan Manajemen Pengelolaan Kolam Renang GOR Delta Sidoarjo dan Kolam Renang Citra Harmoni Warerpark Sidoarjo Tahun 2015. Jurnal. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.

Cantaka, A. A., Adi, S., & Kinanti, R. G. (2019). Studi manajemen pengelolaan prasarana dan sarana kolam renang Gajayana Kota Malang. Jurnal Sport Science, 9(1), 60-67.

Cita, D. W., & Adriyani, R. (2013). Kualitas air dan keluhan kesehatan pengguna kolam renang di Sidoarjo. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 7(1), 26-31.

Dama, Y. A. D. A. (2015). Analisis Manajemen Kolam Renang Kalianget di Kabupaten Wonosobo.

Darmawan, M. I. F., & Hartono, M. (2021). Manajemen Kolam Renang di Kabupaten Kebumen Tahun 2020. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(2), 642-649.

Firdiansyah, M. S. (2015). Manajemen Pengelolaan Wahana Rekreasi Olahraga Di Wisata Water Blaster Semarang Tahun 2013. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(2).

Fujiyama, R. A. W., & Wipranata, I. (2020). Evaluasi Strategi Pengelolaan Wisata Alam Kawasan Curug Luhur, Kabupaten Bogor. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 2(1), 1167-1188.

Hayati, N. (2016). PROSEDUR PELAYANAN PRIMA OLEH RESEPSIONIS PADA CUSTOMER ARAYA FAMILY CLUB SURABAYA (Doctoral dissertation, Politeknik NSC Surabaya).

Hidayat, F. R. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Kolam Renang Koperasi Wisata Bahari 45 Di Kabupaten Bantul.

Leko, J. J. (2023). Tinjauan Tentang Manajemen Kolam Renang Wirasakti Kupang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1776-1788.

Oktavian, U., & Rustiadi, T. (2021). Manajemen Kolam Renang Tiara Park Waterboom Kota Jepara Tahun 2020. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(1), 116-123.

Praja, W., Imansyah, F., & Arvan, I. (2022). ANALISIS MANAJEMEN PENGELOLAAN KOLAM RENANG LUMBAN TIRTA DI PROVINSI SUMATERA SELATAN. Jurnal Penjaskesrek, 9(1), 11-25.

Rizal, M. (2016). Pengaruh Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan Kolam Renang Mutiara Waterpark Perumnas Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 5(1), 469-478.

Sary, D. N. (2019). DAMPAK PENERAPAN FUNGSI MANAJEMEN TERHADAP KUALITAS JASA FASILITAS OLAHRAGA DI DEPOK SPORTS CENTER YOGYAKARTA.

Senjaya, A. R., Arisman, A., & Pauzy, D. M. (2023). Pengaruh Fasilitas Dan Promosi Terhadap Minat Berkunjung: Survei Pada Pengunjung Kolam Renang ASB Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya. Journal of Islamic Economics and Finance, 1(4), 19-34.

Suartini, N. K., Suhartawan, I. G., & Triawati, K. (2022). MANAJEMENT PENGELOLAAN OBJEK WISATA TAIPA BEACH. Jurnal Pariwisata PaRAMA: Panorama, Recreation, Accomodation, Merchandise, Accessbility, 3(1), 12-21.

Susanti, A., & Pambudi, A. (2018). MANAJEMEN OBJEK WISATA PANTAI JATIMALANG OLEH DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN PURWOREJO. Journal of Public Policy and Administration Research, 3(6), 723-738.

Zakiyah, U., & Idrus, I. A. (2017). Srategi pengelolaan sumber daya alam desa ponggok. JIP (Jurnal Ilmu Pemerintahan): Kajian Ilmu Pemerintahan Dan Politik Daerah, 2(2), 84-95.

Diterbitkan
2024-01-20
How to Cite
Chintya Ayu Nur Lathifah, Muhammad Rizel Alfikri, Natanael Eka Putra Kaluti, Heri Yusuf Muslihin, & Wulan Nurlaela. (2024). MANAJEMEN PENGELOLAAN KOLAM RENANG GRAND MAYASARI ESTATE. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 10(1), 90-104. https://doi.org/10.36728/jip.v10i1.3160