PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ASSURE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PJOK SISWA

  • FATKHUL IMRON

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh gaya mengajar ASSURE terhadap  motivasi belajar siswa kelas IV SD  Muhammadiyah 11 Mangkuyudan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian ini diadakan pada bulan  November 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD  Muhammadiyah 11 Mangkuyudan. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah  siswa SD Muhammadiyah 11 yang berjumlah 60 siswa yaitu kelas IV a dan IV b , sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini secara operasional melibatkan dua variabel   yaitu variable bebas dan variable terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran ASSURE sedangkan variabel terikat adalah motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan  tes angket. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis (uji keseimbangan, uji normalitas, dan uji homogenitas), uji validitas (korelasi product moment), serta uji reliabilitas (alpha cronbach). Hasil penelitian menunjukkan: 1) ada   pengaruh model pembelajaran ASSURE terhadap motivasi  siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK .

Diterbitkan
2018-07-03
How to Cite
IMRON, F. (2018). PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ASSURE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PJOK SISWA. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 4(3). Diambil dari https://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/738