ANALISIS TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 1 TAMANREJO KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL
Abstrak
Pendidikan jasmani adalah disiplin ilmu yang wajib diajarkan di sekolah pada semua jenjang, mulai dari SD, SMP, SMA, hingga lembaga kejuruan. Tujuan dari pendidikan jasmani adalah untuk meningkatkan kebugaran fisik, mental, sosial, dan emosional masyarakat melalui berbagai jenis aktivitas fisik. Kebugaran jasmani didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik tanpa merasa terlalu lelah, namun setiap individu memiliki tingkat kebugaran yang bervariasi, tergantung pada keterlibatannya dalam latihan fisik. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani siswa di SD Negeri I tamanrejo kec sukorejo Kabupaten kendal. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik tes dan pengukuran. Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk menggambarkan gejala atau kejadian tertentu terkait kebugaran jasmani siswa, khususnya VO2Max siswa SD Negeri 1 tamanrejo Kabupaten Kendal. Kebugaran jasmani diukur menggunakan tes MFT (Multistage Fitness Test), dan data dianalisis dengan uji normalitas dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan antara nilai pretest dan post-test, di mana rata-rata nilai pretest untuk laki-laki adalah 29.31 dan post-test 32.45, sedangkan untuk perempuan rata-rata pretest adalah 26.56 dan post-test 31.0. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan pada siswa SD Negeri 1 Tamanrejo, dengan kelompok laki-laki mengalami peningkatan sebesar 10.70% dan kelompok perempuan mengalami peningkatan sebesar 16.75%.
Referensi
Darmawan, I. (2017). Upaya meningkatkan kebugaran jasmani siswa melalui penjas. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 7(2), 143–154.
Dwijayanti, K., Firdaus, M., & Yusuf, M. (2023). Aplikasi Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Gerak Dasar Lompat pada Siswa SD. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 9(2), 225–235.
Hita, I. P. A. D., Ariestika, E., Yacs, B. T. P. W. B., & Pranata, D. (2020). Hubungan status gizi terhadap tingkat aktivitas fisik PMI selama masa karantina covid-19. Jurnal Menssana, 5(2), 146–156.
Nuraini, A. S., Annisa, H., Rahmayanti, I., Ayuni, L. Q., Makiyyah, N. Z. N., Aprilianti, S. N., & Mulyana, A. (2024). Integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) di jenjang sekolah dasar. Mutiara: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 2(3), 80–94.
Safitri, K. N., Irdhillah, S., Deskia, M., Naufaldy, M. F., Rahayu, R., Kusumawicitra, N., Triwanvi, S., & Mulyana, A. (2024). Pembelajaran Penjasorkes Di Sekolah Dasar: Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Tubuh. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 44–56.
Anton, D., Munandar, W., Ismail, A., & Others. (2023). Survei Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa SMP Negeri 1 Rindingallo Kelas VII Toraja Utara. Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa (Kapasa): Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 3(1), 22–27.
Ariestika, E., Nanda, F. A., & Others. (2021). Implementasi Standar Pedoman Nasional Terhadap Tujuan Pendidikan Jasmani. Sport Science, 21(1), 1–10.
Dewi, I., & Suryana, D. (2020). Analisis Evaluasi Kinerja Pendidik PAUD di PAUD Al Azhar Bukittinggi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1051–1059.
Fauzi, M. W., & Others. (2022). Pengaruh Daya Tahan (Vo2max) dan Motivasi Terhadap Performa Atlet Senam Lampung PON XX.
Iswanto, A., & Widayati, E. (2021). Pembelajaran Pendidikan Jasmani yang Efektif dan Berkualitas. Majora: Majalah Ilmiah Olahraga, 27(1), 13–17.
Junus, A., Hsu, Y. C., Wong, C., & Yip, P. S. F. (2023). Is Internet Gaming Disorder Associated with Suicidal Behaviors Among The Younger Generation? Multiple Logistic Regressions on A Large-Scale Purposive Sampling Survey. Journal of Psychiatric Research, 161, 2–9.
Kep, L. S., Kes, N. S. M., Nasution, S. Z., Msn, S. K. P., Siregar, C. T., Kep, M., Kmb, S. P., Sitepu, N. F., & Mns, S. K. N. S. (2022). Modul Penyakit dan Pencegahan Masalah Kesehatan Anak di Rumah. CV. Azka Pustaka.
Lengkana, A. S., & Muhtar, T. (2021). Pembelajaran Kebugaran Jasmani. CV. Salam Insan Mulia.
Mawarni, N. A., & Faruk, M. (2023a). Analisis Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar Negeri Sokogrenjeng I Kabupaten Tuban. Jurnal Prestasi Olahraga, 6(1), 131–136.
Mawarni, N. A., & Faruk, M. (2023b). Analisis Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar Negeri Sokogrenjeng I Kabupaten Tuban. Jurnal Prestasi Olahraga, 6(1), 131–136.
Mulyana, A., Lestari, D., Pratiwi, D., Rohmah, N. M., Tri, N., Agustina, N. N. A., & Hefty, S. (2024). Menumbuhkan Gaya Hidup Sehat Sejak Dini Melalui Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(2), 321–333.
Ramdhan, M., & Others. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.
Rohaenah, I. N., Sahudi, S., Supiana, A. S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Kebijakan Standar Kepemimpinan Kepala Sekolah Pengelola Pendidikan. Misykat Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadist Syari Ah dan Tarbiyah, 6(1), 137–156.
Sepriadi, S. S. (2023). Model Permainan Bagi Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar. PT. Rajagrafindo Persada-Rajawali Pers.
Supariyadi, T., Mahfud, I., & Aguss, R. M. (2022a). Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Terhadap Prestasi Belajar Penjas Tahun 2021. J. Arts Educ, 2(2), 60–71.
Susilo, A., & Sarkowi, S. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 Dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43–50.
Syawang, S. D. A., Azkia, F. I., Bahari, I., Syamsina, J. N., Luthfiadi, D. H., Ramadhani, A. N., & Mulyana, A. (2024). Pengaruh Kebugaran Jasmani dengan Produktivitas Individu di Era Industri 4.0. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial, 2(3), 221–233.
Wulandari, S. (2024). Survey Minat Siswa Dalam Mengikuti Senam Kebugaran Jasmani (SKJ) 2012 di SMA/SMK Se-Kecamatan Lhoknga. Universitas Bina Bangsa Getsempena.