EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO FEEDBACK DALAM MENINGKATKAN TEKNIK SERVIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH PERMAINAN TENIS LAPANGAN

  • Muh. Ilham Aksir Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Ivan Miftahul Aziz Universitas Negeri Makassar

Abstract

Kemampuan teknik servis merupakan aspek penting dalam tenis lapangan, namun banyak mahasiswa masih mengalami kesulitan menguasainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan video feedback dalam meningkatkan teknik servis mahasiswa pada mata kuliah permainan tenis lapangan. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group, melibatkan 60 mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Instrumen pengukuran menggunakan Hewitt Tennis Achievement Test, dengan prosedur perlakuan selama 12 pertemuan. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada kelompok eksperimen dengan rata-rata skor posttest 36,97 dibandingkan pretest 25,07, sedangkan kelompok kontrol meningkat dari rata-rata 24,03 menjadi 26,77. Analisis statistik menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok (p < 0,001). Temuan ini membuktikan bahwa video feedback efektif dalam memperbaiki teknik servis melalui penguatan visual dan reflektif. Oleh karena itu, video feedback dapat menjadi strategi pembelajaran alternatif yang mendukung pengembangan keterampilan motorik dalam pembelajaran tenis lapangan.

Published
2025-06-04
How to Cite
Aksir, M. I., & Aziz, M. I. M. (2025). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO FEEDBACK DALAM MENINGKATKAN TEKNIK SERVIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH PERMAINAN TENIS LAPANGAN. Jurnal Ilmiah Spirit, 25(2), 217-223. https://doi.org/10.36728/jis.v25i2.5052