ANALISIS TEKNIK DASAR LARI SPRINT 80 METER ATLET PUTRI PASI KOTA BANJARBARU

  • Muhammad Abdussalam Universitas Lambung Mangkurat
  • Akhmad Amirudin Universitas Lambung Mangkurat
  • Perdinanto Universitas Lambung Mangkurat
Kata Kunci: Analisis Teknik Dasar, Lari Sprint Putri, PASI Banjarbaru

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan lari sprint pada atlet yang merupakan anggota Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Banjarbaru. Hasil observasi menunjukkan bahwa masih banyak atlet pelari yang memiliki kelemahan pada teknik dasarnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk memancarkan kemampuan lari sprint PASI Banjarbaru. Data diperoleh melalui analisis tes dan pengukuran. Populasi terdiri dari 12 Atlet, dengan dijadikan sampel berdasarkan kriteria purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan lari sprint atlet putri PASI Banjarbaru, klasifikasi “Sangat baik” berjumlah 1 orang dengan persentase (16%) atlet dengan klasifikasi “Baik” berjumlah 3 orang dengan persentase (51%), pada klasifikasi “Cukup” berjumlah 2 orang dengan persentase (33%) , sedangkan atlet pada klasifikasi “Kurang” dan “Kurang Sekali” tidak ada atau (0%). Berdasarkan persentase tersebut peneliti mengambil kesimpulan bahwa 51% atlet sprint putri PASI Banjarbaru memahami teknik dasar lari yang baik.

Referensi

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980.

Amirudin, A., Sarmidi, S., & Rafi’i, M. R. M. (2021). Pembinaan teknik dasar latihan cabang olahraga atletik national paralympic committee (NPC) provinsi kalimantan selatan. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 432–436.

Danarastuti, U. (2024). Mata Kuliah Atletik 23A.

Erfan, A. F., Perdinanto, P., & Kusaini, M. (2020). Survei Dengan Kecakapan Gerak Dasar Sekolah Dasar Negeri Berlahan Basah Di Kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara. STABILITAS: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1), 68–73.

Handayani. (2022). Analisis Gerak Keterampilan Atletik Nomor Lari Sprint 100 Meter Siswa SMP Negeri 14 Muaro Jambi. Jurnal Pion, 2(1), 1–8.

Indra, G., & Lumintuarso, R. (2014). Peningkatan hasil pembelajaran lari sprint 60 meter melalui metode permainan SDN 009 Teluk Pelalawan. Jurnal Keolahragaan, 2(2), 155–169.

Julistiawan, A. (2013). Norma Tes Daya Ledak, Kecepatan, Daya Tahan Sepakbola Untuk Kategori Usia 15-16 Tahun. UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

Kembaren, R. N. S. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jangkit Melalui Penerapan Gaya Mengajar Latihan Pada Siswa Kelas Xi SMA Negeri 1 Mardinging Tahun Ajaran 2020/2021. UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39.

Muhtar, T., & Irawati, R. (2009). Atletik. UPI sumedang press.

Mustafa, P. S., & Mediatama, I. (2023). Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Untuk Guru Kelas MI/SD.

Retnawati, H. (2017). Teknik pengambilan sampel. Disampaikan Pada Workshop Update Penelitian Kuantitatif, Teknik Sampling, Analisis Data, Dan Isu Plagiarisme, 1–7.

Sugiyono, F. X. (2017). Neraca Pembayaran: Konsep, Metodologi dan Penerapan (Vol. 4). Pusat Pendidikan Dan Studi Kebanksentralan (PPSK) Bank Indonesia.

Sukowijoyono, D. (2021). Analisis Keterampilan Passing Bawah Pada Pemain Bola Voli Putra Club Lapgas Kota Jambi: Analysis of Lower Passing Skills on Men’s Volleyball Players Club Lapgas City Jambi. Score, 1(2), 15–20.

Tauhid, I., Aufan, R., & Siregar, S. (2020). Upaya meningkatkan hasil belajar lari sprint melalui pendekatan bermain pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Indonesian Sport Innovation Review, 1(03), 1–10.

Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: sebuah tinjauan teori & praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Diterbitkan
2024-07-16
How to Cite
Muhammad Abdussalam, Akhmad Amirudin, & Perdinanto. (2024). ANALISIS TEKNIK DASAR LARI SPRINT 80 METER ATLET PUTRI PASI KOTA BANJARBARU. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 10(2), 232-243. https://doi.org/10.36728/jip.v10i2.3577