PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN PJOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK SISWA SEKOLAH DASAR

  • Ztella Rumawatine Universitas Pattimura

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media digital dalam pembelajaran PJOK terhadap peningkatan keterampilan motorik siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain non-equivalent control group. Sampel terdiri atas 60 siswa kelas V yang dibagi ke dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan motorik TGMD-2. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kelompok yang memperoleh pembelajaran berbasis media digital dibandingkan kelompok konvensional. Analisis statistik menghasilkan nilai t = 5,216 (p < 0,001) dan F = 21,584 (p < 0,001), dengan effect size ?² = 0,275. Media digital terbukti mampu memperkuat pemahaman gerak dan meningkatkan keterlibatan belajar siswa. Implikasi temuan ini mendorong integrasi teknologi sebagai strategi pembelajaran PJOK yang adaptif dan inovatif.

Published
2025-06-30
How to Cite
Rumawatine, Z. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN PJOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK SISWA SEKOLAH DASAR . Jurnal Ilmiah Spirit, 25(2), 278-283. https://doi.org/10.36728/jis.v25i2.5213