ANALISIS KETERAMPILAN BAHASA INDONESIA MELALUI AKTIVITAS PENDIDIKAN JASMANI

  • Nabira Julia Arpianti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rayhan Hanif Nugraha Unversitas Pendidikan Indonesia
  • Mardhika Catur Surya Unversitas Pendidikan Indonesia
  • Farrel Raditya Arifin Unversitas Pendidikan Indonesia
  • Kevin R.J Tambunan Unversitas Pendidikan Indonesia
  • Mochamad Whilky Rizkyanfi Unversitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh aktivitas pendidikan jasmani terhadap keterampilan bahasa Indonesia siswa, dengan fokus pada keterampilan berbicara dan mendengarkan. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data diperoleh melalui angket terbuka yang disebarkan kepada mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) di Universitas Pendidikan Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas jasmani dapat meningkatkan keterampilan berbicara dan mendengarkan siswa, memfasilitasi rasa percaya diri dalam komunikasi, dan memperluas wawasan mereka. Sebanyak 87,5% responden melaporkan peningkatan keterampilan berbicara, sementara 75% menyatakan bahwa aktivitas fisik membantu mereka menggunakan bahasa Indonesia dengan lebih lancar. Pembahasan penelitian menghubungkan temuan ini dengan teori pembelajaran kontekstual, yang menyatakan bahwa pembelajaran bahasa dapat terjadi lebih efektif dalam lingkungan yang interaktif dan kolaboratif. Penelitian ini menyarankan agar pendekatan serupa diterapkan di bidang lain serta mendorong penelitian lanjutan untuk mengeksplorasi dampak kegiatan pada keterampilan bahasa lainnya, seperti menulis dan membaca.

Kata kunci : Keterampilan bahasa Indonesia, Pendidikan Jasmani, Kualitatif, Berbicara, Mendengarkan

Published
2024-12-03
How to Cite
Julia Arpianti, N., Hanif Nugraha, R., Catur Surya, M., Raditya Arifin, F., R.J Tambunan, K., & Mochamad Whilky Rizkyanfi. (2024). ANALISIS KETERAMPILAN BAHASA INDONESIA MELALUI AKTIVITAS PENDIDIKAN JASMANI . Jurnal Ilmiah Spirit, 25(1), 20-26. https://doi.org/10.36728/jis.v25i1.4298