PENGARUH LATIHAN SMALL-SIDED GAMES TERHADAP PENINGKATAN TACTICAL AWARENESS ATLET MUDA BOLA BASKET

  • Muhammad Ivan Miftahul Aziz Universitas Negeri Makassar

Abstract

Kesadaran taktis (tactical awareness) merupakan aspek penting dalam performa permainan bola basket yang mencakup kemampuan membaca situasi, mengambil keputusan cepat, dan memahami strategi tim. Namun, banyak pelatih masih menggunakan metode latihan konvensional yang menekankan teknik dasar dan kurang mengasah kemampuan berpikir taktis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh latihan small-sided games (SSG) terhadap peningkatan tactical awareness atlet muda bola basket. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi-experimental) dengan desain one-group pretest–posttest. Subjek penelitian berjumlah 22 atlet berusia 14–17 tahun dari klub Old School Basketball Makassar. Instrumen yang digunakan adalah Game Performance Assessment Instrument (GPAI) untuk menilai indikator decision making, support, dan cover. Program latihan dilaksanakan selama 6 minggu, dengan frekuensi 3 kali per minggu, menggabungkan format permainan 3v3 dan 4v4 untuk menstimulasi pengambilan keputusan dalam situasi permainan nyata. Analisis data menggunakan uji t berpasangan (paired sample t-test) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada skor rata-rata tactical awareness setelah perlakuan (pretest = 61,3 ± 5,4; posttest = 78,6 ± 6,1; t-hitung = 8,42; p < 0,001). Peningkatan ini mencakup seluruh aspek GPAI, terutama pada kemampuan pengambilan keputusan dan dukungan terhadap rekan tim. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa latihan small-sided games efektif dalam meningkatkan tactical awareness atlet muda bola basket, sekaligus mendukung pembelajaran taktis yang lebih kontekstual dan dinamis.

Published
2025-11-08
How to Cite
Aziz, M. I. M. (2025). PENGARUH LATIHAN SMALL-SIDED GAMES TERHADAP PENINGKATAN TACTICAL AWARENESS ATLET MUDA BOLA BASKET. Jurnal Ilmiah Spirit, 26(1), 257-263. https://doi.org/10.36728/jis.v26i1.5795