ANALISIS MINAT SISWA TERHADAP EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT DI SMP N 37 SEMARANG

  • Madia Nur Alisa Universitas PGRI Semarang
  • Bertika Kusuma P Universitas PGRI Semarang
  • Muh Isna Nurdin W Universitas PGRI Semarang
  • Suprapti SMP N 37 Semarang
Kata Kunci: Minat, Ekstrakurikuler, Pencak Silat SMPN 37 Semarang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara signifikan terhadap besar kecilnya minat ekstrakurikuler pencak silat yang ada  di SMPN 37 Semarang. Minat diterapkan sebagai ketertarikan atau rasa suka atau aktivitas tanpa paksaan. Pengurus ekstrakurikuler dari pihak sekolah mengelola segala sesuatu yang berguna untuk mencapai  sebuah tujuan prestasi non-akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survei yang menggunakan teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan kuisioner atau angket. Besar sampelnya terdiri dari 388 siswa yang bersekolah di SMPN 37 Semarang. Penelitian minat ini menggunakan teknik sampling keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa untuk mengikuti ektstrakurikuler pencak silat di SMPN 37 Semarang tergolong rendah. Dapat diketahui bahwa sebesar 16 siswa (4,12%) menunjukkan minat sangat tinggi, sebesar 168 siswa (43,30%) menunjukkan minat tinggi, sebesar 198 siswa (51,03%) menunjukkan minat rendah dan sebesar 6 siswa (1,55%) menunjukkan minat sangat rendah.  Hal ini menunjukkan bahwa siswa SMPN 37 Semarang mempunyai  minat yang rendah yaitu sebesar 51,03% dalam  berolahraga pencak silat.

Referensi

Agus, R. M., & Fahrizqi, E. B. (2020). Analisis tingkat kepercayaan diri saat bertanding atlet pencak silat perguruan satria sejati. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 164–174.

Al Hakim, I. (2020). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Di Madrasah. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam), 2(2), 149–153.

Andriawan, B., & Irsyada, R. (2022). Pembinaan Prestasi Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) di Kabupaten Wonosobo Tahun 2020. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 3(1), 205–213.

Arifudin, O. (2022). Optimalisasi kegiatan ekstrakurikuler dalam membina karakter peserta didik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837.

Arisandi, N. P., Halimah, L., Heryani, H., Hidayah, Y., & Sujastika, I. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter pada Kesenian Pencak Silat. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(5), 921–938.

Cahya, S. T., Zakaria, D. A., & Kurnia, D. (2022). Minat Mahasiswa terhadap Olahraga Tradisional. JOURNAL RESPECS (Research Physical Education and Sports), 4(2), 138–147.

Ena, Z., & Djami, S. H. (2021). Peranan motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik terhadap minat personel bhabinkamtibmas polres kupang kota. Among Makarti, 13(2).

Gunawan, H., Nisa, A., & Afrina, Y. (2021). Minat Jalur Karir Akuntansi dari Perspektif Motivasi Intrinsik, Ekstrinsik, Orang Ketiga dan Eksposur Karir. Akuntabilitas, 14(1), 1–12.

Indrahti, S., Soedarto, J., Semarang, S., & Tengah -Indonesia, J. (2021). Kiprah IPSI sebagai Organisasi Pencak Silat Terkemuka di Indonesia, 1948-1997. 2(1).

Kuntjoro, B. F. T. (2020). Rasisme Dalam Olahraga. Jurnal Penjakora, 7(1), 69–77.

Lutfiwati, S. (2020). Motivasi belajar dan prestasi akademik. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 10(1), 53–63.

Mahfud, I., & Fahrizqi, E. B. (2020). Universitas Teknokrat Indonesia Indonesia Sport Science And Education Journal Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/sport/issue/archive

Murdiansyah, D. R. T. (2021). Survei Minat Ekstrakurikuler Olahraga Pencak Silat Pelajar Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Waru (SMPN 3 Waru). Jurnal Kesehatan Olahraga, 9(04), 57–64.

Putri, W. A. (2023). Faktor rendahnya minat belajar siswa kelas v sekolah dasar pada mata pelajaran matematika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 123–128.

Salahudin, S., & Rusdin, R. (2020). olahraga meneurut pandangan agama islam. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3).

Saputra, G. Y., & Aguss, R. M. (2021). Minat siswa kelas vii dan viii dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SMP Negeri 15 Mesuji. Journal Of Physical Education, 2(1), 17–25.

Sarosa, S. (2021). Analisis data penelitian kualitatif. Pt Kanisius.

Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 386–397.

Usmadi, U. (2020). Pengujian persyaratan analisis (Uji homogenitas dan uji normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1).

Diterbitkan
2024-07-16
How to Cite
Madia Nur Alisa, Bertika Kusuma P, Muh Isna Nurdin W, & Suprapti. (2024). ANALISIS MINAT SISWA TERHADAP EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT DI SMP N 37 SEMARANG. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 10(2), 321-338. https://doi.org/10.36728/jip.v10i2.3667