PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN PERCAYA DIRI MAHASISWA DALAM MENGIKUTI PERKULIAHAN ATLETIK
THE EFFECT OF JIGSAW TYPE COOPERATIVE LEARNING MODEL IN IMPROVING STUDENTS' SELF-CONFIDENCE IN ATTENDING ATHLETICS COURSES
Abstract
Penelitian ini merupakan eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan percaya diri mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan atletik. Desain penelitiann yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pre-test and post-test. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 43 orang mahasiswa dengan menggunakan Teknik purposive sampling. Adapun kriteria yang ditetapkan dalam penentuan sampel adalah nberbadan sehat, mengikuti mata kuliah atletik, dan bersedia mengikuti segala proses penelitian. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan angket percaya diri yang berjumlah 20 nomor soal yang telah diuji coba dengan tingkat reabilitas sebesar 0,923. Sedangkan Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji T dengan uji uji normalitas sebagai uji prasyarat. Berdasarkan hasil analisis statistic diketahui Rata-rata nilai pada saat pre-test adalah 82,86, sedangkan setelah perlakuan diberikan melalui pembelajaran Jigsaw, nilai rata-rata meningkat menjadi 88,67. Selisih rata-rata antara kedua pengukuran tersebut adalah sebesar 5,810, yang menunjukkan adanya peningkatan yang cukup berarti dalam tingkat percaya diri mahasiswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan percaya diri mahasiswa dalam proses perkuliahan atletik.